Yogurt untuk Bayi: Ini Manfaat & Waktu Pemberian yang Tepat!

Bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan, memerlukan nutrisi tambahan selain ASI. Pada usia ini, makanan pendamping ASI (MPASI) mulai diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Yogurt sebagai salah satu produk olahan fermentasi susu yang mengandung probiotik dan kaya nutrisi dapat menjadi pilihan Mommy sebagai makanan pendamping ASI si kecil. Namun, kapan waktu yang tepat Mommy dapat memberikan yogurt untuk si Kecil? Yuk simak selengkapnya di artikel ini ya Moms!

Kapan si Kecil boleh makan yogurt?

Memilih Yogurt sebagai MPASI untuk si Kecil merupakan hal yang tepat, karena yogurt mengandung protein yang mudah dicerna oleh sistem pencernaan si Kecil. Inilah salah satu alasan mengapa memberikan yogurt pada bayi di bawah satu tahun dianjurkan, sementara susu sapi tidak dianjurkan. Faktanya, susu sapi lebih sulit untuk dicerna, dan mengandung mineral serta protein berlebih sehingga dapat menyebabkan si Kecil terkena anemia.

Sebelum memberikan yogurt untuk anak, pastikan apakah si kecil mengalami alergi terhadap susu atau tidak. Pasalnya, sekitar 20% alergi makanan pada anak disebabkan oleh produk olahan susu. Meskipun hal ini jarang terjadi pada bayi, tindakan antisipasi tetap Mommy perlukan.

Yogurt sebenarnya sudah dapat diberikan ketika si Kecil berusia 6 bulan. Meski begitu beberapa dokter menyarankan agar pemberian yogurt dilakukan pada saat si Kecil berusia 9 bulan.

Manfaat yogurt untuk si Kecil

Yogurt memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan pencernaan si Kecil karena mengandung probiotik, bahkan menurut The American Journal of Clinical Nutrition, yogurt mampu meredakan diare dan konstipasi. 

Selain baik untuk pencernaan, yogurt juga masih memiliki berbagai manfaat lain untuk si Kecil lho Moms, yuk simak dibawah ini:

  1. Kaya kalsium yang dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil
  2. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil, karena mengandung bakteri baik seperti Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus yang dapat melawan serangan bakteri jahat
  3. Kaya protein yang dapat membantu si Kecil mendapatkan energi untuk beraktivitas dan mencegah stunting
  4. Mengurangi risiko obesitas, karena si Kecil bisa kenyang lebih lama sehingga dapat menekan nafsu makannya
  5. Meningkatkan kolesterol HDL, yang baik untuk menjaga kesehatan jantung si Kecil

Setelah mengetahui berbagai manfaat yogurt untuk si Kecil, Mommy bisa mulai mencari dan memilih yogurt terbaik untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, berikut tips yang bisa Moms lakukan.

Tips memilih yogurt yang tepat untuk si Kecil

Walaupun yogurt baik untuk kesehatan si Kecil, Mommy tidak boleh sembarangan memberikannya yogurt lho. Yuk, simak berbagai hal yang harus Mommy perhatikan saat ingin memberikan yogurt untuk si Kecil:

  1. Pilihlah yogurt yang tidak menggunakan pewarna, perasa dan pemanis buatan. Hal ini perlu diperhatikan karena indera perasa bayi masih sangat sensitif sehingga lebih baik memberikan makanan dengan rasa yang ringan dan tidak mengganggu indera perasa si Kecil. Apabila ingin menambahkan rasa pada yogurt, Mommy dapat mencampur yogurt dengan buah segar yang sudah dihaluskan atau memberikan si Kecil yogurt yang memiliki rasa (flavoured yogurt) dengan tambahan buah yang terjamin alami.
  2. Pastikan yogurt yang diberikan terbuat dari susu segar yang mengandung probiotik dan sudah melalui proses pasteurisasi. Bakteri probiotik yogurt sangat baik untuk membantu pencernaan si Kecil.
  3. Pastikan si kecil tidak alergi terhadap susu sapi. Alerginya dapat ditandai dengan munculnya ruam pada area mulut, muntah, diare, dan wajah yang membengkak.

Yogurt memiliki tekstur yang kental sehingga kerap kali ketika si Kecil makan yogurt, Moms akan sedikit kesulitan karena si Kecil belepotan dan area makan menjadi kotor. Namun, Moms tidak perlu khawatir saat ini telah hadir Ivenet Finger Yogurt sebagai solusi tepat makan yogurt yang praktis, bersih dan pasti disukai anak-anak.

Ivenet Finger Yogurt merupakan snack sehat yang terbuat dari yogurt asli. Mengandung 2 miliar bakteri yang baik untuk sistem pencernaan si Kecil, snack ini kaya akan kalsium yang membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, snack ini juga memiliki vitamin yang membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Snack ini tidak menggunakan MSG, pemanis, perasa, pengawet buatan, dan bahan kimia berbahaya lainnya. Diproses dengan metode freeze drying (didinginkan dalam suhu -40˚C) sehingga memiliki rasa yang natural dan nutrisi yang terkandung tetap terjaga. Teksturnya yang lumer di mulut menambah kelezatan camilan ini. 

Tidak hanya kaya akan nutrisi dan rasanya yang nikmat, bentuknya yang bulat juga didesain khusus untuk melatih motorik si Kecil. Finger Yogurt cocok untuk anak berusia 7 bulan ke atas dan memiliki 4 varian rasa, yaitu blueberry, strawberry, banana, dan plain sehingga si Kecil bebas memilih rasa favoritnya. 

Yogurt dapat menjadi MPASI yang sangat baik dan kaya akan manfaat. Kandungan probiotik, protein, vitamin, dan mineralnya membantu untuk memenuhi kebutuhan harian si Kecil dan mendukung tumbuh kembangnya menjadi lebih optimal. Nah, Mommy sudah dapat memberikan yogurt pada si Kecil saat berusia 6 bulan ke atas. Namun, jika si kecil mengalami reaksi alergi, segera konsultasi ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTN 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo