Pentingnya Tidur Menyamping ketika Hamil Besar

Saat hamil, posisi tidur merupakan hal yang penting untuk Kamu perhatikan. Menurut National Sleep Foundation, tidur menyamping adalah posisi terbaik untuk kamu yang sedang hamil besar. Selain dapat memengaruhi kondisi kehamilan, posisi tidur menyamping ternyata juga dapat membantu ibu hamil menjadi lebih nyaman saat terlelap. Berikut penjelasannya!

Mengapa Tidur Menyamping?

Kamu mungkin penasaran mengapa ibu hamil lebih baik tidur menyamping daripada terlentang.

Untuk usia yang baru memasuki trimester pertama, umumnya ibu hamil masih dapat tidur dengan posisi terlentang. Namun, ketika ibu hamil sudah memasuki trimester kedua, maka posisi tidur terlentang tidak disarankan lagi. Malah, sebaiknya tidak dilakukan sama sekali.

Alasan utama mengapa ibu hamil tidak boleh tidur terlentang adalah adanya risiko tekanan pada pembuluh darah yang menghambat aliran darah sampai ke janin. 

Selain itu, tidur dengan posisi terlentang juga dapat meningkatkan risiko aliran darah balik. Hal ini dapat menyebabkan ibu hamil mengalami detak jantung yang terlalu cepat, pusing, hingga sesak napas.

Lalu, posisi tidur menyamping seperti apa yang disarankan untuk ibu hamil?

Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil

Posisi tidur terbaik untuk ibu hamil adalah tidur menyamping ke kiri. Ternyata, ada alasannya mengapa tidur menyamping ke kiri lebih baik daripada ke kanan.

Posisi tidur ke kiri dinilai baik karena dapat mendukung kelancaran aliran darah ke plasenta. Dengan demikian, janin akan mendapatkan aliran darah dalam jumlah optimal tanpa adanya hambatan.

Tidak hanya itu, posisi tidur menyamping ke kiri juga baik untuk mencegah risiko terhimpitnya organ hati oleh rahim. Hal ini karena hati berada di bagian kanan perut.

Nah, sekarang Kamu telah mengetahui posisi tidur yang aman untuk ibu hamil. Selanjutnya, ada berbagai cara yang dapat Kamu lakukan untuk meningkatkan rasa nyaman dan aman saat tidur. Ini caranya!

Cara Membuat Posisi Tidur yang Nyaman untuk Ibu Hamil

  • Gunakan Bantuan Bantal

Pertama, Kamu dapat menggunakan bantuan bantal saat tidur.

Bantal dapat Anda letakkan di bawah bagian perut serta di antara lutut. Hal ini bertujuan untuk menjaga posisi tidur ibu hamil agar tetap menyamping. Lalu, tambahkan bantal di sisi tubuh bagian bawah. Bantal tersebut akan membantu posisi dada sedikit terangkat sehingga Kamu dapat terhindar dari sesak napas saat tidur.

Terakhir, posisikan bantal di kepala lebih tinggi daripada bagian tubuh lainnya. Hal ini penting dilakukan karena dapat mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan.

  • Gunakan Bantal Khusus Ibu Hamil

Selain menggunakan bantuan bantal biasa, Kamu juga dapat menggunakan bantal khusus ibu hamil. Umumnya, bantal khusus ini memiliki desain yang secara optimal membantu ibu hamil untuk tidur lebih nyaman. Salah satu bantal khusus ibu hamil yang bisa Kamu coba adalah Belly Bandit Sleep On Side.

Sleep On Side merupakan salah satu bantal khusus ibu hamil yang dapat mendukung aliran oksigen dan darah agar tetap optimal ke bayi. 

Bantal ini juga didesign secara eksklusif dengan bahan yang aman dan nyaman. Ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Kamu loh, sehingga risiko salah tidur dapat diminimalisir.

  • Gunakan Pakaian Khusus Hamil

Pakaian yang digunakan dapat menjadi faktor penting untuk menentukan kenyamanan Kamu saat tidur.  Pakaian yang disarankan sebaiknya memiliki bahan yang lembut dengan sirkulasi udara yang optimal (breathable). Tidak hanya itu, sebaiknya pakaian yang Kamu gunakan saat hendak tidur juga memiliki lapisan (layer) tambahan pada bagian perut, guna melindungi janin saat Kamu sedang terlelap.

Salah satu pakaian yang bisa Kamu coba adalah Belly Bandit Flawless Belly. Pakaian ini dapat memberikan perlindungan ekstra (lapisan ekstra pada perut), mengangkat dan mendukung perut secara lembut, serta meredakan kering dan gatal pada kulit saat masa kehamilan.

Selain itu, Flawless Belly juga dapat membantu mengurangi stretch mark.Dengan bahan WonderWeave yang lembut dan breathable, Flawless Belly dapat menjaga agar krim atau lotion bebas stretch mark yang digunakan tetap terserap di bagian yang diinginkan dan tidak berpindah ke pakaian.

Nah, Kamu sudah tahu kan bagaimana posisi dan cara tidur yang aman dan nyaman ketika hamil besar. Kamu bisa terapkan posisi dan berbagai caranya untuk mendapatkan kualitas tidur yang nyaman dan optimal, serta kondisi janin tetap sehat dan terjaga.

Share this article
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo