Cuaca Panas? Ini Dia Tips Agar Terhindar dari Biang Keringat

Pada masa pertumbuhan, anak-anak sangat aktif dan sering kali berkeringat. Saat aktivitas anak padat, ditambah dengan cuaca panas dan terik membuat anak rentan berkeringat lebih banyak. Hal ini menyebabkan munculnya bintik-bintik merah di kulit yang sering disebut dengan biang keringat. Biang keringat mungkin sudah menjadi masalah umum yang terjadi pada anak-anak, namun hal ini bisa dicegah. Yuk kita simak penjelasan mengenai penyebab dan cara agar terhindar dari biang keringat.

Apa Itu Biang Keringat?

Biang keringat atau heat rash adalah salah satu masalah kulit yang umum terjadi pada anak- anak dan orang dewasa di kawasan negara beriklim tropis. Biang keringat muncul dikarenakan adanya penyumbatan kelenjar keringat pada kulit. Biang keringat umumnya akan timbul di area leher dan area lipatan kulit. Biang keringat akan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan yang terasa gatal dan perih pada saat tersentuh. Apabila tidak ditangani dengan baik, area kulit yang mengalami biang keringat dapat meluas.

Biang keringat sendiri terbagi menjadi tiga macam berdasarkan lapisan kulit yang mengalami penyumbatan kelenjar keringat, yaitu Miliaria Kristalina, Miliaria Rubra, dan Miliaria Profunda.

Miliaria Kristalina merupakan biang keringat yang terjadi pada lapisan kulit atas. Gejala yang muncul yaitu memiliki bintil kecil berair dan tampak mengkilap, sehingga permukaan kulit terlihat gelembung-gelembung. Pada Miliaria Rubra, biang keringat terjadi pada area kulit lapisan tengah. Gejala yang ditimbulkan adalah kulit yang berwarna kemerahan, terasa gatal, perih dan berair. Untuk biang keringat yang terjadi pada lapisan kulit yang lebih dalam atau Miliaria Profunda memiliki gejala seperti Miliaria Rubra, yaitu permukaan kulit yang terlihat bintil-bintil kemerahan.

Faktor Penyebab Biang Keringat

Biang keringat memang bisa terjadi kapanpun dan dimanapun, dan berikut adalah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab biang keringat:

  1. Iklim tropis yang panas dan lembap dapat menjadi penyebab utama biang keringat, karena tubuh menjadi lebih mudah berkeringat pada cuaca yang panas.
  2. Aktifitas fisik atau olahraga tertentu yang menyebabkan tubuh banyak mengeluarkan keringat juga dapat memicu biang keringat.
  3. Obesitas juga dapat menjadi faktor terjadinya biang keringat, hal ini disebabkan kelenjar keringat pada area lipatan kulit yang terperangkap terutama pada area leher, perut, dan selangkangan.
  4. Kelenjar keringat bayi yang belum berkembang dengan sempurna juga bisa menjadi penyebab biang keringat pada bayi, hal ini juga yang menjadi alasan mengapa bayi lebih mudah terkena biang keringat dibandingkan orang dewasa.
  5. Pakaian yang tidak nyaman juga dapat memicu biang keringat. Pakaian dengan bahan yang tebal dan kemampuan menyerap keringat yang rendah dapat menjadi pemicu terjadinya biang keringat.
  6. Kebersihan tubuh yang kurang terjaga bisa menjadi faktor penyebab biang keringat.

Cara Mencegah Biang Keringat

Pencegahan biang keringat dapat dilakukan dengan cara menghindari kegiatan atau faktor-faktor yang mungkin menyebabkan biang keringat seperti:

  1. Menjaga area kulit agar tetap sejuk dan terhindar dari paparan panas yang berlebihan, misalnya dengan menggunakan topi atau payung pada saat berpergian.
  2. Jangan biarkan keringat kering dengan sendirinya, usahakan menyeka keringat pada saat berkeringat.
  3. Keringkan keringat terlebih dahulu sebelum masuk langsung ke ruangan ber AC.
  4. Mandi dengan air dingin dapat mengurangi risiko terkena biang keringat, hal ini dikarenakan air dingin mampu menjaga suhu tubuh agar lebih sejuk serta membuka pori-pori yang tersumbat.
  5. Hindari pakaian yang sempit ataupun berwarna gelap. Hal ini dikarenakan pakaian tersebut dapat menyerap panas lebih banyak dan kulit tidak dapat bernapas dengan leluasa, sehingga kulit lebih mudah berkeringat.
  6. Gunakan pakaian yang berbahan lembut dan memiliki tingkat penyerapan yang tinggi, hal ini sangat berpengaruh dalam mencegah terjadinya biang keringat.

Pemilihan pakaian sangat perlu diperhatikan untuk menghindari biang keringat. Memilih pakaian dengan bahan yang tipis, lembut, dan mudah menyerap keringat sangatlah penting, hal ini dikarenakan pakaian yang dikenakan akan menunjang aktivitas harian bahkan pada saat sedang tidur. Pasalnya pada saat tidur pun, anak-anak seringkali berkeringat, sehingga diperlukan pakaian yang sesuai untuk menghindari biang keringat. Oleh sebab itu piyama kerap kali menjadi pilihan yang tepat sebagai pakaian untuk tidur dan melakukan aktivitas di rumah. Kikuko Pyjamas Long hadir sebagai solusi yang tepat pilihan Mommy dalam memilih pakaian tidur dan aktivitas dirumah untuk si Kecil.

Kikuko Pyjamas Long memiliki bahan yang sangat lembut dan sejuk, serta memiliki fitur antibakteri dan antibau karena mampu menghambat pertumbuhan bakteri/jamur pada pakaian. Kikuko Pyjamas Long, juga memiliki tingkat penyerapan kelembapan 50% lebih baik daripada cotton, sehingga kulit anak tetap kering dan tidak mudah merasa lengket saat berkeringat. Memiliki sertifikasi standard OEKO-TEX, dimana sertifikat ini membuktikan bahwa fasilitas produksi tekstil ramah lingkungan dan bertanggung jawab secara sosial.

Wah ternyata memilih pakaian sangat penting agar terhindar dari biang keringat ya, Moms! Walaupun cuaca panas, biang keringat tetap bisa dihindari dengan pemilihan pakaian yang tepat. Semoga tips-tips diatas bermanfaat ya, Moms!

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2024 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo