Mums, Begini Cara Mudah Atasi Nyeri Punggung Saat Hamil!

Salah satu keluhan ibu hamil yang paling umum adalah nyeri di bagian punggung. Sekitar 50-80% ibu hamil pernah mengalaminya. Kondisi ini biasanya akan semakin memburuk seiring pertambahan usia kehamilan, terutama di trimester kedua dan ketiga, saat perut Mums kian membesar.

Meski nyeri punggung selama kehamilan adalah keluhan umum dan bukanlah masalah serius, kondisi ini tentu membuat Mums merasa tidak nyaman. Karenanya, yuk ketahui cara mengatasi nyeri punggung selama hamil melalui uraian berikut ini!

Penyebab Nyeri Punggung Selama Hamil

Biasanya, ibu hamil mengalami nyeri punggung pada bulan ketujuh atau kedelapan kehamilan. Meski begitu, ada pula yang mengalaminya sejak awal kehamilan. Beberapa faktor yang diduga menyebabkan nyeri punggung selama kehamilan antara lain:

1. Kondisi hormon selama kehamilan

Hormon kehamilan, seperti progesteron dan relaksin, akan membuat sendi serta ligamen mengendur, begitu pula dengan otot-otot di sekitar panggul. Kondisi ini pada akhirnya membuat tubuh sulit untuk menanggung beban tambahan, sehingga menyebabkan nyeri punggung.

2. Penambahan berat badan

Pada kondisi kehamilan sehat, Mums biasanya akan mengalami penambahan berat badan sesuai dengan rekomendasi dokter. Bobot yang bertambah akan memberi tekanan pada tulang belakang dan menyebabkan nyeri punggung. Selain itu, berat bayi dan rahim yang sedang tumbuh juga memberi tekanan pada pembuluh darah dan saraf di panggul serta punggung.

3. Perubahan postur

Kehamilan memberi efek pada perubahan pusat gravitasi tubuh. Akibatnya, tanpa disadari, Mums akan mengubah postur dan cara bergerak untuk menyesuaikan kondisi tersebut. Perubahan ini dapat menyebabkan ketegangan dan nyeri pada bagian punggung.

4. Terlalu sedikit atau terlalu banyak aktivitas

Duduk sepanjang hari tanpa aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko sakit punggung saat hamil. Di sisi lain, aktivitas fisik yang terlalu banyak juga dapat memicu nyeri punggung. Pada kondisi ini, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk rutin melakukan olahraga ringan untuk membantu mencegah sakit punggung selama kehamilan.

5. Stres

Stres emosional dapat menyebabkan ketegangan otot di punggung, yang dapat dirasakan sebagai nyeri punggung atau kejang punggung.

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Selama Hamil

Meski bukan masalah kesehatan serius, nyeri punggung selama kehamilan bisa sangat mengganggu. Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi nyeri punggung selama hamil yang bisa Mums lakukan di rumah.

1. Gunakan kompres hangat atau dingin

Baik kompres hangat atau dingin, keduanya dapat membantu mengurangi nyeri punggung. Namun perlu diingat, hindari penggunaan kompres pada bagian perut selama kehamilan.

2. Lakukan latihan fisik ringan

Latihan fisik terbilang efektif untuk memperkuat otot punggung, panggul, dan perut, sekaligus memperbaiki postur tubuh.

3. Perhatikan postur tubuh yang baik

Membungkuk membuat tulang belakang Mums menjadi tegang. Oleh karena itu, memperhatikan postur tubuh Mums selama bekerja, duduk, atau tidur menjadi langkah yang baik untuk mencegah nyeri punggung selama hamil. Misalnya, Mums dapat tidur dengan posisi miring sembari menaruh bantal di antara lutut atau menempatkan gulungan handuk pada bagian punggung untuk menyangga tubuh ketika duduk.

4. Gunakan maternity belt

Maternity belt atau sabuk penyangga selama hamil dapat menjadi salah satu solusi bagi Mums yang mengalami nyeri punggung selama hamil karena dapat membantu menyangga perut dan juga punggung.

Upsie Belly dari Belly Bandit bisa menjadi pilihan bagi Mums yang ingin mengatasi nyeri punggung selama hamil. Upsie Belly merupakan sabuk yang juga ditujukan untuk meredakan ketegangan di tubuh dan punggung.

Upsie_Belly_Teman_Bumil

Upsie Belly dibuat dari bahan eksklusif SecureStretchTM, yaitu bahan yang ramah lingkungan dan mengikuti perubahan bentuk tubuh Mums. Selain itu, bahan yang digunakan Upsie Belly juga merupakan bahan mewah viscone lembut yang terbuat dari bambu, sehingga dapat menyesuaikan dengan pertumbuhan perut Mums hingga 30,48 cm.

Upsie Belly dilengkapi dengan kantong kemasan kompres panas atau dingin di bagian belakang untuk menambah kenyamanan saat dipakai. Istimewanya lagi, Upsie Belly juga dapat dipakai setelah Mums melahirkan. Caranya, putar sabuk ke bagian depan dan letakkan kompres panas atau dingin di atas perut untuk mengatasi ketidaknyamanan Mums.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Upsie Belly dari Belly Bandit, Mums dapat langsung mengunjungi akun Instagram Belly Bandit (bellybandit_id). Upsie Belly Bandit juga telah tersedia di Shopee serta Tokopedia lho, Mums!

Sumber : Teman Bumil

Share this article
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.

Woostify retina logo