Mums, Ini Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak!

Manfaat kesehatan rumput laut memang sudah tidak diragukan lagi. Kandungan nutrisi rumput laut juga sangat baik untuk tumbuh kembang anak-anak, Mums. Jadi, memasukkan rumput laut sebagai salah satu makanan sehari-hari anak itu sangat baik.

Apa saja kandungan nutrisi rumput laut dan manfaatnya untuk tumbuh kembang si Kecil? Baca penjelasannya di bawah ini ya, Mums!

Manfaat Rumput Laut untuk Tumbuh Kembang Anak

Rumput laut kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Tidak heran jika rumput laut dianggap sebagai salah satu makanan yang paling bernutrisi. Berikut beberapa manfaat rumput laut untuk tumbuh kembang anak:

1. Kaya Nutrisi yang Dibutuhkan untuk Tumbuh Kembang Anak

Usia kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan penting sebelum anak beranjak dewasa. Anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi supaya bisa kuat dan sehat hingga ia dewasa nanti.

Ada banyak jenis rumput laut yang bisa dimakan dan menyehatkan, termasuk nori, wakame, dan kelp. Rumput laut nori sangat baik untuk tumbuh kembang anak karena kaya akan vitamin A, B1, B2, dan C, serta mineral seperti yodium. Selain itu, rumput laut nori juga merupakan sumber protein. 

2. Membantu Meningkatkan Pembekuan Darah

Rumput laut kaya akan vitamin K, yaitu nutrisi yang larut dalam lemak. Vitamin K bekerja dengan cara mengirim sinyal kimia yang menyebabkan trombosit membentuk pembekuan darah. Proses tersebut penting dalam proses pemulihan luka.

Seperti yang diketahui, anak umumnya aktif dan suka bermain, sehingga terkadang ia bisa jatuh dan terluka. Jika si Kecil memiliki asupan vitamin K yang cukup, maka luka akibat jatuh akan pulih dengan cepat.

3. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Anak-anak harus memiliki gigi dan tulang yang sehat. Nah, karena rumput laut kaya akan kalsium, maka mengonsumsi tumbuhan laut ini dapat membantu menjaga kekuatan gigi dan tulang si Kecil.

Kalsium juga penting dalam proses kontraksi otot dan kesehatan fungsi sistem saraf. Jadi, konsumsi rumput laut sangat baik untuk kekuatan tulang, gigi, otot, dan fungsi saraf si Kecil. 

4. Meningkatkan Energi

Anak-anak umumnya sangat aktif, sehingga mereka membutuhkan banyak energi setiap hari. Nah, rumput laut kaya akan zat besi yang bisa membantu tubuh mereka memproduksi energi untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu, zat besi di dalam rumput laut juga meningkatkan sistem sirkulasi tubuh, sehingga aliran darah berjalan lancar ke seluruh jaringan tubuh. 

5. Mencegah Kekurangan Zat Besi

Anemia yang paling umum disebabkan oleh kurangnya zat besi di dalam tubuh. Gejala anemia diantaranya kurang energi, sesak napas, dan kulit pucat. Ternyata, mengkonsumsi rumput laut dapat mencegah anemia akibat kekurangan zat besi.

Karena rumput laut kaya akan zat besi, maka konsumsi nya baik untuk tumbuh kembang anak, khususnya dalam mencegah anemia. 

6. Kaya Serat

Rumput laut merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan serat. Nutrisi ini juga sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Serat juga baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anak, karena membantu mencegah konstipasi. 

7. Mencegah Infeksi

Rumput laut memiliki bahan yang bersifat anti-bakteri, anti-virus, dan anti-inflamasi. Oleh sebab itu, mengkonsumsi rumput laut baik dalam mencegah infeksi dan alergi pada anak. Selain itu, rumput laut juga baik untuk meningkatkan kesehatan kulit anak karena dapat mencegah inflamasi, gatal-gatal, dan lainnya. 

Sumber : Teman Bumil

Share this article
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.

Woostify retina logo