5 Cara Mengatasi Perut Buncit Setelah Melahirkan

Kehamilan dapat mengakibatkan perubahan pada kulit. Meskipun sebagian besar perubahan itu akan hilang setelah melahirkan, terkadang kulit kendur tetap akan muncul. 

Selain itu, hal yang sangat umum terjadi setelah melahirkan adalah perut buncit yang tak kunjung rata. Tentunya ini membuat Kamu merasa tidak nyaman dan menurukan tingkat kepercayaan diri terutama dalam berpenampilan.

Namun jangan khawatir, ada banyak cara mengatasi perut buncit setelah melahirkan, mulai dari diet sehat, olahraga, dan menggunakan bebat perut berkualitas. Simak lebih lanjut penyebab dan perawatan perut buncit setelah melahirkan berikut ini.

Apa Penyebab Perut Buncit Setelah Melahirkan?

Selama kehamilan, rahim beserta ligamen, kulit, dan otot di sekitar perut meregang dengan signifikan. Bahkan kondisi ini berdampak hingga beberapa bulan setelah melahirkan. Ketika menggendong si Kecil, perut masih terlihat besar, seperti hamil beberapa bulan.

Hal ini muncul karena perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Perubahan hormon tersebut menyebabkan rahim berkontraksi. Selain itu, sel-sel dalam tubuh yang membengkak selama kehamilan mulai melepaskan kelebihan cairan melalui urine, sekresi vagina, dan keringat.

Berapa Lama Mengecilkan Perut Buncit Pasca Melahirkan?

Beberapa ibu mungkin hanya memerlukan 4 bulan untuk mengecilkan perutnya. Namun, kasus lainnya membutuhkan waktu yang lebih lama dengan pendekatan yang berbeda agar perut kembali seperti sebelum melahirkan. 

Sebenarnya hal ini cukup normal, mengingat otot-otot perut meregang selama sembilan bulan. Berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi cepat dan lambatnya perut mengecil setelah melahirkan.

  • Ukuran perut sebelum kehamilan
  • Banyaknya penambahan berat badan yang terjadi salama hamil
  • Aktivitas fisik setelah melahirkan
  • Faktor genetik

Pakar pun menyebutkan bahwa proses mengecilkan perut akan lebih mudah apabila penambahan berat badan tidak lebih dari 13 kilogram selama kehamilan. Selain itu, rutin berolahraga selama kehamilan dan memberikan ASI berkontribusi dalam mengecilkan perut setelah melahirkan.

Bagaimana Cara Mengatasi Perut Buncit Setelah Melahirkan?

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi perut buncit setelah melahirkan. Dengan menerapkan beberapa hal berikut ini secara konsisten, perut pun akan mengecil. 

Namun, perlu diingat bahwa hasilnya berbeda satu sama lain. Kesabaran dan ketelatenan adalah kunci dari keberhasilan mengecilkan lingkar perut pasca melahirkan.

Simak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut buncit pasca melahirkan berikut ya.

1. Memberikan ASI

Salah satu rahasia mengecilkan perut buncit pasca melahirkan adalah menyusui dengan ASI eksklusif. Memberikan ASI eksklusif dapat membantu membakar kalori hingga 500 kalori per hari, sehingga penurunan berat badan pun lebih cepat daripada jika memberikan susu formula. 

Oleh karena itu, jika kondisi memungkinkan, berikan ASI eksklusif hingga usia 2 tahun.

2. Adopsi Pola Diet Sehat

Mengatur pola dan porsi makan adalah hal yang wajib dilakukan, apalagi jika ingin mengecilkan lingkar perut. Selain konsumsi makanan tinggi serat, sebaiknya juga memperhatikan porsi yang masuk ke tubuh. Dengan begitu, pencernaan pun lancar dan berat badan pun terkontrol.

3. Kardio

Olahraga akan menjadi hal yang wajib dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Apabila ingin menurunkan lingkar perut yang buncit, sebaiknya Kamu rutin berolahraga. 

Namun, akan lebih baik lagi jika memasukkan kardio di setiap sesi olahraga agar berat badan segera menurun. Selain itu, untuk mengatasi otot perut yang meregang, lakukan berbagai gerakan yang mengencangkan otot perut.

 4. Latihan Pernapasan

Tahukah Kamu bahwa latihan pernapasan bisa membantu mengatasi perut buncit? Hal ini terjadi karena kegiatan ini mengaktifkan otot perut sehingga lebih kuat dan kencang setelah melahirkan. 

Selain itu, latihan pernapasan juga membantu pemulihan otot (diastasis recti) dan meningkatkan sirkulasi hingga detoksifikasi. Hasilnya, metabolisme tubuh pun semakin lancar dan membantu mengecilkan perut.

5. Gunakan Pembebat Perut

Salah satu tips mengatasi perut setelah melahirkan adalah dengan menggunakan pembebat perut berkualitas, seperti Belly Bandit Viscose from Bamboo Belly Wrap.

Produk ini dirancang khusus untuk membentuk kembali perut, pinggang, dan pinggul setelah melahirkan. Dilengkapi teknologi eksklusif PowerCompress™ untuk mengembalikan ukuran perut seperti sebelum kehamilan.

Selain memberikan support optimal pada otot punggung, kaki, dan core perut, produk ini juga dapat meminimalisir stretch mark. Tidak hanya itu, Belly Bandit Viscose secara efektif membantu mengatasi masalah otot perut yang mengalami pemisahan saat hamil yang sering disebut diastasis recti.

Nah, dengan menerapkan cara-cara diatas, permasalahan perut buncit setelah melahirkan akan lebih cepat terselesaikan. Perut akan kembali ke ukuran semula seperti sebelum kehamilan. Tunggu apa lagi? Rasakan manfaat Belly Bandit Viscose from Bamboo Belly Wrap sekarang juga!

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTN 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo