Ini 5 Keluhan dan Tips Perawatan Pasca Melahirkan Normal

Setelah melahirkan secara vaginal atau normal, tubuh membutuhkan waktu untuk pulih sepenuhnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan pasca melahirkan normal agar proses tersebut berjalan dengan lancar.

Kondisi apa saja yang mungkin akan dialami setelah melahirkan secara vaginal, dan bagaimana cara penangannya? Simak informasi lengkapnya berikut.

Pentingnya Perawatan Pasca Melahirkan

Pada umumnya, para ibu yang melahirkan secara vaginal sudah boleh pulang ke rumah dalam waktu 24 jam setelah persalinan. Namun, mereka tetap harus memperhatikan kondisi tubuh di rumah.

Masa pemulihan setelah bersalin, alias masa nifas, merupakan fase yang sangat krusial. Pasalnya, di fase ini, terdapat potensi komplikasi yang berisiko jika dibiarkan, misalnya saja perdarahan atau infeksi. Bahkan, jika diabaikan, hal ini bisa mengakibatkan kematian.

Meski begitu, bukan berarti Kamu perlu merasa cemas. Selama Kamu melakukan perawatan pasca melahirkan atau postpartum care dengan tepat, komplikasi tersebut bisa diminimalisir, bahkan dicegah.

Selain itu, waktu pemulihan pasca melahirkan normal pun relatif singkat, yakni 2 hingga 6 minggu setelah melahirkan. Setelah waktu tersebut, Kamu bisa beraktivitas seperti semula.

Keluhan Efek Pasca Melahirkan Normal dan Cara Mengatasinya

Apa saja kondisi tubuh yang mungkin timbul setelah melahirkan secara vaginal? Berikut penjeasannya;

1. Nyeri dan Gatal pada Vagina

Adanya luka robekan atau sayatan merupakan hal yang tidak asing dalam proses persalinan vaginal. Hal ini karena bukaan vagina kurang elastis, ataupun kepala bayi yang terlampau besar.

Luka tersebut berpotensi menimbulkan rasa nyeri, terutama pada perineum, yakni area antara vagina dan anus. Selain itu, dalam proses penyembuhannya pun, tak jarang ada rasa gatal.

Keluhan ini bisa berlangsung selama 7-10 hari setelah melahirkan. Tips perawatan pasca melahirkan untuk kondisi ini adalah meletakkan kantong es pada area yang nyeri serta membasuh vagina dengan air hangat saat buang air kecil. Selain itu, hindari duduk di kursi yang keras terlalu lama.

2. Terjadi Perdarahan

Tidak sedikit para ibu yang mengalami perdarahan setelah melahirkan normal. Tapi, apakah perdarahan post partum normal?

Perdarahan ini bisa dikatakan normal, dapat terjadi karena rahim perlahan-lahan kembali ke ukuran semula. Akibatnya, darah pada pembuluh darah yang terbuka di dinding rahim pun ‘diperas’. Dari sinilah perdarahan tersebut berasal.

Pada umumnya, perdarahan agak berhenti dalam waktu 5-6 minggu. Untuk mengurangi sensasi tak nyaman, perawatan pasca melahirkan yang tepat untuk kondisi ini yaitu menggunakan pembalut khusus nifas. Akan tetapi, jika perdarahan disertai dengan demam, bau tak sedap, lemas, serta nyeri hebat, sebaiknya segera hubungi dokter terdekat.

3. Rasa Tak Nyaman Saat Buang Air Kecil

Rasa tak nyaman setelah melahirkan juga bisa saja Kamu rasakan saat buang air kecil. Pasalnya, otot panggul yang menyokong kandung kemih tertarik atau terluka saat melahirkan. Akibatnya, bisa saja timbul rasa nyeri saat buang air kecil atau adanya ‘kebocoran’ urine saat tertawa atau bersin.

Kondisi ini biasanya berlangsung hanya dalam hitungan minggu. Perawatan pasca melahirkan untuk kondisi ini yaitu menggunakan pembalut serta melakukan senam kegel secara rutin guna mempercepat penyembuhan.

4. Konstipasi atau Hemorroid

Konstipasi, alias kesulitan buang air besar merupakan hal yang umum terjadi setelah melahirkan secara vaginal. Bahkan tak mungkin, hal ini menyebabkan hemoroid atau ambeien, akibat mengejan yang terlalu keras.

Upaya perawatan pasca melahirkan yang bisa dilaukan untuk mencegahnya yaitu dengan minum setidaknya 10 gelas air putih dalam sehari. Lalu, pastikan makan sayur, buah, serta biji-bijian yang tinggi serat. Terakhir, hindari makan makanan yang tidak boleh dimakan pasca melahirkan, seperti alkohol, kafein, dan makanan pedas.

5. Munculnya Gelambir Pada Perut

Perut buncit dan bergelambir kerap menjadi sumber rasa frustasi para ibu yang baru saja melalui proses persalinan. Pasalnya, hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri.

Gelambir pada perut timbul akibat proses perubahan ukuran rahim dari besar menjadi kecil kembali. Proses ini bisa berlangsung dalam waktu 6 minggu hingga 1 tahun, bergantung pada kondisi tubuh.

Untuk mengatasinya, Anda bisa konsisten melakukan olahraga, seperti yoga ataupun olahraga kardio ringan, misalnya jalan kaki atau berenang. Selain itu, Anda juga bisa rutin menyusui dan banyak minum air putih.

Untuk mengoptimalkan kembali bentuk tubuh, perawatan pasca melahirkan yang bisa Kamu lakukan yaitu dengan menggunakan Belly Bandit Mother Tucker Cincher.

Belly Bandit Mother Tucker Cincher terbuat dari kain berkualitas yang memberi rasa nyaman. Jadi, Kamu bisa bergerak secara leluasa tanpa memperlihatkan lipatan lemak di tubuh. Produk ini berfungsi untuk membentuk perut, pinggang, dan panggul agar terlihat lebih langsing meski baru melahirkan.

Perawatan pasca melahirkan normal tidaklah sulit, namun perlu dilakukan secara telaten. Selain itu, gunakan juga produk pendukung seperti Belly Bandit Mother Tucker Cincher agar aktivitas harian Kamu lebih menyenangkan.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo