Tips Parenting: Mendidik Anak Pola Hidup Bersih dan Sehat

Dalam konteks pasca pandemi COVID-19, mengajari anak-anak tentang pentingnya pola hidup bersih dan sehat menjadi lebih relevan daripada sebelumnya. 

Mengajarkan pola hidup bersih dan sehat sejak dini akan melindungi anak-anak dari bahaya penyakit dan membentuk generasi yang peduli terhadap kesejahteraan bersama. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Manfaat Pola Hidup Bersih dan Sehat?

Menjaga hidup yang bersih dan sehat memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan. Beberapa manfaatnya antara lain:

  • Mencegah Penyakit: Kebiasaan menjaga kebersihan diri dan lingkungan dapat mencegah penyebaran penyakit dan infeksi, seperti flu, pilek, dan infeksi kulit.
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh: Pola hidup bersih dan sehat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih tahan terhadap serangan virus dan bakteri.
  • Kesehatan Kulit yang Lebih Baik: Menjaga kebersihan kulit membantu menghindari masalah kulit, seperti jerawat dan iritasi, serta membuat kulit terlihat lebih segar dan bersih.
  • Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Optimal: Dengan mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga kesehatan tubuh, dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, terutama pada anak-anak.
  • Meningkatkan Fungsi Organ Tubuh: Dengan hidup bersih dan sehat, organ tubuh dapat berfungsi dengan baik dan efisien dalam menjalankan tugasnya.
  • Meningkatkan Kualitas Tidur: Kondisi lingkungan yang bersih dan sehat dapat menciptakan suasana tidur yang nyaman dan membantu meningkatkan kualitas tidur.
  • Mengurangi Stres: Hidup bersih dan sehat dapat membantu mengurangi stres karena tubuh dan pikiran lebih seimbang dan terjaga.
  • Memperpanjang Umur: Gaya hidup bersih dan sehat berkontribusi dalam meningkatkan harapan hidup dan meminimalkan risiko penyakit kronis.

Dengan menjaga hidup yang bersih dan sehat, kita dapat meraih kehidupan yang lebih bermakna dan produktif serta mengurangi risiko terkena berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, hal semacam ini perlu ditanamkan sejak dini.

Tips Mengajari Anak Pola Hidup Bersih dan Sehat

Lebih dari apapun, pola hidup bersih dan sehat sangat penting bagi kesehatan anak-anak. Selain membantu melawan penyakit, hal ini juga membangun kesadaran diri yang lebih baik sejak dini. 

Lalu bagaimana cara menanamkan kebiasaan-kebiasaan baik pada anak? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Mommy coba.

1. Menjadi Teladan

Sebagai orang tua, Mommy bisa mengawali menjadi contoh yang baik dengan menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat itu sendiri. Anak cenderung meniru apa yang ia lihat dari orang tua atau siapapun yang dianggap role model.

2. Mengajari Cuci Tangan dengan Sabun

Ajarkan si Kecil untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah bermain di luar. Cuci tangan secara rutin membantu mencegah penyebaran kuman.

3. Membersihkan Gigi Bersama

Salah satu cara mengajarkan anak pola hidup bersih dan sehat adalah membersihkan gigi. Langkah yang efektif untuk membersihkan gigi si Kecil adalah dengan melakukannya bersama. Ajarkan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Selain itu, berikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut.

4. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga lingkungan menjadi salah satu langkah pola hidup bersih dan sehat. Kegiatan ini bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti: merapikan mainan dan barang-barang setelah digunakan. Dengan membersihkan tempat tidur dan ruangan di rumah, si Kecil pun semakin terbiasa dengan hal-hal yang bersih.

5. Kenali Makanan Sehat dan Minum Air Putih

Selain mengajarkan pentingnya makan makanan sehat dan bergizi, Mommy juga bisa melibatkan si Kecil dalam memilih menu makanan yang seimbang. Selain itu, biasakan juga untuk selalu minum air putih setiap hari dengan cukup

6. Pujian dan Penghargaan

Berikan pujian dan penghargaan ketika si Kecil menjalankan pola hidup bersih dan sehat dengan baik. Hal ini akan memotivasi mereka untuk terus melakukannya.

7. Gunakan Hand Sanitizer yang Aman ketika Bepergian

Kebersihan menjadi prioritas utama ketika pergi bersama si Kecil. Mommy tidak pernah tahu apakah tempat yang dikunjungi bersama si Kecil bersih atau tidak. Selalu ajarkan si Kecil untuk sedia hand sanitizer ketika bepergian adalah solusi yang tepat mengingat virus dan bakteri dapat menyerang si Kecil kapan saja.

Disamping itu, pastikan bahwa hand sanitizer yang Mommy pilih adalah hand sanitizer yang aman dan ramah untuk si Kecil. Hal ini dapat dilihat dari bahan dan kandungan di dalamnya. Mommy bisa mencoba produk Buds Organics Safe Anti-Bac Foam Sanitiser sebagai pilihan terbaik untuk menjaga kebersihan tangan si Kecil secara efektif.

Kandungannya yang non-alkohol dan bebas dari bahan kimia berbahaya membuat produk ini aman untuk keluarga dan anak-anak. Dengan bahan organik yang aman dan sertifikasi Ecocert, produk ini memberikan perlindungan optimal.

Demikian tips parenting dalam mendidik pola hidup bersih dan sehat pada anak. Melalui langkah-langkah sederhana dan konsisten, Mommy dapat membantu si Kecil mengembangkan kebiasaan yang akan bermanfaat di sepanjang hidupnya.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo