Jangan Panik! Ini Penyebab Perut Terasa Kencang Saat Hamil

Perut terasa kencang saat hamil mungkin menjadi salah satu gejala yang kerap dirasakan oleh para ibu. Sensasi ini seringkali menimbulkan pertanyaan dan rasa penasaran, terutama bagi mereka yang menjadi ibu untuk pertama kalinya. 

Namun, sebelum terburu-buru mengambil kesimpulan, penting untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa kondisi ini muncul.

Apa Penyebab Perut Kencang Saat Hamil?

Perut yang terasa kencang ketika kehamilan terbilang cukup umum bagi ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa alasannya.

  • Kontraksi Braxton Hicks: Disebut juga sebagai kontraksi palsu. Gejala perut kencang saat hamil yang satu ini biasanya mulai muncul pada trimester kedua dan bisa meningkat intensitasnya menjelang persalinan.
  • Pertumbuhan Rahim: Seiring berjalannya kehamilan, rahim akan terus membesar untuk menampung pertumbuhan bayi. Kondisi ini bisa membuat perut terasa lebih kencang, terutama setelah makan atau saat aktivitas.
  • Latihan Otot: Aktivitas seperti batuk, tertawa, atau berolahraga bisa membuat otot perut berkontraksi, yang mungkin dirasakan sebagai perut yang kencang.
  • Posisi Bayi: Terkadang, posisi bayi di dalam rahim dapat menyebabkan perut kencang, terutama saat bayi mulai aktif bergerak dan menendang.
  • Tanda Persalinan: Jika sudah mendekati waktu kelahiran dan mengalami perut kencang, serta rasa sakit yang konsisten, itu bisa jadi tanda-tanda persalinan.
  • Gas dan Sembelit: Selama kehamilan, perubahan hormonal dapat memperlambat sistem pencernaan, menyebabkan gas dan sembelit, yang bisa membuat perut menjadi kencang.
  • Infeksi Atau Masalah Lain: Meski jarang, perut kencang juga bisa disebabkan oleh infeksi rahim atau masalah kesehatan lainnya.

Apabila Anda merasa khawatir dengan kondisi ini, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter kandungan.

Bahayakah Perut Kencang Saat Hamil?

Seperti penjelasan sebelumnya, kondisi perut terasa kencang cukup umum. Namun, beberapa orang merasa khawatir ketika kondisi ini terjadi dengan intensitas yang meningkat. 

Selain beberapa penyebab yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan apabila perut terasa kencang saat hamil.

1. Persalinan Dini

Jika perut kencang disertai dengan rasa sakit yang konsisten, terutama sebelum mencapai 37 minggu kehamilan, maka bisa jadi kondisi tersebut adalah tanda persalinan dini. Penting untuk segera mendapatkan perhatian medis.

2. Preeklamsia

Apabila perut terasa kencang muncul dengan tekanan darah tinggi, gangguan penglihatan, dan sakit kepala, bisa jadi Kamu mengalami preeklamsia. Kondisi ini cukup serius dan perlu penanganan medis segera.

3. Plasenta Previa dan Abruption Placenta

Kedua kondisi ini berkaitan dengan plasenta dan bisa menyebabkan perut terasa kencang. Jika mengalami pendarahan atau rasa sakit yang tajam, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Tips Mengatasi Perut Kencang di Kehamilan

Meskipun perut terasa kencang seringkali menjadi bagian umum dari kehamilan, jangan ragu untuk memeriksakan diri apabila Kamu mulai khawatir. Berikut ini adalah tips yang bisa kamu terapkan apabila perut terasa kencang saat hamil.

  • Cobalah latihan peregangan ringan untuk mengendurkan otot-otot dan meningkatkan sirkulasi.
  • Pastikan istirahat yang cukup dengan posisi berbaring yang nyaman.
  • Berikan pijatan lembut pada perut untuk meredakan ketegangan.
  • Minum air dalam jumlah yang cukup untuk mencegah dehidrasi yang bisa menyebabkan kontraksi.
  • Menghindari makanan gas. Beberapa makanan bisa menyebabkan kembung yang menambah sensasi kencang pada perut.

Selain tips-tips di atas, untuk memberikan kenyamanan sensasi perut terasa kencang selama kehamilan, Kamu bisa mencoba untuk menggunakan pakaian dalam khusus kehamilan yang dapat menopang bagian perut seperti Belly Bandit Bump Support Bodysuit.

Produk ini memberikan dukungan ekstra pada perut, pinggang, dan punggung. Salah satu fitur menariknya adalah Bump Support Bodysuit, sebuah pakaian model bustless yang nyaman untuk ibu hamil. Keistimewaan dari bodysuit ini antara lain mencegah lecet di paha, berfungsi ganda sebagai pakaian dalam, serta memiliki manfaat tambahan dalam mencegah stretch mark dan melembapkan kulit yang rentan kering dan gatal.

Sementara itu, untuk Kamu yang mencari dukungan dengan model yang berbeda, Bump Support Legging dan Bump Support Capri Legging dapat menjadi alternatif. 

Kedua legging ini tidak hanya memberikan dukungan pada perut, tetapi juga berkontribusi dalam mencegah stretch mark dan menjaga kelembapan kulit. Keduanya bisa menjadi alternatif pakaian yang nyaman digunakan ketika perut terasa kencang selama kehamilan.

Menghadapi ketidaknyamanan selama kehamilan mungkin tak terhindarkan, apalagi ketika perut terasa kencang saat hamil. Namun, solusi yang tepat akan membantu Kamu melewati masa-masa ini dengan lebih nyaman. Terapkan tips-tips diatas dan gunakan pakaian yang sesuai dari Belly Bandit agar sensasi perut kencang saat hamil tidak lagi menjadi masalah.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo