Minyak Wijen: Rahasia Cerdas Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Minyak wijen berasal dari biji wijen dan mengandung nutrisi yang tinggi. Namun, apakah pemberian miyak wijen pada anak aman? 

Untuk mengetahui jawbannya, simak informasi selengkapnya mengenai kandungan nutrisi, manfaat, dan waktu paling tepat memberikannya pada anak disini. Selain itu, temukan juga tips terbaik mengolah minyak wijen yang aman untuk MPASI.

Kandungan Nutrisi Minyak Wijen

Minyak wijen pada umumnya aman untuk bayi. Selain memberikan rasa untuk menu MPASI, minyak yang satu ini juga kaya akan manfaat kesehatan. Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi penting dalam minyak wijen.

  • Asam oleat dan asam linoleat yang baik untuk kesehatan jantung.
  • Vitamin E yang melindungi tubuh si Kecil dari radikal bebas.
  • Vitamin B kompleks yang mendukung metabolisme dan memberikan energi tubuh.
  • Mineral penting, seperti fosfor, kalsium, seng, tembaga, dan magnesium.
  • Senyawa lignan yang bekerja melindungi jantung.
  • Filosterol, yang dipercaya menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Antioksidan alami yang melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

Manfaat Minyak Wijen untuk Anak

Minyak ini telah menjadi primadona di dunia kuliner sejak ratusan tahun lamanya. Selain untuk tradisi kuliner, minyak wijen juga umum menjadi salah satu alternatif pengobatan herbal di seluruh dunia. Lalu, apa saja manfaat minyak wijen untuk si Kecil? Simak poin-poin berikut ini.

1. Kaya Nutrisi

Seperti penjelasan sebelumnya, kandungan nutrisi dalam minyak wijen sangat kaya. Tidak hanya vitamin E dan B kompleks, minyak ini juga mengandung mineral penting, seperti kalsium, magnesium, dan fosfor. 

Agar si Kecil tumbuh optimal, Mommy harus memberikan asupan nutrisi yang cukup seperti disebutkan di atas. Selain itu, minyak ini juga memiliki manfaat sebagai antibakteri dan antijamur, yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak.

2. Sumber Energi

Seperti penjelasan sebelumnya, minyak ini kaya akan asam lemak esensial. Selain memberikan energi bagi tubuh, asam lemak esensial membantu metabolisme tubuh, sehingga energi dapat dialokasikan dengan lebih efisien.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Minyak wijen mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang penting untuk perkembangan otak. Selain berperan dalam pembentukan struktur sel otak, asam lemak ini meningkatkan kemampuan kognitif dan konsentrasi pada anak.

Waktu yang Tepat Memperkenalkan Minyak Wijen Kepada Anak

Penjelasan di atas mungkin memberikan insight tentang betapa bermanfaatnya minyak wijen untuk kesehatan, apalagi untuk perkembangan si Kecil. Namun, Mommy tidak bisa serta merta memberikannya untuk MPASI. Berikut adalah panduan untuk memperkenalkan minyak ini kepada si Kecil.

  • Usia 6 bulan ke atas: Dokter dan ahli gizi umumnya menyarankan untuk memperkenalkan minyak wijen setelah usia 6 bulan, ketika sistem pencernaan bayi sudah lebih siap.
  • Perkenalkan secara bertahap: Mulailah dengan jumlah kecil dan pantau reaksi alergi. Apabila terdapat indikasi alergi atau intoleransi, segera hentikan pemberian dan berkonsultasi dengan dokter.
  • Gabungkan dengan makanan lain: Setelah memastikan bahwa si Kecil tidak memiliki alergi terhadap minyak wijen, gabungkan dengan makanan pendamping ASI untuk menambah rasa.
  • Konsultasi dengan ahli: Sebelum mulai memberikan hal baru, sebaiknya Mommy sudah berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Tips Mengolah Minyak Wijen untuk Bayi

Minyak ini memiliki aroma dan rasa khas yang dapat menambah cita rasa pada makanan. Namun, ketika digunakan untuk bayi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan manfaat maksimal dan keamanannya.

  • Selalu pilih minyak wijen berkualitas dan tersertifikasi.
  • Nutrisi dalam minyak ini akan rusak apabila dipanaskan terlalu lama atau menggunakan suhu yang terlalu tinggi.
  • Tambahkan ke dalam makanan yang sudah matang atau jadikan dressing sayuran yang sudah dihaluskan.
  • Berikan minyak wijen secukupnya.
  • Simpan minyak wijen dengan benar.

Nah, Mommy untuk mendapatkan minyak wijen berkualitas, Mommy bisa mencoba produk dari Ivenet. Ivenet Sesame Oil terbuat dari 100% biji wijen asli Korea, diproduksi dengan metode pembilasan sebanyak lima kali dan satu kali pemerasan. Oleh karena itu, hasil minyaknya berkualitas, harum, dan terjamin kehigienisannya.

Rasanya yang ringan juga membantu meningkatkan nafsu makan pada anak. Selain itu, kandungan vitamin E-nya akan memberikan perlindungan terbaik pada jantung si Kecil dan mengurangi resiko kanker.

Ivenet sudah mengantongi sertifikasi BPOM dan HACCP. Nah, minyak ini bisa Mommy campurkan ke makanan si Kecil yang berusia 10 bulan ke atas atau diminum langsung. Praktis, bukan?

Dengan menerapkan tips di atas dan memperhatikan bagaimana cara memberikan minyak wijen ke anak, Mommy bisa memastikan bahwa si Kecil mendapatkan manfaat terbaik dari minyak wijen. Tunggu apa lagi? Segera beralih ke Ivenet Sesame Oil dan rasakan manfaat yang besar untuk si Kecil.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo