Resep MPASI Sehat

Setiap orang tua perlu memperhatikan tumbuh kembang sang buah hati. Salah satu caranya ialah dengan membuat MPASI penuh nutrisi dan gizi seimbang yang mencukupi tumbuh kembangnya. Cara membuat MPASI tak sesulit yang dibayangkan, namun bukan berarti bisa dilakukan secara sembarangan.

Yuk simak resep MPASI Sehat berikut :

Pilihan Resep MPASI Sehat

Anda tidak perlu bingung cara membuat mpasi bayi 6 bulan. Berikut kami berikan beberapa inspirasi menu makanan padat pertama bayi. 

  • Nasi Tim dengan Rebusan Daging Sapi dan Wortel

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merebus 3 potong daging sapi terlebih dahulu dengan peralatan mpasi. Setelah matang, masukkan 30 gram wortel untuk menyumbang nutrisi dan vitamin bayi. 

Kemudian aduk hingga semua bahan tercampur rata. Biarkan hingga mendidih dan matang. Masak nasi hingga teksturnya lembut. Sambil menunggu nasi matang, haluskan sup daging dan sayuran tadi. Lalu campurkan keduanya.

Cara membuat mpasi ini dengan menghaluskan semua bahan. Bisa dengan menyaringnya atau menghaluskan dengan cara di blender. Sesuaikan tekstur yang lunak berdasarkan kemampuan makan bayi.

  • Bubur Bayi Brokoli Kentang

Untuk membuat mpasi bayi 6 bulan, siapkan 60 gram kentang kupas yang sudah dikukus. Kemudian 30 gram brokoli yang sudah dikukus pula. Campuran lainnya adalah 30 ml air matang atau air susu formula. 

Cara membuatnya sangat sederhana, cukup blender kentang dan brokoli kukus hingga teksturnya lembut. Lalu tuang bubur ke mangkok yang bersih. Selanjutnya campurkan bubur tersebut dengan air atau air susu formula. 

  • Bubur Beras Merah Hati Ayam

Bahan yang perlu Anda sediakan adalah 3 sdm nasi merah matang, 2 potong hati ayam yang sudah direbus dan 3 sdm air matang. Cara membuat mpasi ini dengan memasukkan seluruh bahan ke dalam blender. 

Nyalakan blender hingga bubur bayi teksturnya halus. Untuk menyajikannya tuang dalam mangkuk bayi. 

  • Bubur Jagung Manis, Wortel dan Susu

Cara membuat mpasi ini dengan menyiapkan bahan berupa 30 gram wortel kukus. Kemudian 30 gram jagung manis pipil yang dikukus. 

Selain itu tambahkan 50 ml air susu formula an 30 ml air matang. Masukkan wortel dan jagung manis kukus ke dalam blender.

Blender bahan-bahan tersebut sambil menambahkan air sedikit demi sedikit. Jika sudah halus maka saring bubur memakai saringan mpasi.

Sajikan dalam mangkuk bayi. Lalu campurkan dengan susu formula secukupnya. 

Tips dalam Memberikan MPASI

Seperti yang telah ditekankan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), Anda boleh memperkenalkan mpasi saat bayi berusia 6 bulan. Mengapa demikian?

Karena umur 6 bulan, pada umumnya bayi akan menunjukkan kesiapannya untuk mendapatkan mpasi. Hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan bayi di masa yang akan datang. 

Perlu diperhatikan, pemberian mpasi 6 bulan harus memenuhi kebutuhan gizi bayi. Disamping itu, makanan pendamping bayi juga dapat membantu melatih untuk menelan dengan baik. Selain itu, jumlah dan frekuensinya tidak boleh sampai melebihi kapasitas kerja sistem pencernaan. 

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pengenalan mpasi sebaiknya memberikan tekstur makanan saring. Kemudian meningkat menjadi lumat. Jadi, supaya bayi mudah saat makan, cara membuat mpasi harus bertahap. Mulai dari tekstur saring, lumat dan halus. 

Hal lain yang wajib Anda ketahui adalah saat menerapkan jadwal makan bayi setiap harinya secara teratur. Seiring bertambahnya usia, tekstur secara perlahan berubah. 

Terdapat beberapa tips, supaya mpasi dapat terserap dengan sempurna. Pertama jangan memasak susu dalam suhu yang tinggi. Karena bila dimasak dalam suhu 40 derajat celcius, maka nutrisi probiotik akan rusak. Padahal sangat bagus untuk pencernaan bayi. 

Kemudian sebaiknya hindari penggunaan gula dan garam untuk bayi di bawah 1 tahun. Selain itu, berikan satu macam sayuran untuk kesehatan anak. Namun, bila Anda memberikan 3 jenis sayuran sekaligus dapat membuat bayi mengalami diare. Persiapkan bahan dengan sayuran segar untuk memenuhi nutrisi bayi.

Kesimpulan

Mpasi wajib diberikan untuk balita 6 bulan untuk menjaga serta menambah nutrisi yang diperoleh dari air susu ibu. Tentu harus ditakar sesuai kapasitas pencernaannya. Dengan demikian, sangat dianjurkan jika balita 6 bulan diberikan mpasi dengan makanan saring atau yang sudah dilumat. Selain itu, hindari pemberian gula dan garam serta perbanyak sayur mayur.

Cara membuat mpasi sangat sederhana dan mudah. Hanya saja Anda perlu memperhatikan tekstur dan pilihan olahan makanan. Karena kemampuan makan bayi belum sempurna.

Share this article
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo