Eczema pada Bayi: Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Masalah kulit yang satu ini memang kerap kali dialami si Kecil. Kulit bayi yang sangat sensitif sangat mudah terkena ruam dan iritasi. Dermatitis atopik atau yang biasa kita kenal dengan eczema/eksim seringkali muncul di area pipi dan lengan si Kecil. Apabila si Kecil mengalami eczema, penanganan yang tepat sangat diperlukan agar kulit si Kecil tidak terjadi infeksi ya, Moms!

Apa Itu Eczema?

Eczema atau eksim adalah salah satu jenis dermatitis atau kelainan pada kulit yang tidak menular yang memiliki banyak kemungkinan penyebab. Hal ini biasanya ditandai dengan kondisi kulit yang mengalami peradangan, seperti ruam kemerahan, iritasi, kasar, dan mungkin bersisik. Saat terkena eczema, kulit si Kecil menjadi gatal dan menjadi lebih rewel. Apabila si Kecil menggaruk terlalu kencang, dapat menyebabkan kulit si Kecil menjadi terluka. Pada umumnya si Kecil rentan terkena eczema pada 3 – 6 bulan pertama masa kehidupannya.

Apakah Eczema Berbahaya?

Eczema sendiri memang umumnya bersifat jangka panjang namun tidak berbahaya. Gejala yang muncul juga biasanya ringan seperti gatal pada kulit dan ruam kemerahan. Pada saat si Kecil terkena eczema, yang perlu Mommy perhatikan adalah tangan si Kecil agar tidak terus menggaruk kulit. Apabila kulitnya terluka dan terinfeksi bakteri, kondisi ini dapat memburuk. 

Apa saja penyebabnya?

Penyebab terjadinya eczema sendiri memang masih belum dapat dipastikan, namun ada banyak faktor yang dapat memengaruhi si Kecil terkena eczema. Salah satu faktornya adalah gen dari orang tua, jadi apabila Mommy memiliki riwayat terkena eczema, maka peluang si Kecil terkena eczema menjadi meningkat. Fungsi sistem imun bayi, makanan, dan faktor eksternal lainnya juga dapat menjadi faktor penyebab eczema pada kulit si Kecil.

Banyak orang yang salah kaprah bahwa ASI juga menjadi faktor bayi terkena eczema, padahal ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi yang baru lahir. Namun, makanan yang Mommy konsumsi bisa saja memengaruhi kemunculan eczema pada kulit si Kecil. Jika Mommy sedang menyusui, sebaiknya Mommy menghindari untuk makan makanan seperti kacang, kerang, susu sapi, dan makanan yang mengandung zat aditif.

Lingkungan disekitar juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya eczema. Kulit si Kecil yang sangat sensitif dapat bereaksi pada debu, serbuk sari, bulu hewan, pakaian, dan bahan kimia untuk membersihkan rumah. 

Apakah Eczema Dapat Dicegah?

Saat ini memang belum ada cara pasti agar si Kecil terhindar eczema atau eksim. Namun Mommy dapat menjaga kulit si Kecil agar tetap lembab setiap saat. Oleskan krim atau lotion pada kulit si Kecil setidaknya dua kali sehari atau pada saat ingin mengganti popok. 

Pada saat mencoba produk pelembab baru, pastikan uji terlebih dahulu pada kulit si Kecil apakah dapat ditoleransi dengan baik. Apabila kulit si Kecil memberikan rekasi yang kurang baik, segera hentikan pemakaian dan gunakan produk yang lebih sesuai untuk kulit si Kecil yang sensitif.

Mommy juga dapat melakukan pencegahan dengan menghindari produk yang dapat menyebabkan iritasi. Misalnya seperti kain yang gatal dan sabun yang keras. Penggunaan produk bayi berbahan organik sangat dianjurkan untuk menjaga dan merawat kulit si Kecil yang sensitif.

Bagaimana Cara Mengatasi Eczema?

Dermatitis atopik atau eczema memang tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, namun eczema dapat dikontrol dengan perawatan yang sesuai dengan kulit si Kecil. Simak tips dibawah ini untuk mengatasi eczema pada kulit si Kecil;

  1. Gunakan pembersih badan khusus kulit sensitif pada saat memandikan si Kecil
  2. Pakaikan pelembap pada kulit si Kecil
  3. Oleskan obat eczema pada area kulit bayi yang mengalami ruam
  4. Hindari faktor-faktor yang dapat membuat eczema si Kecil kambuh

Tips Memilih Produk Perawatan Kulit Si Kecil

Pada saat memilih produk untuk merawat si Kecil, perhatikan bahan baku produk tersebut terlebih dahulu ya, Moms! Kulit bayi yang sensitif pastinya memerlukan produk perawatan khusus. Sabun mandi, lotion, dan perawatan lain yang digunakan tentunya harus ramah untuk kulit si kecil yang sensitif. Pemilihan produk perawatan berbahan organik sangat dianjurkan, karena produk perawatan berbahan organik bebas dari zat kimia berbahaya yang dapat memicu ruam pada kulit si Kecil. Buds Soothing Organics dapat menjadi opsi Mommy untuk merawat kulit sensitif si Kecil.

Buds Soothing Organics merupakan produk Buds Organics yang dirancang khusus untuk merawat kulit bayi yang sensitif. Selain itu, Buds Soothing Organics juga memiliki fungsi khusus untuk mencegah dan meredakan eczima pada bayi. Mulai dari sabun mandi khusus, moisturizing cream, dan lotion khusus untuk merawat kulit si Kecil. Buds Soothing Organics terbuat dari bahan organik, bebas pewangi buatan dan bahan kimia berbahaya, serta telah tersertifikasi Ecocert sehingga terjamin aman untuk kulit si Kecil.

Untuk menghilangkan ruam pada kulit si Kecil, Mommy bisa menggunakan Hydrating Cleanser pada saat mandi untuk menjaga dan menutrisi kulit sensitif si Kecil. Setelah mandi, gunakan Deep Moisturising Cream sebagai daily lotion untuk menjaga kelembapan kulit sensitif si Kecil. Lalu, oleskan Super Soothing Rescue Lotion dan Super Soothing Intensive Repair Cream pada bagian kulit yang mengalami ruam untuk meredakan ruam pada kulit. Gunakan Super Soothing Rescue Lotion apabila kulit si Kecil mengalami ruam ringan dan oleskan Super Soothing Intensive Repair Cream pada ruam berat untuk perawatan yang lebih intensif.

Nah, demikian berbagai hal yang perlu Moms ketahui tentang eczema pada si Kecil. Segera terapkan tips-tips diatas agar kulit sensitif si Kecil tetap sehat dan terbebas dari eczema ya Moms!

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTN 0853-1111-1010

Copyright ©2024 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo