Penyebab Sekaligus Cara Mengatasi Kerak di Kulit Kepala Bayi

Salah satu masalah pada kulit kepala bayi adalah timbulnya Cradle cap, yaitu lapisan atau bercak mirip kerak berwarna putih atau kekuningan yang tebal dan sedikit berminyak. Kerak ini menempel di kulit bayi dan tidak mudah dihilangkan.

Apa sih cradle cap itu? Tidak jarang orang tua mengira bahwa ini adalah ketombe, atau bawaan dari air ketuban. Nyatanya bukan loh, secara medis cradle cap disebut juga dengan dermatitis seboroik.

Dermatitis seboroik dapat muncul pada bayi di usia antara 2 minggu hingga 12 bulan. Biasanya dimulai di kepala, dahi, wajah, di belakang telinga, dan di area popok serta area lipatan kulit lainnya. Dermatitis seboroik mungkin terlihat tidak nyaman atau seperti iritasi. Tetapi hal ini umumnya tidak menyebabkan gatal dan tidak mengganggu bayi.

Penyebab dan Cara Mengatasi Cradle cap (Dermatitis Seboroik)

Penyebab pasti cradle cap tidak diketahui, kemungkinan besar karena kombinasi berbagai hal. Misalnya, terlalu banyak minyak kulit (sebum) kelenjar minyak di folikel rambut dan adanya sejenis jamur yang ditemukan di kulit kepala si Kecil yang disebut Malassezia. Jamur inididuga berperan dalam perkembangan dermatitis seboroik.

Cradle cap dan dermatitis seboroik pada bayi biasanya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan. Namun, Mums bisa mempercepat menghilangkannya dengan melakukan perawatan di kulit kepala bayi dengan benar.

Beberapa perawatan kulit kepala bayi yang perlu Mums lakukan di antaranya:

1. Mencuci rambut bayi sekali sehari dengan sampo bayi yang lembut dan bebas perih di mata.

2. Mums bisa menghapus kerak di kepala bayi dengan lembut menggunakan sikat lembut khusus kepala bayi.

3. Jika sisik dan kerak tidak mudah lepas, oleskan minyak khusus ke kulit kepala bayi Mums. Biarkan minyak meresap selama beberapa menit hingga beberapa jam, jika kerak sangat tebal. Kemudian gunakan sikat lembut atau sikat gigi untuk menghilangkan keraknya, dan setelah itu cuci rambut bayi seperti biasa.

Namun jangan asal pilih sampo dan minyak rambut ya Mums. Pilihlah yang terjamin aman dan efektif mengangkat kerak dan meredakan cradle cap, seperti Buds Organics Flaky Scalp Oil & Cleansing Lotion. Sampo dan minyak khusus penghilang cradle cap ini efektif untuk mengatasi kerak pada kulit kepala si Kecil. Keduanya sudah tersertifikasi organik oleh Ecocert dan terjamin aman digunakan si Kecil. Hal ini karena keduanya terbuat dari bahan organik, tidak mengandung pewangi dan pengawet buatan, bebas bahan kimia berbahaya. Selain itu minyak dan sampo ini juga sudah mendapatkan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Selain efektif menghilangkan kerak di kulit kepala bayi, keduanya juga melindungi dan menjaga kulit bayi yang sensitif.  Buds Organics Flaky Scalp Oil & Cleansing Lotion juga membantu mengangkat sel kulit mati, melembapkan, dan menutrisi kulit si Kecil.

Untuk menghilangkan kerak di kulit kepala si Kecil, Mums bisa oleskan Flaky Scalp Oil ke kepalanya dan diamkan selama 30-60 menit. Kemudian pijat kepala si Kecil dengan lembut secara memutar agar keraknya tidak lepas dengan paksa. Menghilangkan kerak dengan paksa berpotensi menyebabkan kulit kepala anak menjadi luka. Selanjutnya Mums bisa gunakan Flaky Scalp Cleansing Lotion sebagai sampo, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Sekarang Mums sudah tahu kan bagaimana cara mengatasi cradle cap pada si Kecil. Segera atasi cradle cap anak sebelum keraknya menjadi lengket, tebal, dan sulit dibersihkan. Jangan paksa untuk menghilangkan kerak si Kecil dengan menggaruknya, karena bisa menyebabkan kulit kepala si Kecil berdarah dan infeksi. Jika dermatitis seboroik si Kecil sudah menunjukan gejala yang parah dan komplikasi, segera konsultasikan ke dokter.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo