Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kepala Berkerak Pada Bayi

Pernahkan Mommy merasakan tekstur sedikit kasar ketika menyentuh kepala bayi? Selain kasar, juga muncul kerak di kepala bayi. Banyak orang tua baru yang merasa khawatir ketika merasakan hal ini. 

Lalu, apa sebenarnya penyebab kulit kepala berkerak pada bayi? Bagaimana cara mengatasinya? Simak informasi lengkapnya disini.

Kerak pada Kulit Kepala Bayi

Kulit kepala berkerak merupakan hal yang umum ditemui pada bayi, terutama dalam beberapa bulan pertama kehidupannya. Kerak tersebut umumnya berwarna kuning atau putih. Nah, fenomena ini juga disebut dengan istilah cradle cap.

Kondisi ini secara medis terbilang cukup umum dan tidak berbahaya. Penyebab utamanya adalah produksi sebum berlebih di kepala bayi. Sebum ini lalu menggumpal dengan sel-sel kulit mati, sehingga muncul lapisan tersebut.

Seperti penjelasan sebelumnya, kondisi ini tidak membahayakan. Bahkan, bayi tidak merasakan gatal atau sakit. Namun, penting bagi orang tua untuk mengetahui cara yang benar untuk mengatasinya.

Penyebab Kulit Kepala Berkerak pada Bayi

Dokter dan pakar sepakat bahwa penyebab pasti dari cradle cap belum sepenuhnya dimengerti. Namun, beberapa faktor berikut disebut berkontribusi terhadap mengapa bayi memiliki kerak di kepala.

  • Produksi sebum berlebihan: Produksi sebum yang berlebihan dan menggumpal dengan sel kulit mati membuat kerak muncul.
  • Jamur malassezia: Jamur Malassezia adalah jenis jamur yang hidup di kulit manusia. Menurut beberapa ahli, ketika produksi sebum di kepala berlebih maka jamur akan lebih mudah berkembang biak di sana.
  • Faktor hormonal: Beberapa bayi memiliki sisa hormon dari ibunya yang dapat mempengaruhi produksi sebum di kulit kepala.
  • Kulit kering: Di sisi lain, kulit yang terlalu kering juga dapat memicu munculnya kulit kepala berkerak, yang umumnya terjadi ketika cuaca sedang dingin.
  • Iritasi: Penggunaan produk perawatan bayi yang tidak cocok bisa menyebabkan iritasi dan memicu cradle cap.

Namun, perlu Mommy ingat bahwa kebersihan yang buruk atau kurangnya perawatan bukan menjadi penyebab dari kulit kepala berkerak pada bayi. Sebagian besar bayi mengalami kondisi ini, dan dengan perawatan tepat cradle cap akan lebih mudah diatasi.

Kenali Gejala Kulit Kepala Berkerak pada Bayi

Beberapa orang tua menganggap kerak yang muncul pada kulit kepala si Kecil mengkhawatirkan. Namun, perlu Mommy ingat bahwa kondisi ini sama sekali tidak membuat si Kecil merasa tidak nyaman. Simak beberapa gejala berikut.

  • Munculnya plak atau endapan tebal berwarna kekuningan atau coklat, dan mungkin terlihat agak berminyak.
  • Kulit bayi juga tampak bersisik. Bahkan, pada beberapa kasus, kulit terlihat sangat kering.
  • Umumnya, area di bawah plak berwarna kemerahan.
  • Beberapa bayi mengalami iritasi ringan.
  • Pada beberapa kasus, cradle cap juga muncul di dahi, alis, atau belakang telinga.
  • Kerak terasa kasar ketika disentuh.

Cradle cap umumnya bersifat sementara. Namun, jika Mommy merasa khawatir, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Berkerak pada Bayi yang Aman dan Efektif

Menghadapi masalah kulit kepala berkerak pada bayi mungkin bisa membuat orangtua merasa cemas. Jika si Kecil mengalami cradle cap atau kulit kepala berkerak, beberapa langkah sederhana bisa membantu mengatasinya.

Pertama, hindari mengelupaskan kerak dengan paksa agar tidak menyebabkan iritasi. Pijatan lembut di kepala dan penggunaan minyak alami, seperti minyak zaitun atau kelapa, bisa melembutkan kerak tersebut. 

Sementara itu, sampo khusus untuk cradle cap dan produk perawatan lainnya yang bebas bahan kimia berbahaya bisa menjadi pilihan tepat. Rutinitas mencuci kepala dengan hati-hati dan penggunaan sikat bayi yang lembut dapat memaksimalkan perawatan di rumah. 

Namun, penting untuk memastikan bayi tidak menggaruk area tersebut. Jika kondisi tidak membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak untuk mendapatkan saran terbaik.

Perlu Mommy ketahui, mengatasi kerak kepala pada bayi saat ini cukup mudah, Mommy cukup menggunakan produk premium berkualitas dari Buds Organics Flaky Scalp Oil & Flaky Scalp Cleansing Lotion yang secara efektif membersihkan dan mengatasi cradle cap si Kecil.

Produk ini terbuat dari bahan organik bersertifikasi Ecocert yang dapat melindungi, melembapkan, dan menutrisi kulit kepala sensitif tanpa bahan kimia berbahaya. Begini cara menggunakannya:

  1. Pertama, oleskan Flaky Scalp Oil ke area kulit kepala yang berkerak dan biarkan selama 30-60 menit.
  2. Setelah itu, dengan lembut, pijat kulit kepala bayi menggunakan gerakan memutar. Pastikan Anda tidak mencoba mengelupas kerak kepala.
  3. Kemudian, gunakan Flaky Scalp Cleansing Lotion sebagai sampo. Kemudian, bilas dengan air hangat hingga bersih.

Nah, Mommy sudah tahu kan penyebab dan cara mengatasi kulit kepala bayi berkerak. Dengan perawatan yang tepat, masalah kulit kepala berkerak pada bayi dapat teratasi dengan mudah. Pilih produk yang aman dari Buds Organics serta gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimum.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo