Plastik Biodegradable, Solusi Praktis Kurangi Sampah Plastik

Berdasarkan data statistik IUCN, sampah plastik menjadi jenis polutan terbanyak di dunia dengan total volume nyaris 400 juta metrik ton, dan akan terus bertambah seiring waktu. Oleh karena itu, perlu strategi yang tepat untuk menangani masalah sampah plastik, salah satunya adalah menggunakan plastik biodegradable

Nah, meskipun sampah plastik menjadi masalah yang besar, namun tahukah Moms sebenarnya apa saja manfaat dari penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari? Simak ulasan di bawah ini ya.

Manfaat Penggunaan Plastik dalam Kehidupan Sehari-hari

Tahukah Moms, Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia. Fakta tersebut menunjukkan betapa negara ini membutuhkan solusi terbaik untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah plastik.

Meski begitu, tak bisa dipungkiri bahwa plastik masih memegang peran vital dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, melarang penggunaan plastik mungkin akan menjadi tantangan yang sangat besar.

Memangnya apa saja manfaat plastik bagi kehidupan sehari-hari? Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Jadi Kantong Penyimpanan

Dalam kehidupan sehari-hari, plastik merupakan barang yang sering terlupakan. Bahkan, tidak jarang plastik hanya tertumpuk di sudut ruangan.

Meski begitu, saat Moms membutuhkan kantong penyimpanan, plastik bisa menjadi solusi yang paling praktis. Selain itu harganya pun murah dan mudah ditemui di pasaran.

2. Menyulap Plastik Menjadi Objek Seni

Membuat kerajinan dari plastik mungkin terdengar sederhana. Meski begitu, usaha menyulap plastik menjadi benda seni berpotensi menghasilkan banyak keuntungan. Dengan menjalankan skema ekspor ke luar negeri, Moms bisa meraup banyak untung dengan memanfaatkan plastik.

3. Wadah Penyimpanan Bahan Masakan

Untuk para koki dan ibu rumah tangga, wadah plastik merupakan benda yang berharga, dan umumnya akan selalu disimpan. Wadah berbahan plastik bermanfaat untuk memisahkan bahan-bahan masakan di kulkas agar tidak saling mengkontaminasi satu sama lain.

4. Jadi Furniture

Plastik merupakan material furnitur yang sangat populer. Pasalnya, bahan plastik cenderung lebih awet dan ringan, sehingga bisa menjadi furnitur jangka panjang. Selain itu, harga furniture plastik pun relatif terjangkau.

Dampak Negatif Plastik: Ada Zat Kimia Berbahaya

Selain memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari, faktanya plastik memiliki berbagai dampak negatif. Salah satu sisi negatif dari plastik adalah mengandung zat kimia berbahaya. Untuk mengetahui zat kimia apa saja yang terkandung dalam plastik, simak penjelasan berikut ini:

  • Bisphenols (BPA). BPA merupakan salah satu bahan utama pembuat plastik. Paparan BPA yang terlalu banyak dapat memicu keluhan dalam berbagai aspek, misalnya saja perlambatan fungsi perkembangan otak, perubahan kondisi mental, hingga gangguan sistem reproduksi.
  • Phthalates. Zat kimia satu ini berfungsi untuk membuat plastik lebih tahan lama. Sayangnya, phthalates berpotensi mengganggu proses regulasi hormon serta memberi efek negatif pada sistem reproduksi dan kehamilan. Selain itu, zat ini juga lekat dengan penyakit diabetes serta hipertensi.
  • Alkylphenols. Alkylphenols biasanya terdapat pada cat, deterjen, atau pestisida sebagai elemen untuk mencampur satu zat dengan zat lainnya. Namun eksposur yang terlalu tinggi berpotensi menyebabkan gangguan prostat serta infertilitas pada pria.
  • Dioxin. Dioxin merupakan zat yang sangat beracun dan berbahaya meskipun jumlahnya hanya sedikit. Bebejrapa risiko kesehatan yang berpotensi timbul akibat Dioxin adalah gangguan perkembangan otak, meningkatnya risiko kanker, serta berkurangnya daya tahan tubuh.

Plastik Biodegradable Sebagai Cara Mengurangi Sampah Plastik

Dengan tingkat bahaya yang sedemikian tinggi, wajar jika Moms merasa perlu mengurangi penggunaan plastik. Akan tetapi, plastik masih membawa segudang manfaat yang tak tergantikan. Jika sudah begitu, maka salah satu solusinya adalah dengan menggunakan plastik biodegradable.

Apa yang dimaksud dengan plastik biodegradable? Mungkin beberapa dari Moms kurang familiar dengan istilah plastik biodegradable, berikut penjelasan yang bisa Moms simak ya.

Nah, biodegradable sendiri artinya dapat terurai secara alami dengan mengandalkan berbagai mikroorganisme yang ada di alam, misalnya bakteri dan jamur. Berbeda dengan plastik biasa yang sulit diurai di alam, plastik biodegradable bisa hancur lebih cepat dengan sendirinya di alam.

Plastik biodegradable terbuat dari bahan selulosa, kolagen, lipid, atau chitosan yang terkandung dalam tumbuhan maupun hewan. Biasanya material plastik biodegradable digunakan untuk produk seperti kantong plastik penyimpanan, kantong plastik sampah, dan peralatan makan seperti piring, gelas, sendok, dan garpu.

Selain terbuat dari bahan alami yang mudah terurai, plastik biodegradable juga memiliki beberapa kelebihan, seperti: tidak mengandung zat berbahaya, mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, mengurangi jejak karbon, dan mengurangi volume sampah di masyarakat.

Di beberapa negara maju, saat ini sudah mulai menggunakan plastik biodegradable untuk menggantikan plastik konvensional. Mungkin, sudah saatnya bagi Moms untuk beralih ke plastik biodegradable demi melindungi lingkungan sekitar kita. Namun, untuk meminimalisir risiko kesehatan, pastikan Moms memilih plastik biodegradable yang aman dan terbuat dari bahan yang berkualitas, seperti produk Mother-K & K-Mom Eco Baby Zipper Bag.

Mother-K & K-Mom Eco Baby Zipperbag merupakan plastik biodegradable yang sudah tersertifikasi dari FDA dan KFDA sehingga bisa digunakan berkali-kali, dan tentunya ramah lingkungan. Dengan ini, penggunaan plastik pun bisa berkurang sehingga dapat melindungi lingkungan sekitar.

Tak hanya itu, kantong penyimpanan Mother-K & K-Mom Eco Baby Zipper Bag pun terbebas dari BPA dan bahan kimia berbahaya lainnya. Dengan ini, tentunya Mommy bisa mencegah paparan zat kimia yang tidak sehat, tidak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk keluarga tercinta.

Adanya sampah plastik yang menggunung memang menjadi masalah besar. Namun, Mommy bisa berkontribusi dengan menggunakan plastik biodegradable yang aman dan ramah lingkungan seperti  Eco Baby Zipper Bag untuk penggunaan sehari-hari.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo