Hindari Nyeri! Ini 3 Posisi Duduk Ibu Hamil yang Baik

“Memasuki trimester 2 dan 3 kehamilan Kamu akan merasakan banyak ketidaknyamanan, termasuk duduk. Pilih posisi duduk yang baik dan nyaman agar terhindar dari rasa nyeri punggung dan kehamilan tetap terjaga. Menggunakan pakaian dalam khusus ibu hamil juga disarankan agar Kamu merasa lebih nyaman.

Posisi duduk yang baik untuk ibu hamil harus diperhatikan. Salah posisi duduk saja bisa membahayakan diri sendiri dan kehamilan.

Perubahan fisik yang terus terjadi pada saat kehamilan membuat Kamu semakin sulit untuk beraktivitas. Tidak hanya aktivitas yang terhambat, perut yang semakin membesar juga mempengaruhi kesulitan saat ingin duduk.

Melansir dari Jurnal PLoS One, salah satu masalah yang banyak dialami ibu hamil adalah rasa nyeri pada punggung bawah. Rasa nyeri ini bisa terjadi karena banyak hal termasuk salah posisi duduk. Oleh karenanya, Kamu harus tahu bagaimana cara duduk yang baik saat hamil.

Posisi Duduk yang Baik untuk Ibu Hamil

Ketika kehamilan sudah membesar atau memasuki trimester 2 dan 3, Kamu harus mulai memperhatikan posisi duduk. Pasalnya salah posisi duduk bisa membuat punggung terasa nyeri. Untuk menhindari rasa nyeri, Kamu bisa mencoba posisi duduk yang baik saat hamil berikut:

1. Duduk Bersandar di Kursi

Salah satu posisi duduk yang baik untuk ibu hamil trimester 3 adalah duduk bersandar di kursi. Duduk bersandar di kursi akan membuat punggung menjadi lurus dan bahu akan terbawa ke belakang. Ini merupakan salah satu posisi nyaman ketika ibu sedang hamil besar.

Agar lebih nyaman, pastikan pantat menempel di bagian belakang kursi. Jika jaraknya terlalu jauh, bisa ditambahkan bantal kecil atau penyangga punggung agar lebih rileks dan nyaman.

2. Duduk Sila di Lantai

Bolehkah ibu hamil duduk di lantai? Tentu saja boleh, agar lebih nyaman bisa menggunakan alas dan pastikan posisi duduknya bersila.

Kamu juga bisa mengambil posisi duduk bersila dengan posisi telapak kaki bertemu dengan telapak kaki. Posisi duduk ini termasuk yang paling nyaman untuk ibu hamil.

Duduk bersila sebenarnya sangat disarankan, apalagi mendekati hari kelahiran. Pasalanya duduk bersila ini bisa membantu mempermudah proses persalinan.

3. Duduk dengan Lutut Menempel Dinding

Posisi duduk yang baik untuk ibu hamil trimester 2 adalah duduk dengan lutut menempel pada dinding. Hal ini bisa Kamu lakukan ketika duduk di kursi tanpa sandaran.

Menempelkan lutut pada dinding bisa membuat Kamu menjadi lebih nyaman karena tidak bisa bersandar. Agar lebih nyaman, Kamu bisa memposisikan duduknya seperti sedang naik kuda.

Posisi Duduk yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Ada juga posisi duduk yang harus dihindari ibu hamil agar punggung tidak nyeri, yaitu:

1. Duduk dengan Menyilangkan Kaki

Duduk menyilangkan kaki yang dimaksud di sini adalah menyilangkan kaki ketika duduk di kursi. Posisi menyilangkan kaki bisa menekan perut dan bisa berakibat terganggunya saluran kemih. Sebaiknya hindari posisi ini, lebih baik posisikan kaki lurus saja.

2. Duduk dengan Kaki Menggantung

Kursi yang diduduki terlalu tinggi? Jangan biarkan kaki menggantung karena bisa membuat Kamu tidak nyaman. Solusinya, Kamu bisa menggunakan bangku kecil atau benda lain untuk menyangga kaki yang menggantung.

3. Duduk dengan Posisi Setengah Duduk

Posisi setengah duduk juga harus dihindari. Pasalnya bisa membuat punggung terasa nyeri dan cedera.

4. Hindari Duduk Terlalu Lama

Hindari juga duduk terlalu lama. Walaupun posisinya baik dan benar tapi duduk terlalu lama juga tidak bagus untuk ibu hamil. Sebaiknya selingi duduk dengan berdiri atau berjalan-jalan di sekitar setiap 30 menit.

Solusi Menambah Kenyamanan untuk Ibu Hamil

Selain memperhatikan posisi saat duduk, Kamu juga bisa menggunakan pakaian dalam khusus untuk menambah kenyamanan dalam segala posisi seperti Belly Bandit Flawless Belly.

Belly Bandit Flawless Belly ini merupakan pakaian dalam khusus untuk ibu hamil, yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan ekstra dengan cara mendukung dan mengangkat perut ibu hamil. Posisi perut yang terangkat ini tentunya akan membuat ibu hamil semakin nyaman.

Selain itu, mengenakan pakaian dalam ini juga bisa mengurangi stretch mark karena kehamilan. Tidak hanya itu, pakaian ini juga memberikan lapisan ekstra untuk melindungi perut.

Menggunakan Belly Bandit Flawless Belly ini memberikan sensasi nyaman karena sangat lembut dengan sirkulasi udara yang baik. Dibuat dengan material WonderWeave™ yang dapat menjaga lotion dan krim yang  digunakan di kulit tetap menyerap di bagian yang diinginkan dan tidak berpindah ke pakaian.

Nah, dari uraian diatas tentunya Kamu jadi tau posisi duduk yang tepat saat hamil. Pilihlah posisi yang paling nyaman untuk duduk. Jangan lupa gunakan Belly Bandit Flawless Belly sebagai solusi tepat untuk menambah kenyamanan saat masa kehamilan.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTN 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo