6 Penyebab Ruam pada Bayi dan Cara Tepat Mengatasinya

Ruam pada bayi dapat mengakibatkan gatal dan sangat mengganggu, sehingga membuatnya tak nyaman. Pada dasarnya, kulit bayi memang lebih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa, sehingga cenderung lebih mudah terjadi ruam, iritasi, atau alergi. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan mengenai alasan kulit bayi lebih sensitif daripada orang dewasa hingga faktor penyebab ruam pada bayi yang wajib diketahui setiap orang tua!

Mengapa Kulit Bayi Lebih Sensitif dari Orang Dewasa?

Epidermis kulit bayi terdiri dari beberapa lapisan sel yang lebih tipis dan belum sepenuhnya matang dibandingkan orang dewasa. Stratum korneum dan epidermis bayi ditemukan 30% dan 20% lebih tipis daripada orang dewasa.

Pada kulit bayi, Sel Langerhans yang mengaktifkan sel T, yang berfungsi mengatur respons imun tubuh terhadap mikroorganisme, belum sepenuhnya matang.

Studi menemukan bahwa konsentrasi lemak pada kulit bayi lebih rendah daripada kulit orang dewasa, yang menyebabkan kulit bayi lebih rentan terhadap kekeringan dan iritasi. Selain itu, pH kulit bayi cenderung asam dan lapisan kulit dalamnya lebih lembap, sehingga membuat kulit bayi rentan terhadap iritasi.

Akibatnya, kulit bayi pun jadi lebih sensitif terhadap zat-zat iritan seperti deterjen, pewangi, atau bahan kimia dalam produk perawatan kulit. 

6 Penyebab Ruam pada Bayi

Ada banyak jenis ruam pada bayi yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut adalah penyebab ruam pada bayi yang sering terjadi:

1. Ruam Popok

Menggunakan popok basah atau kotor terlalu lama dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Selain itu, gesekan popok dengan kulit akibat popok terlalu ketat juga menjadi salah satu faktor penyebab ruam pada bayi.

2. Reaksi Alergi

Bayi dapat mengalami reaksi alergi terhadap makanan, bahan kimia yang ada dalam produk perawatan kulit, pakaian, atau obat-obatan. Reaksi alergi ini biasanya disertai dengan gatal, kemerahan, atau muncul benjolan kulit.

3. Impetigo

Impetigo adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan sangat menular. Infeksi ini umum terjadi pada anak kecil dan menyebabkan gatal dan benjol pada kulit luar.

4. Eksim

Eksim atau dermatitis atopik menjadi salah satu penyebab ruam pada bayi yang paling sering terjadi. Eksim merupakan kondisi kulit yang sering terjadi pada bayi. Sekitar 25% anak-anak mengalaminya, di mana 60% merasakannya sejak tahun pertama kehidupan mereka. Ini bisa dipengaruhi oleh faktor genetik, alergi, kulit kering, atau reaksi terhadap iritasi tertentu.

5. Panas dan Keringat

Saat bayi berkeringat, keringat yang terperangkap di bawah pakaian atau di lipatan kulit dapat menyebabkan iritasi dan ruam.

6. Faktor Hormonal

Sekitar 20% bayi baru lahir mengalami ruam neonatal yang biasanya muncul dalam bentuk bintik-bintik merah kecil pada wajah seperti jerawat. Ruam ini terkadang juga muncul pada leher, punggung atau dada.

Penyebab ruam pada wajah bayi adalah perubahan hormon dan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Ciri-Ciri Ruam pada Bayi

Ketika bayi mengalami ruam, beberapa ciri atau gejala yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut:

  1. Kulit kemerahan pada area tertentu, seperti pantat, lipatan kulit, wajah, leher, atau seluruh tubuh bayi.
  2. Gatal atau rasa tidak nyaman pada kulit bayi yang menyebabkan bayi menjadi rewel atau sulit tidur.
  3. Munculnya bintik-bintik merah, benjolan kecil, atau lepuhan pada kulit bayi.
  4. Kadang terjadi perubahan warna kulit, misalnya menjadi lebih gelap atau lebih terang dari sekitarnya.
  5. Pada beberapa kasus, bayi dapat mengalami demam atau gejala lain yang terkait dengan infeksi.

Cara Mengatasi Ruam pada Bayi

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab ruam pada bayi, Mommy juga perlu tahu cara tepat untuk mengatasinya. Berikut beberapa cara yang bisa Mommy lakukan:

  1. Jaga kulit bayi tetap bersih dan kering, karena area lembap dan kotor merupakan tempat pertumbuhan ideal bagi bakteri dan jamur.
  2. Pilih popok sesuai dengan ukuran bayi, agar tidak terjadi gesekan dan meminimalkan iritasi kulit.
  3. Hindari menggunakan produk perawatan yang mengandung bahan kimia berbahaya, pewangi, dan pengawet buatan. Moms bisa menggunakan rangkaian produk perawatan yang aman dengan kandungan bahan organik untuk mengurangi resiko ruam bertambah parah, seperti produk dari Buds Organics.

Buds organics merupakan produk perawatan kulit untuk ibu dan bayi yang terbuat dari bahan-bahan organik berkualitas. Produk ini bebas pewangi, pengawet, dan bahan kimia berbahaya, serta sudah memiliki sertifikasi organik dari Lembaga Ecocert Prancis, sehingga terjamin aman untuk semua jenis kulit. Rangkaian produk Buds Organics khusus kulit sensitif yang bisa membantu mencegah dan mengatasi ruam pada si Kecil adalah sebagai berikut:

1. Buds Super Soothing Hydrating Cleanser

Buds Super Soothing Hydrating Cleanser merupakan produk sabun dan shampoo (2 in 1) yang efektif untuk membersihkan dan melindungi kulit dari bakteri, serta mencegah iritasi kulit si Kecil.

2. Deep Moisturising Cream

Deep Moisturising Cream merupakan daily lotion yang mampu menutrisi dan memberikan perlindungan dan kelembapan ekstra untuk kulit si Kecil setiap harinya.

3. Buds Super Soothing Rescue Lotion

Buds Super Soothing Rescue Lotion memiliki kandungan antioksidan yang mampu meningkatkan daya tahan kulit si kecil sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab peradangan kulit. Selain itu, juga mengandung prebiotik untuk membantu meredakan ruam ringan si Kecil

4. Buds Super Soothing Intensive Cream

Buds Super Soothing Intensive Cream memiliki kadar organik yang jauh lebih tinggi, sehingga dapat membantu meredakan ruam berat yang dialami si Kecil secara efektif.

Nah, sekarang Mommy sudah tahu apa saja penyebab ruam pada bayi. Segera atasi ruam si Kecil dengan mengikuti tips-tips di atas bersama produk perawatan dari Buds Organics secara rutin. Ruam hilang, si Kecil senang, ibu pun tenang!

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo