Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Perut kembung pada bayi sering menjadi salah satu kekhawatiran para orang tua baru. Apakah ini hal yang umum? Bahayakah kondisi perut kembung pada bayi?

Simak informasi mengenai kondisi ini, mulai dari gejala atau ciri-ciri perut kembung pada bayi hingga cara paling efektif untuk mengatasinya.

Apa Saja Gejala Perut Kembung pada Bayi?

Setiap bayi mengeluarkan gas dari perutnya, hal ini adalah kondisi yang lumrah. Namun, ada beberapa tanda yang mengindikasikan bahwa gas di perut bayi tersebut lebih dari umumnya. Kondisi ini mengindikasikan bahwa bayi mengalami kembung. Berikut adalah beberapa gejala umumnya.

  • Bayi menangis dan rewel dalam waktu yang cukup lama. Ini bisa menjadi tanda bahwa si Kecil merasa perutnya tidak nyaman.
  • Apabila bayi terlihat tidak bahagia, kemungkinan si Kecil mengalami perut kembung yang membuatnya tidak nyaman.
  • Umumnya, bayi yang mengalami perut kembung sulit tidur dan tidak enak makan. Selain itu, kondisi ini juga diikuti tanda-tanda serupa lainnya.
  • Bayi yang sering menangis dan tampak seperti merasakan sakit bisa menunjukkan adanya masalah gas.
  • Jika bayi terlihat gelisah dan menarik kaki ke dada, terutama saat sedang rewel, ini mungkin juga pertanda perut kembung.

Apa Penyebab Perut Kembung pada Bayi?

Apabila si Kecil menunjukkan gejala-gejala di atas, tentu saja Mommy akan bertanya apa penyebabnya. Berikut ini adalah faktor yang menyebabkan perut kembung pada bayi.

1. Menelan Udara

Salah satu penyebab paling umum dari perut kembung pada bayi adalah proses menelan udara saat menyusu atau menangis. Kondisi ini lebih lazim pada bayi baru lahir.

2. Sistem Pencernaan yang Masih Berkembang

Bayi yang memiliki sistem pencernaan yang belum sepenuhnya berkembang seringkali membiarkan makanan melewati sistem pencernaan terlalu cepat. Akibatnya, makanan tidak terurai dengan sempurna.

3. Hipersensitivitas terhadap Makanan atau Susu Formula

Beberapa bayi mungkin memiliki hipersensitivitas terhadap jenis susu formula tertentu. Bahkan, beberapa jenis makanan tertentu yang dikonsumsi Mommy juga menyebabkan perut kembung pada bayi.

Penting sekali sebagai orang tua untuk memahami tanda dan perubahan pada si Kecil. Dengan begitu, segala perubahan yang mungkin menjadi indikasi kondisi kesehatan tertentu dapat segera teratasi.

Bagaimana Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi?

Kabar baiknya, kondisi perut kembung yang terjadi pada bayi dapat diatasi atau bahkan dicegah. Beberapa cara di bawah ini bisa Mommy terapkan.

1. Menyesuaikan Posisi Saat Menyusu

Saat memberikan ASI maupun susu formula, pastikan Mommy mengatur posisi yang tepat. Hal ini dapat mencegah bayi menelan udara berlebih. Apabila menggunakan botol susu, pastikan juga dot selalu penuh dengan susu untuk mengurangi asupan udara.

2. Membantu Bayi Sendawa

Setelah menyusu, angkat bayi dalam posisi tegak dan tepuk perlahan punggungnya. Ini membantu bayi melepaskan udara yang tertelan, mencegah perut kembung.

3. Pijatan Lembut pada Perut

Cara lain yang bisa Mommy terapkan adalah memberikan pijatan lembut pada perut dengan gerakan melingkar. Teknik ini merangsang sistem pencernaan bayi dan membantu melepaskan gas yang terjebak.

4. Gerakkan Kaki Si Kecil

Letakkan si Kecil pada posisi telentang dan ayunkan kakinya secara bergantian, seperti sedang mengayuh sepeda. Gerakan ini bisa merangsang keluarnya gas dan memberikan kenyamanan untuk si Kecil.

5. Perhatikan Nutrisi Ibu

Asupan makanan ibu berdampak langsung pada kualitas ASI. Bahkan, makanan tertentu dapat mengakibatkan gas berlebih pada si Kecil. Maka dari itu, perhatikan diet Mommy dan hindari makanan yang dapat mengganggu kesehatan si Kecil.

6. Memilih Susu Formula yang Tepat

Jika Mommy memberikan susu formula, pastikan memilih yang sesuai untuk sistem pencernaan si Kecil. Beberapa formula khusus dirancang untuk bayi yang mudah kembung.

7. Mandi Air Hangat

Air hangat dapat membantu meredakan pada otot perut bayi. Apabila si Kecil mengalami kembung, memandikannya dengan air hangat bisa menenangkan ketika bayi mengalami perut kembung atau kolik.

8. Menjaga Lingkungan yang Tenang

Kebisingan dapat membuat bayi cemas dan menangis. Di sisi lain, menangis dapat meningkatkan asupan udara. Maka dari itu, menciptakan lingkungan yang tenang akan membantu si Kecil merasa lebih nyaman.

9. Oleskan Krim yang Aman untuk Bayi

Mommy juga bisa memilihkan krim penghangat perut untuk si Kecil. Pilihkan krim penghangat yang aman dan terbuat dari bahan organik, salah satunya Mommy bisa menggunakan Buds Organics Calming Rub Cream.

Calming Rub Cream merupakan krim sejuta manfaat yang bisa membuat bayi merasa nyaman dan aman. Kandungan organiknya sudah tersertifikasi dari lembaga organik Ecocert Prancis, dan telah mendapatkan sertifikasi Halal dan BPOM.

Selain meredakan kembung, krim ini juga membantu meredakan kondisi kolik, membuat tidur si Kecil lebih nyenyak dan pelembap alami yang anti bakteri. Produk ini juga telah bebas dari pewangi buatan maupun bahan kimia berbahaya, sehingga Mommy tidak perlu khawatir lagi jika diaplikasikan ke kulit si Kecil.

Nah, Mommy sudah tau kan berbagai penyebab dan cara mengatasi perut kembung pada bayi. Berikan kenyamanan ekstra dan redakan perut kembung si Kecil dengan menerapkan tips-tips diatas, dan gunakan Calming Rub Cream dari Buds Organics untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo