Tips Menjaga Susu Bubuk Anak Tetap Bersih dan Higienis

Setelah masa mengonsumsi ASI selesai, pemenuhan nutrisi anak diberikan melalui makanan dan minuman yang si Kecil konsumsi. Susu bubuk (formula) merupakan salah satu hal yang dapat memenuhi nutrisinya. Oleh karena itu, sebagai orang tua Moms harus mengetahui bagaimana cara menyimpan susu formula si Kecil agar kualitas dan kehigienisannya tetap terjaga.

Jika cara penyimpanan susu bubuk yang Moms lakukan kurang tepat, maka berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin terjadi:

  • Susu formula biasanya berbentuk sangat halus. Namun jika penyimpanannya dilakukan secara sembrono, maka susu akan mudah menggumpal. Meskipun masih bisa dikonsumsi, kualitas susu bubuknya akan menurun.
  • Hal lain yang mungkin terjadi jika Moms kurang tepat menyimpan susu bubuk si Kecil adalah warnanya yang berubah. Pada umumnya, susu bubuk berwarna putih tulang. Namun, ketika susu tidak tersimpan dengan benar, warnanya pun akan berubah kekuningan. Sebaiknya susu bubuk yang sudah berubah warna tidak boleh lagi diberikan kepada si Kecil.
  • Selain warnanya yang berubah, susu bubuk yang rusak biasanya juga sudah beraroma tengik bahkan kadang amis. Apabila tanda ini sudah muncul, susu sudah tidak baik untuk dikonsumsi lagi.

Setelah mengetahui beberapa ciri susu bubuk tidak layak konsumsi di atas, sebaiknya Moms mulai mempertimbangkan untuk mencari wadah yang tepat agar kualitas susu bubuk si Kecil tidak terganggu.

Tips Menyimpan Susu Bubuk Anak agar Kualitasnya Terjaga

Lalu, susu bubuk sebaiknya disimpan di mana? Berikut ini adalah tips yang bisa Mommy coba untuk menyimpan susu bubuk agar awet.

1. Gunakan Wadah Kedap Udara

Biasanya, wadah asli susu bubuk berupa kardus atau plastik. Nah, kemasan tersebut kurang aman untuk menyimpan susu formula, apalagi dalam waktu yang lama. 

Oleh karena itu, sebaiknya Moms memilih wadah yang kedap udara. Selain mengakses susu bubuk jadi lebih mudah, memindahkan susu ke wadah kedap udara efektif menjaga kualitas susu tetap baik meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

2. Hindari Wadah Tembus Pandang

Selain susu formula lupa ditutup, menggunakan wadah yang tembus pandang juga agak membahayakan. 

Meskipun tutupnya rapat, wadah yang transparan membuat cahaya menembus wadah susu bubuk. Di sisi lain, jenis susu tersebut cukup rentan rusak apabila terpapar cahaya.

3. Jangan Simpan di Kulkas

Memasukkan ke kulkas atau lemari pendingin seringkali menjadi opsi banyak orang dalam menyimpan susu bubuk. Padahal hal tersebut bukanlah ide yang baik loh Moms. 

Berada di lemari es membuat susu bubuk menjadi lembab, yang bisa membuat bubuknya menggumpal. Lalu, Mommy juga harus menunggu suhu bubuk susu tersebut ada di suhu ruangan sebelum membuatkannya untuk si kecil.

4. Segera Habiskan Susu Setelah Membuka Kemasan

Lalu berapa lama susu bubuk bertahan setelah kemasan dibuka? Umumnya susu formula harus habis dalam waktu dua minggu setelah membuka kemasan. 

Namun waktunya bisa lebih lama apabila Moms menyimpannya di tempat yang tepat. Namun lebih dari apapun, pastikan Mommy selalu memperhatikan best before date sebelum membeli susu formula ya.

5. Hindari Paparan Matahari Langsung dan Jaga Suhu Tetap Sejuk

Salah satu hal yang perlu Mommy perhatikan ketika menyimpan susu bubuk adalah suhunya. Tempat menyimpan susu bubuk harus berada di suhu ruangan atau tempat yang sejuk. 

Bahkan sebaiknya susu bubuk tidak terpapar sinar matahari, baik langsung maupun tidak langsung. Selain itu, pastikan Mommy selalu menutup wadahnya dengan rapat dan kedap udara agar kuman dan bakteri tidak bisa masuk.

Memilih wadah yang tepat adalah langkah penting untuk menjaga kualitas susu formula tetap bagus, apalagi ketika bepergian. Tempat susu bubuk anak biasanya dalam bentuk kaleng dan plastik yang merepotkan jika dibawa traveling. Nah pas banget nih, Moms bisa simpan susu bubuk si Kecil ke dalam Powdered Milk Storage Bags dari Mother-K.

Kantong susu bubuk ini sangat praktis untuk digunakan dan terbuat dari bahan yang aman. Bentuknya yang ergonomis dan kedap udara sehingga menambah keamanan susu bubuk si Kecil dari kontaminasi bakteri dan menjaganya dari kerusakan.

Kantong ini berbentuk corong sehingga memudahkan proses menuang susu bubuk ke botol. Selain itu, materialnya anti-statis sehingga kantong ini membuat susu bubuk tidak menempel pada plastik kantong.

Sebagai pengingat, kantong susu dari Mother-K ini memiliki label tanggal loh, jadi Mommy bisa ingat deh kapan Moms menyimpan susu bubuknya. Lebih dari apapun, menggunakan wadah ini menghindarkan Moms dari berbagai kerepotan sekaligus menjaga kualitas susu si Kecil tetap terjaga.

Demikian tips menjaga susu bubuk anak agar tetap awet, anti-lembab, dan tidak menggumpal. Terapkan tipsnya untuk menjaga kualitas susu bubuk si Kecil tetap bagus.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo