Ini Rahasia Mengatasi Rambut Tipis pada Anak

Rambut tipis pada anak dapat terjadi karena faktor genetik, akan tetapi asupan gizi dan cara perawatan rambut juga memeiliki pengaruh yang besar. Pastikan Mommy memenuhi gizi si Kecil agar rambut tumbuh dengan lebat dan indah.

Rambut Mommy dan pasangan tebal, tetapi rambut si Kecil tipis? Mommy tidak perlu terkejut. Pasalnya tidak hanya faktor genetik saja yang memengaruhi pertumbuhan rambut anak, asupan nutrisi dan perawatan rambut juga berpengaruh pada pertumbuhan rambut anak.

Sebelum Mommy melakukan perawatan agar rambut si Kecil tebal, Mommy harus tahu terlebih dahulu penyebab dan faktor yang memengaruhinya. Simak informasi selengkapnya berikut

Penyebab Rambut Tipis dan Susah Tumbuh pada Anak

Ada 3 penyebab rambut tipis pada anak yaitu:

  • Genetik atau keturunan
  • Infeksi jamur
  • Rambut rontok

Jika memang orang tua mempunyai rambut tipis, maka kecil kemungkinan anak akan memiliki rambut yang lebat. Hal ini sudah tidak bisa dielakkan lagi.

Berbeda jika penyebab rambut tipis pada anak dikarena jamur dan masalah rambut rontok. Hal ini masih bisa Mommy atasi dengan melakukan perawatan khusus. Sebelum membahas cara perawatannya, Mommy harus tahu apa saja masalah yang bisa menyebabkan rambut tipis pada anak.

Hal-hal yang bisa menyebabkan rambut tipis dan sulit tumbuh pada anak yaitu:

1. Tinea Capitis

Rambut tipis pada anak 2 tahun dapat terjadi karena tinea capitis. Tinea capitis merupakan penyakit pada kulit kepala, alis, dan bulu mata, yang cenderung menyerang batang dan folikel rambut, akibat jamur. Biasanya hal ini terjadi jika anak sering bertukar sisir atau topi dengan orang lain.

Si Kecil yang menderita tinea capitis rambutnya akan rontok dan kulit kepalanya memerah. Bahkan jika kekebalan tubuh anak lemah bisa menyebabkan demam. 

2. Alopecia Areata

Gejala rambut tipis, rontok dan kebotakan berbentuk oval akibat alopecia areata bisa terjadi pada semua usia, namun 65% terjadi sebelum usia 16 tahun. Kebanyakan anak-anak dengan alopecia areata sehat, namun kadang-kadang dapat terjadi bersamaan dengan kelainan autoimun lainnya.

Anak yang mengalami penyakit ini rambutnya akan rontok semua dan tumbuhnya pun sangat lama.

3. Trichotillomania

Trichotillomania merupakan gangguan mental yang menyebabkan si Kecil menarik rambutnya tanpa sebab. Terkadang anak menarik rambutnya sampai rontok dengan sengaja ataupun tanpa disengaja. Beberapa kasus ada juga yang sampai si Kecil memakan rambutnya sendiri.

4. Telogen Effluvium

Rambut tipis pada anak juga dapat terjadi karena elogen effluvium. Telogen effluvium merupakan kondisi di mana rambut tua akan rontok dan rambut muda akan kembali tumbuh. Kondisi ini wajar, hanya saja rambut anak akan tumbuh setelah rambut tuanya rontok. Hal ini berpengaruh pada cepat atau lambatnya rambut anak tumbuh.

5. Hypothyroidism

Hypothyroidism merupakan keadaan di mana tubuh tidak maksimal dalam memproduksi hormon tiroid. Hormon ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut. Si Kecil dengan hypothyroidism akan mengalami pertumbuhan rambut yang lebih lambat sehingga rambut tipis pada anak tidak terelakkan lagi.

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Ketebalan Rambut Anak

Tentu Mommy ingin rambut si Kecil tumbuh lebat dan sehat bukan? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rambut si Kecil susah atau mudah tumbuh. Faktor tersebut yaitu:

  1. Genetik atau keturunan
  2. Asupan gizi, anak dengan asupan gizi yang baik rambutnya akan lebih mudah tumbuh. 
  3. Jenis kelamin, biasanya rambut anak laki-laki akan lebih sulit tumbuh dibandingkan anak perempuan. Hal ini karena pengaruh hormon dalam tubuhnya.

Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Tipis pada Anak

Bagaimana cara mengatasi rambut tipis yang susah tumbuh pada anak? Untuk membantu mempercepat tumbuhnya rambut si Kecil, mulailah dengan memberikan asupan gizi seimbang. Berikan makanan yang tinggi protein dan zink untuk membantu pertumbuhan rambut anak.

Rekomendasi makanan yang baik untuk mempercepat pertumbuhan rambut yaitu: telur, bayam, alpukat, stroberi, dan kacang-kacangan .

Selain memberikan asupan gizi yang seimbang, Mommy juga harus memberikan perawatan yang tepat. Mommy bisa menggunakan produk khusus yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut si Kecil, seperti Buds Organics Hair Volume Booster.

Produk ini terbuat dari bahan organik yang sudah bersertifikat Ecocert. Kandungan yang ada di dalamnya mampu melindungi dan memberikan nutrisi pada rambut yang baru tumbuh. Berbentuk spray, produk ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut si Kecil. Mommy tidak perlu khawatir, produk ini sudah pasti aman karena bebas dari bahan kimia berbahaya.

Nah, Mommy sekarang tidak perlu khawatir menghadapi rambut tipis pada anak. Gunakan secara teratur Buds Organics Hair Voolume Booster secara teratur untuk mendapatkan rambut tebal, sehat dan indah si Kecil yang lebih optimal.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo