Perut Kembung pada Bayi: Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Bayi menangis sambil menggeliat terus bisa jadi gejala kembung. Kenali gejalanya dan tangani dengan tepat perut kembung pada anak.

Kembung menjadi salah satu hal yang umum terjadi baik pada orang dewasa, anak-anak, bahkan bayi. Penyebab utama perut kembung pada bayi adalah kelebihan gas dalam sistem pencernaannya.

Walaupun kembung pada bayi adalah hal yang wajar, Mommy tetap harus tahu apa penyebab, gejala, cara mengatasi, dan mencegahnya. Pasalnya, si Kecil belum tahu apa yang harus dilakukan ketika merasakan tidak nyaman di perutnya. Berbeda dengan anak-anak dan orang dewasa yang bisa langsung memberitahukan apa yang ia rasakan.

Simak ulasan seputar perut kembung yang terjadi pada si Kecil.

Penyebab Perut Kembung pada Bayi

Penyebab perut kembung bayi yang utama adalah masuknya udara yang berlebihan ke dalam perutnya. Lalu apa yang bisa membuat udara masuk ke perut bayi? 

1. Posisi Menyusui yang Salah

Coba Mommy perhatikan, apakah ketika menyusui ada sedikit rongga antara puting dan mulut bayi? Jika ada, maka Mommy salah posisi menyusui dan hal ini bisa membuat udara masuk yang membuat perut bayi kembung.

2. Konsumsi Sayuran Tertentu

Mengonsumsi sayuran yang bergas juga bisa membuat si Kecil mengalami kembung. Oleh karenanya, ketika memberikan MPASI, sebaiknya hindari memilih sayuran yang banyak mengandung gas. Contoh sayuran yang banyak mengandung gas adalah kembang kol dan asparagus.

3. Menangis Terlalu Lama

Ketika bayi menangis, tentu ia akan membuka mulutnya, bukan? Ini juga bisa membuat udara secara tidak sengaja masuk ke dalam perutnya. Setelah bayi menangis lama, biasanya perutnya akan kembung.

4. Intoleransi Terhadap Protein Susu

Pemberian susu formula yang tidak sesuai juga bisa menyebabkan perut bayi menjadi kembung. Hal ini terjadi jika si Kecilmempunyai intoleransi terhadap protein susu. Jika terjadi intoleransi protein susu, biasanya tidak hanya kembung saja, namun sistem pencernaan si Kecil juga terganggu.

Gejala Perut Kembung pada Bayi

Bayi akan memberikan gejala khusus ketika merasakan ketidaknyamanan di perutnya atau ketika perutnya kembung. Gejala perut kembung bayi yang sering muncul, yaitu:

  • Sering mengeliat
  • Wajahnya tampak lebih mengkerut seperti menahan sesuatu
  • Lebih rewel dan sering menangis
  • Sering menarik kaku sampai ke dada

Cara Mencegah dan Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Bagaimana jika si Kecil mengalami perut kembung? Ada beberapa cara mencegah dan mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa Mommy lakukan yaitu:

1. Membantunya untuk Bersendawa

Untuk mengatasi perut kembung pada bayi, Mommy bisa membantunya untuk bersendawa, dengan cara:

  • Tempatkan bayi di bahu dengan menghadap ke belakang, lalu pijat punggung bayi dengan lembut sampai ia bersendawa.
  • Mommy juga bisa menempatkan bayi di pangkuan, lalu miringkan perlahan ke samping menuju perut Mommy. Selanjutnya, pegang rahang si Kecil secara perlahan dan pijit punggungnya.

Mommy bisa memilih salah satu cara menyendawakan si Kecil di atas.

2. Membantunya untuk Kentut

Mommy juga bisa membantunya mengeluarkan gas dari kentutnya. Untuk membantu si Kecil kentut, Mommy bisa membaringkan si Kecil lalu angkat kedua kakinya dan putar perlahan seperti mengayuh sepeda. Lakukan sampai si Kecil kentut.

3. Tempatkan Dot dengan Benar

Jika Mommy menggunakan dot untuk memberikan susu kepada bayi sebaiknya tempatkan dotnya dengan benar. Pastikan tidak ada rongga di mulut agar udara tidak bisa masuk dan menyebabkan kembung.

4. Perhatikan Konsumsi Makanannya

Memperhatikan makanan MPASI yang diberikan juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah kembung pada perut bayi. Hindari makan makanan yang bergas.

5. Olesi dengan Krim Penghangat

Cara efektif dan mudah untuk mengatasi perut kembung pada bayi adalah mengoleskan krim penghangat di perutnya. Gunakan krim penghangat perut bayi yang terbuat dari bahan organik, seperti Buds Organics Calming Rub Cream.

Terbuat dari bahan organik yang sudah tersertifikasi Ecocert sehingga aman untuk si Kecil. Selain itu, krim ini juga bisa membantu menjaga kelembapan kulit bayi dan membuat si Kecil lebih nyaman ketika tidur. Calming Rub Cream terbebas dari pewangi buatan dan bahan kimia berbehaya sehingga aman untuk semua jenis kulit bayi yang cenderung sensitif.

Nah, perut kembung pada bayi tergolong hal yang wajar dan Mommy bisa langsung mengatasinya dengan cara-cara di atas. Namun Mommy perlu waspada ketika bayi kembung disertai dengan muntah dan gejala lain, seperti diare. Segeralah bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo