Normalkah, Nyeri Perut Bagian Bawah Setelah Melahirkan?

Nyeri perut bagian bawah pasca melahirkan seringkali menjadi perhatian banyak ibu baru. Apakah Kamu salah satunya? Mari kita bahas lebih lanjut untuk memahami apakah kondisi ini merupakan hal yang normal atau memerlukan perhatian medis lebih lanjut.

Penyebab Nyeri Perut Setelah Melahirkan

Nyeri perut bagian bawah setelah melahirkan mengacu pada rasa sakit dan tidak nyaman di bagian bawah perut. Berikut beberapa penyebab khusus rasa nyeri di perut bawah pasca persalinan.

  • Kontraksi Rahim: Setelah melahirkan, rahim akan berusaha kembali ke ukuran sebelum hamil. Proses ini seringkali diiringi dengan kontraksi yang menimbulkan nyeri.
  • Luka di Area Perineum: Bagi ibu yang menjalani episiotomi atau mengalami robekan saat melahirkan secara normal, area perineum (antara vagina dan anus) mungkin akan nyeri.
  • Masalah Pada Kandung Kemih: Setelah melahirkan, beberapa wanita mungkin mengalami iritasi atau infeksi pada saluran kemih. Hal ini bisa menyebabkan nyeri di bagian bawah perut.
  • Infeksi pada Rahim: Infeksi pada lapisan dalam rahim atau endometriosis bisa menyebabkan nyeri perut bagian bawah dan demam.
  • Sembelit: Ibu yang baru melahirkan dan mengalami sembelit biasanya akan mengalami rasa nyeri di perut bagian bawah. Rasa nyeri akan semakin terasa ketika berusaha buang air besar.
  • Masalah Pada Bekas Operasi Caesar: Jika Kamu melahirkan dengan metode bedah caesar, area bekas luka operasi di bagian bawah perut mungkin akan nyeri selama masa pemulihan.

Indikasi Nyeri Perut Pasca Melahirkan Sebagai Tanda-Tanda Bahaya

Meskipun umumnya normal, ada beberapa indikasi bahwa nyeri perut pasca melahirkan merupakan tanda-tanda bahaya, seperti:

  • Nyeri yang sangat intens meskipun sudah mengkonsumsi obat pereda nyeri.
  • Nyeri pada perut bawah terjadi bersamaan dengan demam, ini merupakan indikasi infeksi.
  • Terdapat pendarahan berat dan adanya gumpalan besar pasca melahirkan.
  • Aroma yang kuat dan tidak sedap dari vagina.
  • Tidak nyaman saat buang air kecil, bisa jadi merupakan gejala infeksi saluran kencing.
  • Sulit bernapas dan nyeri di dada.

Ketika merasakan nyeri perut bagian bawah setelah melahirkan, penting untuk memperhatikan gejalanya. Selain itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan assessment dan penanganan yang tepat.

Cara Mengatasi Nyeri Perut Bagian Bawah Pasca Melahirkan

Mengatasi nyeri perut bagian bawah setelah melahirkan memang bukan pekerjaan yang mudah. Setiap ibu memerlukan informasi dan tips mengurangi rasa sakit perut setelah melahirkan yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Kamu coba:

  • Obat Penghilang Rasa Sakit: Dokter mungkin meresepkan obat penghilang rasa sakit non-resep atau resep untuk mengurangi rasa sakit. Namun, pastikan untuk konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat apapun.
  • Kompres Hangat: Menggunakan bantal pemanas atau handuk yang direndam dalam air hangat dapat membantu meredakan nyeri perut bagian bawah.
  • Pijatan Lembut: Pijatan lembut di area perut dapat membantu meredakan ketegangan otot.
  • Latihan Kegel: Selain memperkuat otot-otot dasar panggul, latihan kegel juga membantu meredakan beberapa jenis nyeri perut.
  • Hindari Sembelit: Cegah sembelit dengan minum banyak air, mengkonsumsi makanan berserat tinggi, dan jalan-jalan ringan.
  • Beristirahat: Memastikan diri Kamu mendapatkan cukup istirahat adalah kunci dalam pemulihan pasca melahirkan. Selain itu, cobalah untuk berbaring dengan kaki yang sedikit terangkat untuk mengurangi nyeri perut.
  • Gunakan Bantal Saat Batuk atau Bersin: Menahan area yang sakit dengan bantal saat batuk atau bersin dapat membantu mencegah rasa sakit yang tajam.
  • Perawatan Alternatif: Metode seperti akupuntur atau terapi pijat mungkin bermanfaat bagi beberapa wanita. Namun, pastikan untuk konsultasi dulu dengan dokter.

Atasi Rasa Sakit Pasca Persalinan dengan Belly Bandit V-Cool

Saat menjalani fase pemulihan pasca melahirkan, mengerti tubuh Kamu sendiri adalah hal yang penting. Mencari solusi praktis dan efektif dalam mengatasi rasa nyeri setelah melahirkan, menjadi sebuah prioritas. Kompres hangat khusus bisa menjadi solusi terbaik mengurangi nyeri perut. Pastikan gunakan kompres dengan kualitas terbaik yang awet dan dapat digunakan berulang kali seperti Belly Bandit V-Cool.

Produk ini merupakan gel pack yang dapat diaplikasikan dalam kondisi dingin maupun panas. Selain itu, Kamu bisa menggunakannya berulang kali selama periode kehamilan hingga pasca melahirkan. 

Produk ini mampu mengurangi sakit dan pembengkakan pasca operasi caesar. Selain itu, gel pack ini juga dapat meredakan iritasi yang mungkin muncul dan mengurangi rasa gatal dan terbakar. 

Lebih dari apapun, mendengarkan sinyal dari tubuh adalah kunci kenyamanan. Oleh karena itu, carilah perawatan yang paling cocok dilakukan dan gunakan Belly Bandit V-Cool untuk mengatasi nyeri perut bagian bawah.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo