Stagen atau Korset Ibu Hamil dan 5 Manfaatnya

Dibalik hal yang membahagiakan, kehamilan juga terkadang mengganggu aktivitas harian seperti timbul nyeri punggung. Hal ini bisa diatasi dengan stagen, korset atau gurita ibu hamil atau yang biasa dikenal dengan sabuk hamil.

Stagen ibu hamil 

Stagen ibu hamil adalah perlengkapan melahirkan yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul selama periode kehamilan. Selain mengurangi rasa nyeri, sabuk yang dirancang sebagai penyangga perut ibu hamil dan menopang punggung bawah ini juga memudahkan ibu hamil untuk tetap  aktif bergerak. 

Manfaat stagen ibu hamil 

Sebenarnya sabuk ibu hamil atau maternity belt bukanlah alat yang baru. Perlengkapan ini sudah digunakan sejak dulu dengan bentuk yang sederhana. Namun seiring berkembangnya zaman, bentuknya mulai berubah menjadi elastis dan nyaman. Lalu apa saja manfaat dari sabuk ini?

1. Mengurangi rasa nyeri  

Manfaat utama dari maternity belt adalah mengurangi rasa nyeri pada punggung bawah dan panggul yang menyebabkan ibu hamil sulit beraktivitas. Menurut sebuah studi yang dilakukan di Spanyol pada wanita hamil, responden yang  mengeluhkan nyeri panggul mencapai 65 persen dan responden yang mengeluhkan nyeri punggung bawah mencapai 75 persen. Artinya, kasus nyeri ini umum dialami  oleh wanita yang mengandung. Nyeri yang dirasakan oleh wanita yang sedang hamil disebabkan oleh tubuh yang melepaskan hormon relaksin sehingga mengakibatkan sendi menjadi longgar dan  tidak stabil. Hal ini menyebabkan rasa sakit yang tajam di bagian punggung bawah dan dekat tulang ekor. Dengan mengenakan sabuk hamil, rasa sakit ini dapat  diredam. Selain itu, rasa nyeri juga disebabkan oleh bertambahnya berat janin yang menambah beban tersendiri bagi punggung dan perut. Mengenakan korset maternity selama kehamilan dapat membantu mengurangi rasa nyeri dengan mendistribusikan beban secara seimbang pada pada area punggung dan perut. 

2. Mempermudah aktivitas harian 

Kehamilan bukan menjadi alasan bagi ibu hamil untuk berhenti berolahraga. Faktanya berolahraga saat hamil memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Mengenakan ikat pinggang ibu hamil membantu mengurangi risiko cedera saat berolahraga dan beraktivitas. Sabuk bekerja dengan cara memberikan sedikit tekanan pada perut. 

3. Menjaga postur tubuh 

Saat usia kehamilan semakin meningkat, postur dan cara berjalan ibu hamil mengalami perubahan akibat berat janin yang bertambah. Stagen ibu hamil membantu menjaga postur tetap normal pada saat berdiri, berjalan, maupun duduk. 

4. Pendukung pakaian 

Ketika memasuki trimester kedua dan ketiga ibu hamil akan menyadari bahwa  pakaian atas dan celana tidak lagi dapat menutup area perut dengan sempurna. Di sini, korset maternity dapat berperan menutupi area perut. Sehingga Anda tak perlu malu atau khawatir bagian perut atau punggung bawah terlihat saat Anda membungkuk. 

5. Membantu proses penyembuhan pascamelahirkan 

Selain bisa digunakan pada masa hamil, ikat pinggang ibu hamil bisa digunakan setelah melahirkan. Pada saat mengandung, ligamen dan otot di sekitar perut mengalami peregangan. Tak heran area ini terasa lemah setelah melahirkan. Kondisi ini membutuhkan waktu agar bisa pulih kembali. Ikat pinggang ibu hamil membantu menjaga area perut lebih kuat. Mengenakan penyangga perut hamil juga membantu Anda lebih nyaman saat melakukan tugas merawat anak pascamelahirkan. Namun jangan terlalu kuat mengeratkan pada perut, karena akan menghambat aliran darah dan memperlambat proses penyembuhan bagi yang melahirkan secara sesar.

Hal yang perlu diperhatikan 

Meski sabuk ibu hamil sangat bermanfaat, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, seperti: 

  • Berkonsultasi dengan dokter kandungan. Tiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda. Berdasarkan kondisi dan masalah kehamilan yang Anda alami, dokter kandungan dapat menentukan apakah menggunakan alat ini bermanfaat bagi Anda atau tidak. 
  • Memilih ukuran yang tepat. Anda bisa menemukan maternity belt dalam berbagai ukuran. Meski hampir semua sabuk ini memiliki sifat elastis, pastikan ukurannya tidak terlalu kecil.  
    Ukuran ikat pinggang untuk ibu hamil yang terlalu kecil dapat menekan perut  yang dapat menyebabkan heartburn saat hamil hingga mengganggu peredaran darah. 
  • Ikuti instruksi penggunaan. Beberapa sabuk hamil memiliki cara penggunaan yang berbeda. Pastikan Anda menggunakannya sesuai anjuran. Hindari pemasangan yang berbeda dari cara yang dianjurkan. 

Rekomendasi penyangga perut ibu hamil 

Jika Anda sedang mencari stagen ibu hamil, Belly Bandit Upsie Belly bisa menjadi  pilihan yang tepat. Sabuk satu ini dirancang untuk meredakan nyeri punggung serta pinggang dan juga menstabilkan postur selama Anda mengandung. Belly Bandit Upsie Belly terbuat dari bahan SecureStretch™ yang dapat berubah mengikuti perkembangan bentuk tubuh Anda selama masa kehamilan. Anda dapat  menyesuaikan ukurannya hingga 30,48 cm. 

Belly Bandit Upsie Belly

Sabuk ini juga dilengkapi dengan kantong kompres panas/dingin yang menambah  kenyamanan saat Anda memakainya baik saat hamil atau setelah melahirkan. Penggunaan sabuk dari Belly Bandit juga akan mengurangi risiko terjadinya varises, hernia, dan wasir. Belly bandit merupakan brand perlengkapan kehamilan yang berasal dari Amerika Serikat yang telah memiliki sertifikat dari Food and Drug Administration (FDA). Semua produk Belly Bandit dibuat menggunakan bahan ekslusif yang telah  dikembangkan selama 10 tahun untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi ibu hamil. Jadi Anda tak perlu khawatir saat menggunakan Belly Bandit Upsie Belly

Share this article
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo