Cara Mencegah dan Mengatasi Wajah Bruntusan pada Bayi

Kulit wajah si Kecil memerah dan terdapat bintiknya? Bisa jadi si Kecil mengalami bruntusan, sehingga Mommy harus mengatasinya dengan cara yang tepat.

Bruntusan tidak hanya bisa muncul pada wajah orang dewasa saja. Wajah bayi pun bisa mengalaminya. Melansir dari healthline, wajah bruntusan bisa muncul pada bayi berusia 2-4 minggu.

Walaupun wajah beruntusan pada bayi bukanlah penyakit serius, tapi Mommy sebagai orang tua wajib tahu tentang kondisi ini. Simak informasi selengkapnya berikut ini

Ciri-Ciri Wajah Bruntusan pada Bayi

Bagaimana cara Mommy bisa mengenali wajah bruntusan pada bayi? Berikut ini adalah ciri-ciri bruntusan di wajah bayi berikut:

  1. Terlihat bintik merah kecil di wajah,
  2. Beberapa terasa gatal, ada juga yang tidak,
  3. Munculnya di daerah sekitar hidung, jidat, pipi, dan dagu.

Tidak semua wajah bruntusan pada bayi berwarna merah, ada juga yang berwarna kuning. Untuk mengidentifikasi wajah si Kecil bruntusan adalah dengan cara mengusapnya. Wajah bruntusan akan terasa lebih kasar dari biasanya.

Penyebab Wajah Bruntusan pada Bayi

Lalu, apa yang menyebabkan wajah bruntusan ini? Ada 2 faktor penyebab bruntusan pada wajah bayi yaitu faktor hormon dan kotoran yang menumpuk pada wajah  bayi.

1. Faktor Hormon

Salah satu penyebab wajah bruntusan pada bayi adalah pengaruh hormononal. Hormon bayi memang belum stabil. Namun, bruntusan sepenuhnya bukan karena hormon bayi, melainkan hormon sang ibu.

Hormon ibu yang tidak stabil dari sebelum melahirkan bisa menyebabkan munculnya bruntusan pada wajah bayi. Tidak hanya wajah, bahkan bruntusan juga bisa muncul di area kulit lainnya.

2. Kotoran Menumpuk di Wajah Bayi

Wajah bruntusan pada bayi juga bisa disebabkan oleh menumpuknya kotoran di kulit. Pori-pori kulit wajah bayi memang belum sepenuhnya berkembang dengan baik dan berisiko kotoran lebih banyak masuk. Masuknya kotoran pada pori-pori keringat bayi ini bisa menyebabkan wajah bruntusan.

Cara Mencegah Wajah Bruntusan pada Bayi

Wajab bruntusan pada bayi dapat dicegah, selama bruntusan ini disebabkan faktor kotoran yang ada di wajah. Namun, jika bruntusan karena hormon cukup sulit untuk dilakukan pencegahan.

Cara mencegah wajah bruntusan pada bayi yang paling utama adalah dengan menjaga kebersihan wajahnya. Ada beberapa cara yang bisa Mommy lakukan untuk menjaga kebersihan wajah bayi, yaitu: 

1. Hindari untuk Menggosok Kulit Wajah Bayi

Gesekan berlebihan di kulit wajah bayi juga bisa menimbulkan resiko bruntusan pada bayi. Oleh karena itu, sebaiknya tidak perlu menggosok kulit wajah bayi. Cukup usap dengan lembut ketika sedang memandikan bayi.

2. Selalu Jaga Kelembaban Kulit Wajah Bayi

Agar kulit wajah bayi tidak bruntusan, Mommy juga harus menjaga kelembapannya. Mommya bisa menggunakan produk skincare ataupun menggunakan minyak kelapa untuk menjaga kelembapan kulit wajah si Kecil.

3. Gunakan Produk Bayi Berbahan Organik

Menggunakan produk bayi seperti sabun, shampo atau lotion memang sangat dianjurkan. Namun, pilihlah produk yang berbahan organik. Berdasarkan National Library of Medicine, produk bayi setidaknya 95% bahannya harus organik.

Cara Mengatasi Wajah Bruntusan pada Bayi

Jika di wajah si Kecil sudah muncul bruntusan, Mommy tidak perlu panik karena wajah bruntusan bisa diatasi dengan mudah dan cepat. Beberapa cara mengatasi bruntusan pada kulit wajah bayi yang bisa Mommy lakukan adalah:

1. Kompres dengan Menggunakan Air Dingin

Mommy bisa melakukan pengompresan pada wajah si Kecil jika bruntusan memerah dan menyebabkan gatal. Gunakan air dingin untuk mengompresnya.

2. Mandikan dengan Air Hangat

Selain kompres, Mommy juga bisa memandikan si Kecil dengan air hangat. Air hangat mampu menenangkan iritasi atau wajah bruntusan yang muncul pada bayi.

3. Gunakan Krim Khusus untuk Wajah Bayi

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi wajah bruntusan adalah dengan menggunakan krim khusus. Pastikan Mommy memilih krim yang terbuat dari bahan organik dan aman untuk si Kecil. Untuk mengatasi bruntusan di wajah bayi, Mommy bisa mencoba Buds Organics Chubby Chubbs Face Cream.

Krim ini terbuat dari bahan organik yang sudah bersertifikat Ecocert. Selain mengatasi bruntusan, krim khusus untuk bayi ini juga efektif untuk menjaga kelembapan kulit. Selaian itu, krim ini bebas pengawet dan pewangi buatan serta bebas dari bahan kimia berbahaya sehingga aman digunakan untuk si Kecil.

Sekarang Mommy tidak perlu khawatir jika si Kecil mengalami bruntusan. Terapkan cara mengatasi bruntusan pada kulit wajah bayi diatas dengan rutin. Jangan lupa untuk selalu merawat dan menutrisi wajah si Kecil dengan Buds Organics Chubby Chubbs Face Cream, ya.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo