Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Punggung saat Hamil

Sakit punggung merupakan salah satu hal normal yang dialami oleh ibu hamil. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan informasi seputar penyebab sekaligus cara mengatasi sakit punggung saat hamil.

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasi nyeri punggung saat hamil, akan lebih baik jika Anda memahami terlebih dahulu apa penyebabnya.

Penyebab Sakit Punggung saat Hamil

Nyatanya, sakit punggung saat hamil tidak hanya dirasakan oleh ibu hamil yang telah memasuki usia kandungan mendekati persalinan. Akan tetapi, ibu hamil yang usia kandungannya masih muda pun juga bisa merasakan nyeri punggung.

Lalu, kira-kira penyebabnya apa ya?

Saat hamil, Anda akan mengalami banyak perubahan pada tubuh wanita. Mulai dari hormon hingga ke perubahan otot. 

Secara tidak langsung, hal ini juga akan memicu nyeri di bagian-bagian tertentu termasuk di pinggul, sendi, tulang panggul, serta area punggung bagian bawah. Biasanya rasa nyeri ini akan muncul, jika Anda sudah memasuki periode trimester ketiga.

Selain itu, terdapat berbagai faktor lainnya yang menjadi penyebab munculnya nyeri di area punggung saat Anda sedang hamil. Berikut Penjelasannya!

  • Adanya Pertumbuhan Bayi

Tentu saja, penyebab utama Anda mengalami sakit punggung karena adanya pertumbuhan bayi di dalam rahim.

Semakin bertambahnya usia kandungan, maka bayi di dalam rahim Anda pun turut berkembang. Janin akan mulai membentuk organ satu per satu, sehingga ukurannya akan semakin besar. 

Dengan bertambahnya berat si Kecil, maka secara tidak langsung saraf di area punggung Anda akan terjepit. Hal inilah yang menjadi pemicu nyeri punggung pada ibu hamil.

  • Kurangnya Bergerak dan Olahraga

Selanjutnya, ibu hamil juga dapat mengalami nyeri di area punggung karena jarang bergerak dan olahraga. 

Seperti yang sudah umum kita ketahui, ibu hamil tidak disarankan untuk melakukan kegiatan yang berat. Akan tetapi, melakukan olahraga kecil atau yoga kehamilan sangat dianjurkan agar mencegah timbulnya nyeri punggung pada ibu hamil.

  • Adanya Perubahan Berat Badan

Salah satu hal mencolok yang Anda rasakan saat hamil pastinya adalah peningkatan berat badan.

Namun, dengan adanya perubahan berat badan ini dapat menyebabkan nyeri pada tulang punggung bagian bawah Anda. Hal ini karena tulang belakang yang berfungsi sebagai penopang tubuh, harus menambah bebannya seiring dengan bertambahnya bobot tubuh Anda.

Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Setelah mengetahui penyebab nyeri punggung pada ibu hamil, berikut tips yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi sakit punggung saat hamil,

  • Ikuti Yoga Kehamilan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri punggung dengan mengikuti kelas yoga kehamilan. Dengan demikian, Anda dapat melakukan olahraga sekaligus terapi kehamilan. yoga kehamilan juga baik untuk melancarkan sirkulasi darah, memperbaiki postur tubuh, serta meminimalisir stress dan cemas saat hamil.

  • Mengompres Area yang Nyeri

Selanjutnya, cara untuk meminimalisir rasa nyeri pada ibu hamil adalah dengan mengompres bagian tubuh Anda yang nyeri dengan air hangat. Sehingga otot-otot Anda menjadi lebih rileks.

  • Menggunakan Sabuk Penyangga Khusus

Berikutnya, Anda juga dapat menggunakan sabuk penyangga punggung khusus untuk ibu hamil. Menurut Journal of Pregnancy, pengguaan sabuk penyangga kehamilan akan meredakan rasa sakit pada punggung dan memperbaiki postur tubuh Anda.

Salah satu contoh sabuk penyangga khusus yang dapat Anda coba adalah Belly Bandit 2 in 1 Bandit. Sabuk khusus ini dapat men-support tubuh Anda selama maupun setelah masa kehamilan.

2 in 1  Bandit berfungsi untuk mengangkat sekaligus mendukung perut ibu hamil yang mulai membesar, mengurangi tegang, nyeri, dan ketidaknyamanan pada otot dan sendi. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengurangi tekanan pada kandung kemih dan meningkatkan stabilitas postur tubuh Anda yang melemah selama masa kehamilan.

Dengan adanya sabuk khusus ini, maka ibu hamil dapat segera menstabilkan area pinggul, panggul, dan punggungnya setelah masa persalinan. Tidak hanya itu, 2 in 1 Bandit juga dapat membantu persendian kembali ke posisi awal sebelum kehamilan secara perlahan.

Nyeri punggung saat hamil memang umum terjadi dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda bisa menerapkan berbagai cara di atas, agar Anda nyaman dan aman selama menjalani masa kehamilan. Apabila sakit punggung terus berlanjut, segera konsultasikan ke dokter.

Share this article
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo