8 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang pada Anak

Tidak hanya pada orang dewasa, masalah rambut kering dan bercabang pada anak cukup umum terjadi. Aktivitas anak yang cukup aktif di luar hingga kesalahan memilih produk perawatan rambut bisa menjadi pemicunya. 

Oleh karena itu, simak penjelasan berikut agar rambut anak tetap sehat dan mudah diatur.

Apa Penyebab Rambut Kering dan Bercabang pada Anak?

Rambut kering dan bercabang dapat terjadi karena rambut tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Selain kondisi lingkungan yang kering atau panas dan penggunaan produk perawatan yang salah, berikut ini adalah penyebab rambut kering dan bercabang pada anak.

1. Tinggal di Iklim yang Panas

Iklim tropis di Indonesia seringkali membuat kita berhadapan langsung dengan musim panas yang agak panjang. Ternyata, tinggal di tempat yang iklimnya panas dan kering bisa menyebabkan rambut kering, lho. 

Selain itu, apabila anak sering terpapar sinar matahari dan terkena angin di luar, risiko rambut anak kering dan kusut pun akan semakin tinggi.

2. Terlalu Sering Keramas

Rambut kering dan bercabang pada anak juga bisa dipengaruhi oleh frekuensi mencuci rambut yang terlalu sering. Setiap kali Mommy mencuci rambut si Kecil, kutikula rambut akan membesar sehingga air yang masuk ke dalamnya pun semakin banyak. 

Semakin lama dan sering rambut terkena air, maka semakin besar juga kemungkinannya untuk kering.

3. Menggunakan Produk yang Salah

Penting untuk Mommy ingat bahwa kulit dan rambut anak berbeda dengan orang dewasa. Oleh karena itu, selalu pilih produk yang memang dibuat khusus untuk anak-anak. 

Biasanya, produk yang khusus dibuat untuk anak-anak terbuat dari bahan organik dan lembut, sehingga rambut tidak mudah kering, patah, maupun bercabang.

4. Kurang Gizi

Seringkali kita menemui anak-anak yang cukup pemilih terhadap apa yang mereka makan. Padahal, makan tidak hanya untuk membuat perut kenyang namun juga mencukupi kebutuhan tubuh secara keseluruhan. 

Dalam beberapa kasus, kurangnya konsumsi makanan bergizi dan bernutrisi mempengaruhi kesehatan rambut.

5. Kondisi Medis

Kondisi medis tertentu juga berpengaruh pada kesehatan rambut, seperti hipoparatiroidisme, hipotiroidisme, dan juga Menkes syndrome.

Hipoparatiroidisme terjadi ketika tubuh menghasilkan hormon paratiroid yang terlalu sedikit. Akibatnya, kadar kalsium dalam darah berkurang. Padahal, kalsium berperan penting untuk merawat kesehatan rambut, tulang, gigi, dan jaringan lainnya.

Kondisi kesehatan lainnya adalah hipotiroidisme, yaitu ketika kelenjar tiroid hanya menghasilkan sedikit hormon tiroid. Salah satu gejala awal penyakit ini adalah rambut mudah kering dan rapuh.

Ada juga sindrom Menkes, yang merupakan kondisi genetik langka. Kondisi ini membuat penderitanya tidak dapat menyerap mineral penting, seperti tembaga. Tidak hanya membuat rambut kering, kekurangan mineral yang satu ini mempengaruhi kondisi kesehatan secara umum.

Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang pada Anak?

Apabila sudah terlanjur bercabang, Mommy bisa merawat rambut kering pada anak dengan cara berikut ini.

  1. Membersihkan rambut secara teratur dengan menggunakan sampo organik yang khusus dibuat untuk anak-anak.
  2. Jangan ragu untuk menggunakan masker rambut, namun pastikan bahannya aman untuk anak-anak. Mommy juga bisa menggunakan bahan alami, seperti yoghurt, telur, dan madu.
  3. Potong ujung rambut yang bercabang secara teratur
  4. Pijat rambut dengan minyak zaitun. Kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalene di dalamnya ampuh melembutkan dan menyehatkan rambut.
  5. Pilihlah sisir yang tepat dan sisir rambut dengan hati-hati
  6. Lindungi rambut dari sinar matahari langsung
  7. Konsumsi makanan bergizi
  8. Gunakan conditioner setelah keramas. Pastikan produknya aman untuk rambut anak.

Cara Memilih Conditioner yang Aman untuk Anak

Memilih produk perawatan untuk si Kecil, tentu tidak boleh dilakukan sembarangan, termasuk dalam memilih conditioner anak. Sebelum menentukan apa yang Mommy pilih, simak poin-poin berikut ini ya.

  • Pilih conditioner yang sesuai dengan jenis rambut si Kecil.
  • Sebaiknya conditioner memiliki label hypoallergenic dan bebas bahan kimia berbahaya.
  • Akan lebih baik jika produk yang Mommy pilih tidak mengandung pewangi buatan.
  • Untuk balita, sebaiknya produk tidak membuat mata pedih.

Selain hal diatas, pastikan juga bahwa produk tersebut berasal dari bahan organik dan bebas bahan kimia berbahaya, seperti produk dari Buds Organics.

Buds Organics hadir dengan Orange & Lavender Conditioner, yang merupakan conditioner khusus anak-anak. Tidak hanya melembutkan rambut dan membuatnya mudah diatur, produk yang satu ini  terbuat dari bahan organik yang telah tersertifikasi oleh Ecocert. 

Selain itu, produk ini tidak mengandung silikon, sehingga tidak menyumbat pori-pori kulit kepala si Kecil. Conditioner anak ini juga tidak mengandung pewangi buatan dan bahan kimia berbahaya lho Moms, sehingga aman digunakan untuk si Kecil.

Merawat rambut kering dan bercabang pada anak memang tidak bisa sembarangan. Sudah saatnya bagi Mommy memilih produk yang terbuat dari bahan organik yang aman untuk si Kecil.  Jangan lupa selalu gunakan conditioner dari Buds Organics untuk rambut si Kecil yang lebih lembut dan berkilau.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo