Jangan Salah Pilih Diaper! Awas Muncul Ruam Popok

Ruam popok merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh si Kecil. Salah memilih diaper (popok) bisa menjadi salah satu penyebab si Kecil terkena ruam popok. Kulit yang memerah akibat iritasi membuat si Kecil semakin rewel. Apabila tidak segera diatasi, hal ini bisa memburuk. Agar terhindar dari ruam popok, yuk simak tips berikut!

Diaper Bikin Ruam Popok, Kok Bisa?

Memilih popok yang tepat sangat penting agar si Kecil terhindar dari ruam popok. Kulit bayi masih sangat sensitif sehingga segala aspek perlu diperhatikan, sama halnya pada saat Mommy memilih popok untuk si Kecil popok dengan ukuran yang terlalu ketat dapat menyebabkan iritasi pada area kulit pantat si Kecil. Gesekan yang timbul antara popok dengan kulit si Kecil dapat memunculkan ruam kemerahan.

Popok yang yang tidak dapat menyerap urine dengan baik juga dapat menyebabkan ruam. Kulit yang terlalu lama terpapar urine dapat mengalami iritasi. Begitu pula dengan popok yang kotor dan jarang diganti, hal ini jelas dapat menyebabkan ruam popok.

Popok yang tidak memili sirkulasi udara yang baik juga dapat menyebabkan si kecil terkena ruam popok, hal ini dikarenakan area kulit popok yang terus terbekap tanpa adanya aliran udara. Kulit bayi yang tidak terkena udara akan menjadi lebih lembap dan mudah tumbuh jamur.

Gejala Ruam Popok pada si Kecil

Gejala ruam popok pada si kecil cukup mudah dikenali. Ciri-cirinya, kulit di area popok seperti pantat, paha, dan alat kelamin mengalami iritasi dan muncul bintik-bintik merah. Gejala lainnya adalah si kecil yang merasa tidak nyaman dan lebih sering menangis, jika bagian yang tertutup popok dibersihkan. Dalam kasus terburuk, kulit si Kecil bisa mengelupas dan apabila disentuh lipatan kulit terasa kasar.

Tips Memilih Diaper Agar Terhindar Dari Ruam Popok

Memilih popok sekali pakai atau popok kain memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Walaupun belum ada penelitian yang menunjukan jenis popok mana yang paling tepat, namun popok sekali pakai dianggap lebih mampu menjaga kulit si Kecil dari ruam popok. Popok sekali pakai dapat menjaga kulit si Kecil dengan baik karena mampu menyerap urin dengan baik dan menjaga kulit si Kecil tetap kering. Akan tetapi sebagian orang tua juga percaya bahwa popok kain lebih aman dibandingkan popok sekali pakai. Hal ini dikarenakan popok kain yang bebas dari bahan kimia.

Simak tips berikut untuk mengetahui popok yang tepat untuk si Kecil ya Moms:

  1. Pilihlah popok yang ukurannya sesuai dengan tubuh si Kecil. Pada saat memilih ukuran popok, tinggi badan dan umur bukanlah faktor penentunya Moms. Berat badan bayi lah yang biasanya menjadi tolak ukur pada saat memilih popok. Pada saat membeli popok sebaiknya tidak membeli satu ukuran popok dalam jumlah besar, hal ini dikarenakan tubuh si kecil tumbuh semakin besar setiap harinya.
  2. Pilihlah popok dengan bahan yang nyaman sehingga si Kecil tidak terkena iritasi. Pilihlah popok dengan bahan yang lembut, fleksibel, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini bertujuan agar area kulit si Kecil yang tertutup popok tidak lembap.
  3. Pilihlah popok yang memiliki daya serap tinggi dan anti bocor. Daya serap popok merupakan salah satu faktor yang paling penting. Penyerapan popok yang kurang baik dapat menyebabkan ruam pada bayi. Pilihlah popok yang memiliki penyerapan yang merata sehingga tidak mudah bocor. 

Dari tips-tips yang telah disebutkan diatas, memilih popok yang tepat untuk si Kecil tentunya bukan lagi menjadi hal yang rumit. Salah satu solusi tepat diaper yang bisa Mommy gunakan untuk cegah ruam popok si Kecil adalah Dual Story Diaper dari Mother-K & K-Mom.

Dual Story Diaper merupakan popok bayi dari Korea, yang memberikan kelembutan, memiliki sirkulasi udara yang sehat, serta menjaga si Kecil dari ruam dan iritasi. Dual Story Diaper memiliki kemampuan untuk menyerap 3 kali lebih cepat secara merata hingga 500 ml dan fitur ekstra kering, jadi Mommy tidak perlu khawatir popok akan bocor. Diaper ini sudah tersertifikasi Excellent oleh German Dermatest dan pastinya aman untuk kulit si Kecil yang sensitif. Bahannya yang lembut dan ketebalan yang ekstra tipis, membuat si kecil lebih nyaman beraktifitas. Selain itu, juga dilengkapai dengan indikator urin yang bisa berubah warna ketika terkena urin.

Merawat si Kecil memang membutuhkan perhatian khusus agar si Kecil tetap terjaga. Ruam popok memang meresahkan, namun bisa dicegah dengan langkah yang tepat. Ikuti tips diatas dan gunakan Dual Story Diaper dari Mother-K & K-Mom agar si Kecil terbebas dari ruam popok.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2024 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo