Manfaat, Tahapan, dan Solusi Praktis untuk Membuat MPASI Anak

Dalam 1000 hari pertama si Kecil, Mommy perlu memberikan MPASI yang berfungsi untuk menunjang pertumbuhannya. MPASI memberikan pemenuhan nutrisi yang baik bagi perkembangan tubuh si Kecil.

Sebagai orang tua, Moms wajib mengetahui seluk beluk MPASI. Mulai dari manfaat hingga solusi praktis untuk menyiapkan MPASI untuk si Kecil. Nah pas banget, Mommy bisa dapatkan semua informasinya di sini!!

Apa itu MPASI?

Makanan pendamping air susu ibu atau biasa dikenal dengan sebutan MPASI, merupakan makanan olahan penuh nutrisi yang diperuntukkan untuk bayi. Makanan ini harus memiliki tekstur yang lembut dan cocok untuk pencernaan bayi sesuai dengan usianya. 

Perlu Moms catat, MPASI merupakan makanan pendamping, bukan pengganti ASI ya. Jadi, ketika memberikan MPASI, pemberian ASI pun harus tetap Moms lakukan. Pemberian MPASI sangat penting untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil. ASI memang makanan terbaik untuk bayi, namun seiring bertambahnya usia, bayi juga memerlukan gizi lain, seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang lebih tinggi, yang tidak terdapat pada ASI. 

Selain itu, manfaat MPASI juga dapat membantu bayi beradaptasi dengan makanan. Si Kecil dapat mengasah kemampuan mengunyah, menelan, serta mencerna makanan secara perlahan.

Waktu yang Tepat untuk Memberikan MPASI

Mommy mungkin masih bingung, kapan waktu yang tepat untuk memberikan MPASI pada si Kecil. Moms dapat mulai memberikan MPASI pada si Kecil dengan usia 6 bulan.  Namun, apabila ada masalah pada kenaikkan berat badan, pemberian MPASI dapat Mommy lakukan lebih dini. Tentunya dengan saran dan hasil evaluasi dari dokter ya.

Sebelum memberikan MPASI, Anda harus melihat kesiapan bayi. Tanda-tanda bayi yang telah siap menerima MPASI, yaitu telah memiliki kemampuan untuk mengangkat lehernya sendiri, tanpa bantuan dari orang lain.  Selain itu, jika bayi telah menunjukkan ketertarikannya dengan makanan dan frekuensi memuntahkan makanan dari mulut berkurang, artinya si Kecil sudah siap memasuki fase MPASI.

Tahapan MPASI

Pemberian MPASI harus Moms lakukan secara bertahap agar bayi tidak kaget dan bisa beradaptasi dengan mudah. Pada tiap tahapan MPASI, menu yang Mommy berikan kepada bayi pun harus disesuaikan dengan usia bayi.

Frekuensi pemberian MPASI ini sama dengan frekuensi makan normal, yaitu 2-3 kali sehari. Seiring dengan bertambahnya usia bayi, Mommy juga bisa menyelingi waktu makan dengan snack yang tentunya bergizi. Berikut rincian MPASI sesuai dengan usia si Kecil:

1. Usia 6 Bulan

Apa MPASI pertama untuk bayi? Ini menjadi pertanyaan populer buat Moms yang baru memiliki anak. Untuk bayi berusia 6 bulan, Mommy bisa memulai dengan 2-3 sendok makan MPASI bubur kental (puree) yang telah tersaring hingga tidak ada bagian kasar.

2. Usia 7-8 Bulan

Untuk bayi usia 7-8 bulan, Moms bisa memberikan MPASI yang lebih kental atau hanya tersaring kasar. Jumlah MPASI dapat Moms tingkatkan secara bertahap sampai setengah mangkuk berukuran 250ml. Selain itu, bayi juga bisa mulai mengkonsumsi finger food sebagai snack.

3. Usia 9-12 Bulan

Bayi dengan rentang usia ini bisa mulai mengkonsumsi nasi, dengan porsi MPASI sekitar ½ sampai ¾ mangkuk 250 ml. Menu MPASI yang cocok adalah nasi tim dengan lauk cincang halus.

4. Usia 12-23 Bulan

Pada usia ini, bayi sudah bisa mengkonsumsi makanan yang sama dengan keluarga. Porsi makanannya pun lebih banyak, yaitu ¾  sampai satu mangkok 250 ml.

Selain itu, faktor penting yang harus Moms pastikan dalam pemberian MPASI adalah kelengkapan gizi dan kehigienisannya. Mommy perlu mengombinasikan jenis-jenis makanan agar gizi si Kecil tercukupi. Contohnya dengan mencampurkan protein, karbohidrat, serta buah dan sayuran ke dalam MPASI.

Selain itu, jangan lupa untuk pastikan menjaga kebersihan bahan dan proses pembuatan MPASI. Karena jika tidak, nanti bisa terkontaminasi bakteri, lho!

Nah, untuk Moms yang tidak sempat membuat MPASI, tenang saja, Mommy bisa berikan si Kecil Ivenet Sweet Potato Puree sebagai solusinya! 

Ivenet Sweet Potato Puree adalah MPASI alami yang terbuat dari 100% ubi Korea. Ubi Korea terkenal kaya akan antioksidan dan mengandung vitamin, mineral, dan serat yang tinggi. Dan tentunya berkualitas dan terjamin karena sudah bersertifikasi BPOM.

MPASI praktis ini baik bagi bayi usia 6 bulan ke atas, karena bahan utamanya telah manis secara natural, sehingga tidak ada penambahan pemanis dan pengawet buatan. Sweet Potato Puree tersedia dalam dua varian rasa, original dan banana.

Produk MPASI ini dapat Mommy simpan dan sajikan dengan praktis. Cukup dengan menghangatkannya di microwave ataupun menyajikannya secara dingin jika tersimpan di kulkas. Sweet Potato Puree bisa banget dibawa traveling karena kemasan dan proses pembuatannya yang anti repot dan sangat praktis.

Nah, sekarang Moms sudah tahukan seluk beluk tentang MPASI, mulai dari manfaat hingga solusi praktis dalam menyiapkannya. Terapkan tahapan dan solusinya dengan benar untuk membantu mendukung tumbuh kembang si Kecil semakin optimal. Selamat mencoba Moms!

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTN 0853-1111-1010

Copyright ©2024 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo