Pola Hidup Sehat pada Anak: Manfaat dan Cara Menerapkannya

Sebagai orang tua, tidak ada yang lebih penting daripada memastikan kebahagiaan dan kesehatan anak selalu terjaga. Salah satu kunci utama untuk mencapai hal ini adalah dengan menjaga pola hidup sehat pada anak.

Moms bisa baca selengkapnya di sini, untuk tahu berbagai manfaat dari pola hidup sehat pada anak, dan bagaimana penerapannya dalam berbagai aspek kehidupan si Kecil. Mulai dari makanan, peralatan makan atau botol, mainan anak, serta lingkungan bermainnya. 

Mengenal Pola Hidup Sehat dan Manfaatnya pada Anak

Pola hidup sehat dapat membantu anak merasa nyaman dan memiliki banyak energi untuk sekolah dan bermain. Dengan menerapkannya di rumah, ini akan mengajarkan kepada anak bahwa setiap orang perlu menjaga kesehatannya.

Menurut WHO (World Health Organization), pola hidup sehat adalah cara hidup yang menurunkan risiko sakit parah atau meninggal dini. Konsep ini merujuk pada serangkaian kebiasaan dan praktik yang mendukung kesehatan fisik, mental, dan sosial seseorang.

Tidak hanya pada orang dewasa, perilaku hidup sehat juga perlu diterapkan pada anak-anak, terutama untuk menunjang tumbuh kembangnya. Secara khusus, berikut berbagai alasan pentingnya menanamkan pola hidup sehat pada anak sejak dini:

1. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Pola hidup sehat pada anak dapat dilakukan dengan cara memberikan makanan dengan gizi dan nutrisi seimbang. Memberikan asupan nutrisi yang seimbang dan mengajaknya melakukan kegiatan aktivitas fisik yang cukup, dapat membantu anak tumbuh dengan maksimal dan mengembangkan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

2. Menghindarkan dari Berbagai Penyakit

Terbiasa mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga sejak dini dapat menghindarkan anak dari berbagai penyakit. Aktivitas fisik yang rutin & teratur bahkan membantu mengurangi risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung di kemudian hari.

3. Menjaga Kesehatan Mental dan Emosional

Terjaganya kesehatan mental anak akan memengaruhi kualitas hidup serta keterampilan anak dalam mengatasi suatu masalah. Selain kasih sayang yang cukup, membiasakan perilaku hidup sehat pada anak seperti tidur yang cukup akan berdampak baik bagi kesehatan mental.

4. Membentuk Kebiasaan Sehat sejak Dini

Anak yang terbiasa dengan pola makan yang baik dan gaya hidup yang aktif cenderung mempertahankan kebiasaan tersebut saat mereka dewasa. Ini akan menjadi pondasi yang kuat bagi mereka untuk menjalani hidup yang sehat dan berkualitas di masa depan.

Manfaat Pola Hidup Sehat pada Anak

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang diperoleh anak ketika terbiasa menjaga pola hidup sehat:

  1. Terhindar dari obesitas.
  2. Memiliki lebih banyak energi untuk melakukan banyak kegiatan.
  3. Dapat terhindar dari berbagai penyakit.
  4. Berprestasi dengan baik di sekolah.
  5. Mudah bergaul dengan orang lain.

Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat pada Anak

Mengajarkan perilaku hidup sehat pada anak dapat dilakukan dari hal-hal kecil yang dirasa paling dekat dengan si Kecil, seperti makanan, peralatan makan/botol susu, mainan anak, dan lingkungan bermain mereka. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Mommy lakukan untuk menerapkannya pada anak:

1. Makanan

Penerapan hidup sehat pada anak usia dini bisa dimulai dengan membiasakan si Kecil mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, serta aneka protein. Karenanya, batasi konsumsi makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan tinggi gula dan lemak jenuh.

2. Peralatan Makan dan Botol Susu

Salah satu penerapan pola hidup sehat untuk balita adalah memilihkan peralatan makan dan botol susu yang aman dan higienis. Sehingga pastikan peralatan tersebut bebas dari bahan kimia berbahaya seperti BPA (Bisphenol A). Selain itu, jangan sampai lupa untuk selalu membersihkan peralatan makan anak agar terbebas dari kuman dan bakteri. Gunakan produk berbahan organik yang aman untuk peralatan makan si kecil ya, Moms.

3. Mainan Anak

Pilih mainan yang aman dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Pastikan mainan sesuai dengan usia dan perkembangan anak, untuk menghindari risiko tersedak atau cedera. Jangan lupa rutin bersihkan mainan anak untuk menjaga kebersihan dan menghindari penyebaran kuman.

4. Lingkungan Bermain Anak

Ciptakan lingkungan bermain yang aman dan stimulatif bagi anak. Pastikan area bermain bebas dari benda tajam, bahan berbahaya, dan risiko kecelakaan, seperti terpeleset karena lantai licin, atau lainnya.

Salah satu contoh perilaku hidup sehat bagi anak usia dini adalah tidak membiarkan anak bermain gadget sepuas dan semaunya. Moms juga bisa mendukung anak bereksplorasi di luar ruangan dan menjelajahi alam.

Salah satu bentuk dukungan Moms untuk menerapkan hidup sehat pada anak, bisa dengan memilih peralatan, makanan, dan produk pembersih yang aman bagi kesehatan anak. Buds Organics, memiliki rangkaian produk pembersih yang terbuat dari bahan organik, bebas dari pewangi buatan dan bahan kimia berbahaya, serta telah tersertifikasi organik oleh Ecocert. Hal ini menjadikan kualitasnya terjamin aman dan sangat efektif untuk melindungi kesehatan anak.

Rangkaian produk pembersih Buds Organics, yaitu Baby Safe Floor Cleaner, berfungsi sebagai pembersih lantai yang sangat efektif membunuh bakteri dan virus, menghilangkan kotoran & bau, sehingga menjadikan lantai rumah Moms harum, segar, dan bersih.

Selain itu Buds Organics juga memiliki Baby Safe Bottle and Utensil Cleaner yang berfungsi untuk menghilangkan kuman yang menempel di botol susu dan perlengkapan makan anak tanpa meninggalkan residu kimia berbahaya, penyebab alergi pada kulit anak. Untuk mainan dan lingkungan bermainnya, Buds Organics punya Baby Safe Anti-Bac Toy & Surface yang efektif atasi semua kuman yang membandel, sehingga si Kecil aman dan terlindungi saat bermain.

Dengan memperhatikan, mengajarkan, dan menerapkan pola perilaku hidup sehat pada anak sejak si Kecil masih berusia dini, Moms dapat memberikan mereka kesempatan terbaik untuk tumbuh kembang yang optimal. Selain itu, mereka juga akan terbiasa untuk hidup dengan sehat di masa depan. Untuk memulainya, Moms bisa gunakan seluruh produk pembersih Mommy dengan yang terbukti aman dan terjamin kualitasnya di rumah!

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo