Tips Memilih Skincare untuk Bayi yang Moms Wajib Tahu

Kulit bayi sangat rentan mengalami masalah karena masih tipis dan sensitif. Beruntungnya, kebanyakan masalah kulit bayi tidak berbahaya dan dapat hilang seiring waktu. Jika si Kecil sudah pulang dari rumah sakit ataupun klinik bersalin, sekarang waktunya Mums mengenali apa saja masalah kulit yang bisa dialaminya dan cara yang tepat merawat kulit bayi!

Masalah Kulit pada Bayi

Di antara banyak kejutan dari kehadiran si Kecil di tengah-tengah Mums dan Dads, kondisi kulitnya yang ternyata tidak sehalus yang dibayangkan bisa menjadi salah satunya. Faktanya, ada banyak masalah kulit yang akan menghampiri si Kecil di tahun pertama kehidupannya. Berikut penjabarannya!

1. Jerawat Bayi

Sekitar 40% bayi akan mengalami jerawat bayi. Umumnya, ini akan muncul ketika si Kecil berusia 2-3 minggu dan akan bertahan hingga usianya mencapai 4-6 bulan. Jerawat-jerawat kecil ini biasanya disebabkan oleh hormon ibu, yang masih wara-wiri di dalam aliran darah si Kecil.

Kabar baiknya, meski terlihat mengkhawatirkan, kehadiran jerawat bayi tidak akan mengganggu si Kecil dan tidak akan meninggalkan luka permanen selama Mums tidak memencet atau menggosoknya terlalu keras saat mandi. Cara yang tepat merawat kulit bayi yang berjerawat adalah area kulit tersebut cukup dibersihkan menggunakan air dan sabun sekitar 2-3 kali sehari. Lalu, keringkan menggunakan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepuk pelan.

2. Cradle Cap (Kerak Kepala)

Apakah Mums menemukan kerak berwarna kekuningan, benjolan merah, dan ketombe di kepala si Kecil? Nah, itulah yang disebut dengan kondisi cradle cap! Masalah ini cukup sering dialami oleh bayi di 3 bulan pertama kelahirannya, dan tidak hilang sampai usianya 1 tahun.

Cradle cap tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, tetapi Mums bisa mengurangi kerak yang menempel di kepala si Kecil dengan cara mengeramasi rambutnya dengan lembut serta memijat kepalanya dengan lembut.

3. Kulit Kering

Tidak hanya orang dewasa, bayi juga bisa mengalami kulit kering. Bahkan, faktanya si Kecil jauh lebih rentan mengalaminya karena kulitnya masih sangat sensitif. Cara terbaik Mums merawat kulit bayi yang kering adalah dengan menghidrasi kulitnya! Susui si Kecil dengan rutin. Selain itu, Mums bisa mengaplikasikan lotion setelah mandi untuk melembapkan kulit si Kecil.

4. Biang Keringat

Duh, ruam yang satu ini memang mengganggu sekali ya, Mums! Ruam yang dikenal masyarakat Indonesia sebagai biang keringat ini bisa muncul di wajah, leher, dan ketiak, akibat keringat. Biang keringat biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu seminggu. Namun, ini akan membuat si Kecil terasa gatal dan tidak nyaman.

Cara paling tepat untuk merawat kulit bayi yang mengalami biang keringat adalah mandikan si Kecil dengan air dingin. Pilih pula peralatan mandi organik yang tidak menggunakan zat-zat tertentu, supaya biang keringat tidak semakin bertambah parah.

5. Ruam Popok

Apakah bagian kulit si Kecil yang tertutup popok, terutama bokong, mengalami ruam? Iritasi kulit tipe ini terjadi karena 2 hal, terlalu lembap, terlalu sedikit terpapar udara, dan terlalu iritan.

Hal terbaik untuk merawat kulit bayi yang mengalami ruam popok yaitu dengan sesering mungkin mengganti popok si Kecil. Alih-alih langsung memakaikannya popok yang baru, tunggu selama 10 menit kulit terpapar udara terlebih dahulu. Jika dalam waktu 2 atau 3 hari tidak membaik, maka hubuungi dokter anak.

6. Eksim

Masalah kulit pada bayi yang terakhir dan kerap terjadi adalah eksim alias dermatitis atopik. Ruam gatal dapat dimulai dari kepala dan menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. Lalu, akan muncul jerawat kecil berisi air yang dapat pecah. Ini akan membuat si Kecil merasa tidak nyaman. Untuk meredakan eksim, aplikasikan pelembap yang mengandung hypoallergenic ke kulit si Kecil. Hubungilah dokter jika kondisi kulit si Kecil tidak kunjung membaik.

Cara Merawat Kulit Bayi dengan Tepat

Beberapa masalah kulit di atas mungkin memang tidak terhindarkan. Namun, tidak ada salahnya kita sebagai orang tua memberikan yang terbaik untuk perawatan kulit si Kecil yang masih amat sensitif!

buds-organics-super-soothing-hydrating-cleanser

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membeli peralatan mandi yang memang diakomodasikan khusus untuk kulit bayi, seperti sabun dan lotion. Buds Super Soothing Hydrating Cleanser merupakan sabun sekaligus sampo yang bisa Mums pilih untuk membersihkan kulit si Kecil serta menjaganya agar tidak mudah teriritasi bakteri.

Buds Super Soothing Hydrating Cleanser sudah mendapatkan sertifikat penilaian organik Ecocert dari Prancis, sehingga mampu membantu meningkatkan daya tahan kulit bayi untuk melawan kuman dan bakteri penyebab penyakit kulit. Sementara kandungan Aloe Vera dan vitamin E di dalamnya berfungsi untuk merawat kulit bayi sehingga selalu lembap dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Buds Super Soothing Hydrating Cleanser dapat membantu meredakan iritasi pada kulit si Kecil. Oh ya, produk berbahan organik ini juga bebas pewangi buatan dan bahan kimia berbahaya!

buds-oragnics-super-soothing-rescue-lotion

Setelah dimandikan, Mums juga perlu mengaplikasikan lotion ke kulit si Kecil agar kelembapan kulitnya selalu terjaga. Buds Super Soothing Rescue Lotion merupakan lotion yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif si Kecil.

Lotion ini mengandung gluco-oligosakarida, sehingga mampu meningkatkan daya tahan kulit dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab ruam maupun alergi. Oleh karena itu, Buds Super Soothing Rescue Lotion bisa tetap digunakan ketika si Kecil mengalami masalah kulit, seperti kulit kering, ruam, biang keringat, ataupun eksim.

Selain mengandung Shico Extract yang mampu mencegah peradangan pada kulit, lotion yang telah lolos pengujian Ecocert ini juga mengandung Olive Leaf Extract, yang dapat merawat kulit bayi sehingga terhindar dari paparan radikal bebas. Buds Super Soothing Rescue Lotion juga bebas dari pewangi buatan dan bahan kimia berbahaya untuk kulit bayi. (AS)

Sumber : Guesehat

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTN 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo