Stretch Mark Merah dan Putih: Penyebab Serta Cara Mengatasi

Stretch mark atau gurat peregangan muncul ketika kulit meregang lebih dari kapasitas elastisitasnya. Ketika awal muncul, garis ini umumnya berwarna merah. Seiring berjalannya waktu, warna tersebut berubah menjadi putih. Lalu, bagaimana cara menghilangkan garis ini? Simak ulasan berikut ini.

Perbedaan Stretch Mark Merah dan Putih

Stretch mark muncul berupa garis halus di permukaan kulit. Namun, tahukah Mommy bahwa garis halus ini memiliki fase dan jenis yang berbeda berdasarkan waktu munculnya? 

Dua jenis yang paling umum adalah yang berwarna merah dan putih. Apa saja perbedaannya?

Stretch Mark Merah

Garis halus berwarna merah ini disebut juga sebagai striae rubra. Ini merupakan tanda stretch mark yang baru terbentuk. Warnanya merah karena terjadi peradangan dan kerusakan pada lapisan kulit terdalam. 

Hasilnya, pembuluh darah yang ada di bawah kulit menjadi lebih terlihat. Umumnya, mengatasi stretch mark merah jauh lebih mudah karena baru terbentuk

Stretch Mark Putih

Setelah beberapa waktu, garis halus pun akan berubah menjadi stretch mark putih atau striae albe. Ini terjadi ketika pembuluh darah yang tadinya memerah mulai menyusut dan produksi kolagen mengisi area yang rusak. 

Namun, kulit yang sudah sembuh itu tidak kembali seperti semula. Ibarat luka permanen pada kulit, stretch mark putih lebih susah diobati.

Penyebab Stretch Mark?

Tentu saja, gurat peregangan tidak muncul secara tiba-tiba. Berikut ini beberapa kondisi yang menyebabkan stretch mark.

  • Pubertas membuat remaja tumbuh dengan pesat. Hal ini bisa membuat kulit meregang dan menghasilkan guratan, terutama di area paha, bokong, dan dada.
  • Perut yang membesar seiring pertumbuhan bayi seringkali menjadi penyebab utama munculnya gurat peregangan.
  • Penambahan berat badan dalam waktu singkat dapat menyebabkan kulit meregang, terutama di area perut, paha, dan lengan.
  • Pembentukan otot.
  • Penggunaan steroid
  • Beberapa kondisi medis, seperti sindrom Marfan atau sindrom Cushing, dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami kondisi ini.
  • Jika salah satu anggota keluarga memiliki stretch mark, maka anggota keluarga lain juga berisiko tinggi.

Dalam banyak kasus, guratan-guratan ini muncul karena kombinasi faktor-faktor di atas. Meskipun mungkin sulit untuk sepenuhnya mencegah munculnya gurat peregangan, memahami penyebabnya dapat membantu mengambil langkah pencegahan.

Gejala Stretch Mark

Umumnya, terdapat beberapa gejala yang menandakan munculnya kondisi ini, di antaranya adalah:

  • Munculnya garis atau pita pada kulit.
  • Terdapat perubahan warna, seperti merah muda, ungu, atau coklat.
  • Kulit terasa lebih tipis dan halus daripada kulit di sekitarnya.
  • Rasa gatal dan kulit terasa kering.
  • Terasa nyeri atau sensasi panas ketika guratan muncul.

Gejala-gejala di atas biasanya lebih terlihat saat awal kemunculan guratan. Seiring waktu, tanda-tanda ini dapat berkurang, namun garis-garis tetap bisa terlihat jelas.

Bagaimana Cara Menghilangkan Stretch Mark Merah dan Putih?

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi garis halus yang muncul di permukaan atau stretch mark. Mulai dari melakukan eksfoliasi dan menerapkan krim atau lotion hingga melakukan operasi dapat membantu memudarkan kondisi ini.

Melakukan operasi untuk menghilangkan guratan ini terbilang sebagai solusi instan. Namun, perihal biaya dan risiko lainnya mungkin menjadi pertimbangan. Oleh karena itu, menggunakan topical treatment seringkali menjadi pilihan banyak orang. 

Salah satu solusi topical treatment yang bisa Mommy adalah menggunakan Buds Organics Beautiful Blooming Belly Stretch Mark Cream. Produk ini merupakan krim khusus yang mencegah dan menyamarkan stretch mark

Lalu, apabila ibu hamil merasakan gatal dan tidak nyaman, Buds Organics Anti-Itch Soothing Vit-C Belly Cream adalah jawabannya. Selain meredakan gatal, krim ini juga dapat merawat dan menutrisi kulit sehingga kulit tetap sehat dan lembap.

Kenapa harus memilih Buds Organics?

  • Terbuat dari bahan organik yang tersertifikasi Ecocert.
  • Bebas pengawet dan pewangi buatan
  • Melembapkan dan mengencangkan kulit perut

Cara penggunaannya pun mudah. Campurkan kedua krim dengan perbandingan 50:50, kemudian oleskan pada area yang muncul guratan.

Nah, Mommy sudah tau kan jenis-jenis stretch mark, penyebab serta cara mengatasinya. Gunakan krim dari Buds Organics ini dengan rutin dan rasakan manfaatnya. Dengan perawatan yang tepat dan konsisten, mengatasi kondisi ini bukan lagi masalah.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2024 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo