Payudara Sakit Saat Menyusui? Ini Cara Mengatasinya!

Menyusui tidak hanya menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, tetapi juga berguna untuk meningkatkan ikatan emosional antara ibu dengan anak. Selain itu, menyusui juga dapat mencegah si Kecil terserang berbagai penyakit, meningkatkan kecerdasan otak, serta melancarkan pencernaannya. Menyusui tidak hanya bermanfaat untuk anak, tapi ibu pun juga merasakan manfaatnya. Menyusui dapat menurunkan berat badan dan mengurangi stress setelah melahirkan.

Namun, tidak sedikit ibu yang merasakan nyeri pada payudara saat menyusui. Hal ini membuat beberapa dari mereka enggan untuk menyusui dan beralih menggunakan susu formula (tidak menyusui secara langsung). Padahal menyusui secara langsung memiliki nutrisi yang lebih baik dan lengkap dibandingkan nutrisi pada susu formula.

Penyebab payudara sakit saat menyusui

Payudara sakit adalah hal yang normal dialami oleh para wanita. Nyeri ini muncul biasanya saat menjelang dan selama menstruasi akibat terjadinya perubahan hormon. Saat masa menyusui, rasa nyeri disebabkan oleh produksi ASI yang meningkat dan menumpuk di payudara. Selain itu, berikut berbagai penyebab payudara sakit saat menyusui:

  • Infeksi jamur
  • Dermatitis
  • Bayi tumbuh gigi
  • Posisi bayi tidak tepat saat menyusui
  • Penggunaan bra yang tidak tepat.

Cara mengatasi payudara sakit saat menyusui

Terdapat beberapa cara mengatasi payudara sakit saat Anda sedang dalam masa menyusui. Apa saja? Berikut caranya!

1. Rutin menyusui anak

Beberapa hari setelah melahirkan, tubuh Anda akan memproduksi ASI. Proses ini akan membuat payudara membengkak dan tidak jarang menimbulkan nyeri. Untuk mengatasinya, pastikan untuk rutin menyusui anak sehingga ASI tidak menumpuk di payudara. 

Bila tidak dikeluarkan, penumpukan ASI dapat menyebabkan Anda demam bahkan berisiko mengalami mastitis (radang payudara). Selain menyusui, memompa ASI juga menjadi cara yang baik untuk mengurangi nyeri akibat penumpukan ASI.

2. Pastikan payudara tetap kering dan bersih

Setelah Anda menyusui, pastikan untuk membersihkan puting. Pasalnya, sisa ASI yang tidak dibersihkan dapat mempercepat pertumbuhan bakteri dan jamur. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab payudara menjadi nyeri. 

Namun apabila Anda sudah mengalami sakit atau luka pada area puting, berikut beberapa langkah untuk meredakannya:

  • Bersihkan puting dari bekas ludah anak dengan air bersih
  • Kemudian keringkan dengan handuk lembut secara perlahan
  • Gunakan kompres dingin maupun hangat di antara jam pemberian ASI
  • Oleskan krim atau lotion di sekitar puting.

Salah satu krim yang bisa Anda gunakan adalah Buds Organics Nursing Salve. Krim ini diformulasikan khusus untuk melindungi, memperkuat, meredakan nyeri maupun gatal akibat iritasi pada puting payudara.

Kandungan bahan alami didalamnya dibuat tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya, menjadikan krim ini lolos uji sertifikasi organik dari Ecocert. Hal ini menjamin kualitas dan keamanan Nursing Salve, walau tidak sengaja tertelan oleh bayi. Penggunaan Nursing Salve dapat Anda lakukan sesering mungkin, sebelum dan sesudah menyusui.

3. Memijat payudara

ASI yang tersumbat merupakan salah satu penyebab nyeri pada payudara. Memijat payudara dapat membantu melancarkan saluran ASI yang tersumbat dan meningkatkan produksi ASI Anda. Pijat payudara dengan gerakan memutar dan gunakan minyak pijat khusus agar hasil pijatan lebih maksimal. Anda bisa gunakan Buds Organics Breast Massage Oil sebagai salah satu minyak pijat payudara Anda.

Diperkaya dengan bahan organik, minyak pijat ini dibuat tanpa pewangi, pengawet, dan bahan kimia berbahaya lainnya. Ditambah lagi dengan sertifikasi Ecocert, Breast Massage Oil terjamin aman dan berkualitas untuk menjaga kesehatan dan meredakan nyeri payudara. Breast Massage Oil juga dapat membantu melembapkan payudara, mempermudah pijatan, dan membantu mencegah mastitis.

Cara penggunaannya cukup mudah. Tuangkan Breast Massage Oil secukupnya. Pijatkan ke payudara dengan gerakan memutar searah jarum jam dengan lembut sehabis menyusui.

4. Gunakan bra yang pas

Nyeri pada payudara dapat juga disebabkan oleh penggunaan bra yang tidak tepat. Bra yang terlalu ketat dapat menyebabkan lecet dan timbulnya ruam akibat sirkulasi udara yang buruk pada payudara. Bra yang terlalu ketat juga dapat memberikan tekanan berlebih pada payudara

Apalagi pada masa menyusui, Anda sebaiknya menggunakan bra dengan ukuran yang pas dan memiliki bahan yang lembut serta memiliki sirkulasi udara yang baik (breathable), seperti Belly Bandit Bandit Nursing Bra

Dengan bahannya yang super halus dan sirkulasi udara yang baik (breathable), bra ini dapat mencegah timbulnya lecet dan ruam payudara. Bandita Nursing Bra didesign seamless, tanpa kawat, serta mudah dibuka menggunakan satu tangan, sehingga Anda tidak perlu repot saat sedang menyusui si Kecil. Tidak hanya itu, bantalan empuknya dapat menyangga dan memberikan kenyamanan ekstra saat digunakan

Anda bisa menerapkan berbagai tipsnya untuk mengatasi nyeri payudara dengan konsisten, untuk mendapatkan hasil yang optimal. Pastikan untuk melakukan pencegahan dengan selalu membersihkan payudara, menggunakan bra yang tepat, memijat payudara, hingga menggunakan krim pelembap. Bila gejala nyeri tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Sumber: SehatQ

Share this article
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo