Moms, Simak Penyebab dan Cara Atasi Rambut Rontok Pada Anak!

Normalkah rambut rontok pada anak? Jika dalam sehari rambut yang rontok hanya sekitar 50-100 helai saja, ini masih normal. Kondisi abnormal kerontokan rambut jika sudah lebih dari 300 helai yang rontok. Namun sebagai orang tua Mommy tentunya sudah sangat khawatir jika rambut si Kecil rontok, apalagi jika rambut si Kecil termasuk yang sulit tumbuh.

Untuk mengatasi masalah rambut rontok yang terjadi pada si Kecil, mommy harus mengenali terlebih dahulu penyebabnya. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rambut menjadi rontok. Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Penyebab Rambut Rontok pada Anak

Rambut rontok pada anak bisa disebabkan oleh beberapa faktor medis dan nonmedis.

Penyebab Rambut Rontok secara Medis

 Adapun penyebab medis yang bisa membuat rambut anak rontok adalah:

1. Scalp Ringworm

Ini merupakan penyebab umum kerontokan pada rambut anak. Scalp Ringworm merupakan jamur kulit kepala yang disebut juga dengan Tinea Capitis.

Biasanya rambut rontok karena jamur ini hanya pada bagian yang ada jamurnya saja. Selain rontok, jamur ini juga menyebabkan gatal pada kulit kepala.

2. Alopecia Areata

Penyebab medis rambut anak jadi rontok adalah Alopecia Areata. Penyakit autoimun ini menyerang akar rambut yang menyebabkan rambut menjadi lebih mudah rontok.

Gejala rambut rontok dan kebotakan bentuk oval akibat alopecia areata bisa terjadi pada semua usia, namun kebanyakan dialami oleh anak sebelum usia 16 tahun.

Anak yang mengalami autoimun ini biasanya rambutnya akan rontok secara keseluruhan atau sampai botak. Jika imun sudah membaik, rambut pun bisa tumbuh kembali, itupun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

3. Telogen Effluvium

Rambut rontok pada anak 7 tahun bisa juga disebabkan oleh penyakit telogen effluvium. Penyebab kerontokan rambut ini bisa terjadi karena anak mengalami “guncangan” fisik atau emosional. Misalnya saja mengalami depresi atau kecelakaan.

Biasanya rambut akan rontok selama 4-6 bulan. Setelah fase ini berlalu rambut akan tumbuh kembali dengan sehat dan kuat. Apalagi jika kondisi fisik dan mental anak sudah membaik.

4. Sindrom Trichotollomania

Trichotillomania merupakan sindrom di mana anak yang emosi akan menarik rambutnya. Sindrom ini terjadi karena gangguan mental yang membuat emosi anak kurang stabil.

5. Kurang Asupan Gizi

Asupan gizi yang kurang ke dalam tubuh anak bisa membuatnya mengalami kerontokan rambut. Rambut akan lebih mudah rontok ketika anak kekurangan zinc, asam amino, protein, dan zat besi.

Penyebab Rambut Rontok secara Nonmedis

Sedangkan penyebab non medis yang bisa membuat rambut anak rontok yaitu:

1. Terlalu Sering Mengeringkan Rambut dengan Hair Dryer

Mengeringkan rambut dengan hair dryer terlalu sering juga bisa membuat rambut anak menjadi rontok. Hal ini karena panas yang dihasilkan oleh hair dryer akan membuat rambut menjadi mudah kering. Tidak hanya rontok dari akar tapi rambut juga akan lebih mudah patah dan bercabang.

2. Rambut Sering Mengalami Gesekan

Anak yang sering menggesekkan kepala pada bantal, dinding atau lantai akan lebih mudah mengalami kerontokan rambut. Rambut yang sering tergesek akan membuat akarnya menjadi tidak kuat, yang mengakibatkan rambut menjadi rontok.

3. Sering Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Ikatan pada rambut yang terlalu kencang juga bisa membuatnya mudah rontok. Rambut yang tertarik oleh ikat rambut akan tercabut. Kondisi ini disebut dengan traction alopecia.

4. Salah Menggunakan Produk Sampo

Rambut rontok pada anak usia 3 tahun juga bisa karena salah pilih sampo. Misalnya saja sering menggunakan produk sampo dengan kandungan kimia yang kuat, sehingga bisa merusak rambut, terutama akarnya. 

Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Anak

Setelah tahu apa yang menyebabkan rambut anak rontok, Anda bisa langsung melakukan tindakan untuk mengatasinya. Cara mengatasi rambut rontok pada anak sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan perawatan dengan tepat.

Salah satu perawatan rambut yang tepat pada anak adalah dengan memilih sampo dengan bahan organik yang aman dan dapat menguatkan akar rambut, seperti Everyday Shampoo dan Orange & Lavender Shampoo.

Dua produk ini merupakan produk sampo berbahan organik yang sudah mendapat sertifikasi dari Ecocert, lembaga sertifikasi organik di Prancis. Keduanya mampu merawat rambut rontok dengan cara menguatkan akar rambut. Selain itu, sampo ini juga bisa membantu menutrisi dan menjaga kelembapan kulit kepala si Kecil. Keduanya bebas pewangi dan bahan kimia berbahaya, sehingag sangat cocok untuk digunakan anak-anak.

Buds Organics Everyday Shampoo

Everyday Shampoo merupakan sampo khusus untuk bayi usia 6 bulan sampai 3 tahun. Sedangkan Orange & Lavender Shampoo merupakan sampo khusus untuk anak usia 3 tahun ke atas.

Nah, Mommy sudah tau kan penyebab dan cara mengatasi rambut rontok si Kecil. Penuhi kebutuhan gizi harian si Kecil dan gunakan sampo dari Buds Organics secara rutin untuk mengatasi rambut rontok secara optimal.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo