Moms Awas, Bahaya Paparan Sinar Matahari bagi Kesehatan Anak

Keberadaan sinar matahari memberikan sejumlah manfaat untuk bumi dan seisinya. Namun, di sisi lain, kita tidak bisa mengabaikan fakta bahwa terdapat bahaya paparan sinar matahari yang berlebihan. 

Simak lebih lanjut mengenai manfaat dan bahaya paparan matahari yang berlebihan, serta bagaimana mencegah efek negatifnya.

Apa Manfaat Sinar Matahari untuk Anak?

Sinar matahari, selain memberikan kehangatan dan kecerahan, ternyata menyimpan sejuta manfaat bagi tumbuh kembang anak. Namun, apa saja sebenarnya keuntungan yang diberikan oleh sinar matahari ini bagi si kecil?

1. Pembentukan Vitamin D

Salah satu manfaat paling terkenal dari sinar matahari adalah kemampuannya untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D. Ketika kulit anak terpapar sinar matahari, tubuh memulai proses produksi vitamin D. 

Nah, keberadaan vitamin yang satu ini sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

2. Meningkatkan Mood

Salah satu efek sinar matahari adalah meningkatkan produksi serotonin. Hormon yang satu ini membuat manusia merasa bahagia dan menaikkan mood secara umum. Oleh karena itu, penting mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup agar kesejahteraan emosional si Kecil terjaga.

3. Peningkatan Kualitas Tidur

Sinar matahari pagi, khususnya, dapat membantu mengatur ritme sirkadian tubuh. Selain menyehatkan kulit, sinar matahari juga membantu si Kecil untuk memiliki pola tidur yang baik.

4. Penguatan Sistem Kekebalan

Selain itu, paparan sinar matahari dalam jumlah yang cukup bisa meningkatkan sistem imun anak. Maka dari itu, sinar matahari membantu tubuh anak melawan berbagai penyakit.

5. Membantu Pertumbuhan Fisik

Sinar matahari berperan vital dalam proses kalsifikasi, mendukung pertumbuhan tulang anak yang sehat. Melalui sinarnya, anak-anak mendapat dukungan alami untuk tulang yang kuat dan tumbuh kembang yang optimal.

Namun, perlu Mommy pahami bahwa sinar matahari antara jam 10 pagi hingga 4 sore memancarkan sinar UV yang tinggi. Oleh karena itu, pastikan Mommy memahami pendekatan yang tepat agar si Kecil mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup tanpa membahayakan kulitnya.

Bahaya Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan untuk Anak

Sinar matahari memang memiliki manfaat bagi kesehatan, namun paparan yang berlebihan bisa membahayakan, terutama bagi anak-anak yang kulitnya masih sangat sensitif. Berikut adalah beberapa bahaya dari paparan sinar matahari yang berlebihan bagi anak.

  • Merusak lapisan kulit luar, sehingga kulit anak menjadi kemerahan dan bahkan terbakar. Apabila dibiarkan saja, maka kondisi ini bisa menjadi kanker kulit.
  • Sinar ultraviolet (UV) berkontribusi dalam penuaan dini dan bintik-bintik hitam.
  • Selain merusak kulit, sinar UV juga merusak mata. Salah satu resiko jangka panjangnya adalah katarak.
  • Sistem kekebalan tubuh pun ikut terganggu ketika terpapar sinar matahari yang berlebihan. Akibatnya, anak akan lebih rentan terhadap berbagai infeksi.
  • Dehidrasi.

Penting bagi orang tua untuk memahami sinar UV dan resikonya, apalagi untuk kesehatan anak. Oleh karena itu, sebaiknya Mommy membatasi jam bermain anak di luar ruangan, apalagi ketika sinar UV sedang tinggi-tingginya.

Cara Mengurangi Risiko Paparan Sinar Matahari Berlebih

Lalu, bagaimana cara mengurangi resiko sinar matahari berlebih dan paparan sinar UV? Berikut ini ada beberapa pencegahan paparan sinar matahari yang bisa Mommy terapkan untuk anak dan keluarga tercinta.

1. Gunakan Pakaian yang Melindungi Kulit

Untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang terik, kenakan pakaian berlengan panjang, celana yang menutupi kaki, dan topi berpinggir lebar. Pakaian ini menjadi benteng alami melawan paparan sinar matahari.

2. Hindari Sinar Matahari pada Jam Tertentu

Sebaiknya hindari terpapar sinar matahari langsung di antara jam 10 pagi hingga 4 sore, ketika matahari berada di puncak teriknya.

3. Gunakan Kacamata Hitam

Untuk menjaga mata dari radiasi UV yang berbahaya, gunakan kacamata hitam dengan perlindungan UV saat berada di bawah sinar matahari.

4. Pakai Tabir Surya

Langkah pertama yang yang paling penting adalah menggunakan tabir surya. Sebaiknya Mommy mengoleskan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan. Pastikan tabir surya yang digunakan memiliki SPF yang mencukupi, serta tidak mengandung bahan kimia berbahaya untuk kulit si Kecil, seperti produk Buds Organics Solar Care Lotion.

Jika Mommy mencari produk perlindungan matahari yang aman dan tepat untuk si Kecil, Buds Organics Solar Care Lotion patut menjadi pilihan. Dengan bahan organik yang telah tersertifikasi Ecocert, lotion ini tidak hanya melindungi tapi juga melembapkan dan menutrisi kulit anak. 

Kelebihannya tidak berhenti di situ; lotion ini juga tahan air, bebas dari pewangi buatan dan bahan kimia berbahaya, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk perlindungan optimal si Kecil. Selain itu, lotion ini memiliki SPF 25 yang efektif melindungi kulit anak dari radiasi sinar matahari saat bermain di luar ruangan.

Nah, Mommy sudah tau kan berbagai manfaat, bahaya, dan cara mengurangi risiko terpapar sinar matahari yang berlebih. Lindungi keluarga dari bahaya paparan sinar matahari dengan menerapkan tips di atas. Selalu gunakan tabir surya yang tepat dari Buds Organics ya!

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo