Moms, Begini Tahapan Perkembangan Janin Tiap Trimester

Dalam perjalanan panjang kehamilan selama sembilan bulan, janin akan mengalami perubahan yang luar biasa signifikan. Pada dasarnya, janin adalah sekumpulan sel kecil yang rapuh, namun seiring berjalannya waktu berkembang menjadi makhluk hidup yang penuh keajaiban. 

Memahami setiap tahapan perkembangan janin akan membuat Mommy memiliki bonding yang kuat, dan mengetahui apa yang terjadi di dalam rahim.

Tahap Perkembangan Janin

Janin mengalami banyak perubahan saat kehamilan. Tahapannya pun terbagi menjadi tiga trimester. Setiap trimester terdiri dari tiga bulan, yang mana memiliki gejala yang berbeda.  Berikut ini adalah perkembangan janin berdasarkan trimesternya.

Trimester Pertama

Tahap pertama kehamilan, atau trimester pertama, berlangsung dari konsepsi hingga 12 minggu. Pada periode ini, sel telur yang telah dibuahi akan berubah menjadi janin. 

Meskipun menyenangkan, perkembangan janin di trimester pertama juga seringkali disertai dengan gejala, seperti mual dan mudah kelelahan. Berikut adalah beberapa peristiwa penting yang terjadi pada tahapan ini:

Pra-ovulasi dan ovulasi terjadi di minggu pertama dan kedua. Peristiwa ini juga merupakan proses di mana sperma bertemu sel telur dan membentuk zigot.

Kemudian, pembuahan terjadi di minggu ketiga, di mana zigot sudah terbentuk dan bergerak menuju rahim. Pada minggu keempat, zigot menanamkan diri di lapisan rahim. Pada minggu ini embrio muncul dengan ukuran biji opium.

Janin mulai mendapatkan denyut jantung di minggu kelima, seiring dengan pembentukan organ-organ utama. Pada minggu berikutnya, embrio mulai berkembang dan otak pun mulai terbentuk. 

Lalu di minggu ke-7 hingga ke-12, perkembangan janin mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, mulai dari pembentukan alat kelamin hingga fitur wajah yang makin jelas.

Trimester Kedua

Perkembangan janin di trimester kedua, ditandai dengan mulai meredanya gejala awal kehamilan yang tidak nyaman. Selain itu, janin mulai terasa pergerakannya, apalagi ketika berputar di dalam rahim. Jenis kelamin janin biasanya juga sudah muncul ketika USG anatomi (minggu ke-20). Berikut ini adalah apa yang terjadi di trimester kedua.

Pada trimester kedua ini, perkembangan janin mulai terlihat dari janin yang mengisap jari serta mengeluarkan ekspresi wajah, tepatnya di bulan ke empat. Lalu, di bulan kelima janin akan bergerak lebih aktif lagi, bahkan jenis kelamin sudah muncul di USG. 

Mata janin akan mulai terbuka dan memberi respon terhadap suara ketika bulan ke-6 dan semakin peka terhadap rangsangan di bulan ketujuh. Pada akhir bulan ketujuh pula, janin berukuran sekitar 35 cm dan berat hingga 1,3 kg.

Trimester Ketiga

Perkembangan janin pada trimester ketiga, ditandai dengan pertambahan berat badan yang sangat cepat. Perkembangan janin di tahap ini bertujuan untuk mempersiapkan janin untuk kelahiran. Mulai bulan kedelapan, misalnya, otak tumbuh dengan lebih cepat dan sebagian besar sistem internalnya sudah berkembang dengan baik. 

Ketika memasuki bulan kesembilan, perkembangan janin semakin matang. Persiapan menuju persalinan pun semakin dekat karena janin sudah turun ke panggul. Apabila Mommy melihat dan mengalami tanda-tanda persalinan, hubungi dokter secepatnya.

Tips Menjaga Perut yang Membesar Saat Kehamilan

Perut yang semakin membesar karena perkembangan janin pada saat hamil, mengharuskan Mommy memberikan perawatan ekstra. Salah satu hal yang bisa Mommy lakukan adalah menggunakan pakaian dalam khusus kehamilan untuk menunjang kenyamanan dalam setiap perkembangan janin pada tahap kehamilan. Tentunya, pilihlah produk yang berkualitas tinggi seperti produk Belly Bandit-Belly Boost.

Produk yang satu ini juga memberikan banyak keunggulan, seperti:

  • Memberikan dukungan pada perut ibu hamil yang semakin membesar, sehingga mengurangi beban pada punggung.
  • Mengatasi varises pada area kewanitaan, sehingga aliran darah tetap lancar.
  • Bahannya stretchy dan dapat menyesuaikan dengan perkembangan janin.
  • Terbuat dari material WonderWeave™ untuk menjaga krim yang dioleskan ke perut. Kulit pun akan tetap lembap dan menurunkan risiko stretch mark.
  • Pakaian ini memiliki built-in belly support yang memberikan tambahan dukungan pada perut, menjaga posisi yang nyaman, dan mengurangi tekanan pada punggung.
  • Belly Bandit Belly Boost terbuat dari material yang halus dan memberikan ruang bernafas bagi kulit. Hal ini menjaga kesejukan dan kenyamanan kulit selama kehamilan.

Banyaknya manfaat dari Belly Bandit Boost, pakaian ini menjadi pilihan yang tepat untuk ibu hamil. Selain memberikan dukungan yang optimal, ibu hamil pun merasa lebih nyaman karena resiko nyeri punggung selama kehamilan menurun. Nikmati proses perkembangan janin setiap trimesternya dengan menggunakan Belly Bandit Boost dan dapatkan manfaat optimalnya.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTN 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo