Tips Merawat Rambut Anak Agar Tebal dan Sehat

Mau rambut anak tampak tebal dan tumbuh dengan sehat? Berarti Moms harus tahu tips merawat rambut anak dengan benar. Untuk tahu tipsnya, baca selengkapnya di sini ya!

Tips Merawat Rambut Anak

Rambut merupakan salah satu bagian penting pada tubuh anak yang menunjukkan ciri sehat dan percaya diri. Karena itu, merawat rambut anak harus dilakukan sejak dini.

Ciri rambut sehat di antaranya yaitu kuat, tebal, berkilau, dan mudah diatur. Berikut 7 tips merawat rambut anak agar tumbuh dengan lebat dan sehat.

Berikan Makanan Bergizi

Makanan sangat mempengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala si Kecil. Beberapa zat gizi tertentu berperan penting dalam hal tersebut, seperti protein, zat besi, asam lemak omega-3, dan berbagai jenis vitamin untuk menutrisi, melebatkan, dan menyehatkan rambut anak.

Maka dari itu, peran Moms sebagai orang tua dalam menyediakan sumber nutrisi yang beragam untuknya menjadi sangat penting. Tabel berikut akan memberitahu Anda makanan apa saja yang mengandung zat gizi yang baik sebagai cara alami menyehatkan rambut anak.

Pijat Kulit Kepala

Pijatan pada kulit kepala anak dapat menenangkan sekaligus merangsang aliran darah. Alirah darah yang bagus akan memberikan nutrisi dan oksigen pada jaringan kulit sehingga sel rambut dan kulit kepala makin sehat dan kuat.

Pastikan anak dalam kondisi santai, tidak dalam kondisi mulai mengantuk atau saat setelah makan. Lakukan pijatan sekitar 10 menit dan secara berkala 1-2 kali dalam seminggu.

Gunakan Minyak Kelapa atau Kemiri

Gunakan minyak kelapa atau minyak kemiri. Dua minyak ini sudah lama terkenal untuk menebalkan dan membuat rambut lebih sehat.

Kedua minyak tersebut juga mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi rambut dan menutrisi kulit kepala. Agar hasil optimal, biarkan minyak tersebut di rambut si Kecil selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air.

Pakai Sisir Bergigi Jarang dan Berujung Lembut

Kebiasaan bersisir akan membuat rambut lebih mudah diatur, rapi, dan tidak kusut. Lakukan kebiasaan ini minimal setiap pagi dan sore setelah mandi. Ajarkan juga si Kecil untuk dapat melakukannya sendiri dengan benar.

Gunakan sisir yang bergigi jarang dan berujung lembut untuk menghindari terjadi luka pada kulit kepala anak. Gigi sisir yang jarang juga mencegah rambut tertarik keras atau tersentak saat menyisir.

Cukur Rambut Secara Berkala

Mencukur rambut bayi tidak membuatnya tumbuh lebih cepat atau lebih lebat. Meski demikian, hal ini bisa menebalkan rambut bayi atau tepatnya, membuat rambut terlihat lebih mengembang saat tumbuh.

Pada anak, mencukur rambut dapat menghilangkan bagian rambut yang bercabang. Ini membuat rambut terlihat lebih sehat, rapi, dan mudah diatur.

Keramas Sesuai Jenis Rambut

“Sel kulit kepala secara alami menghasilkan minyak (sebum) untuk merawat rambut.”

Moms mungkin merasa bersemangat saat mengeramasi si Kecil, sambil berharap agar rambutnya jadi lebih sehat dan lebat. Sayangnya, keramas terlalu sering justru bisa menghilangkan minyak alami pada rambut anak.

Untuk jenis rambut dan kulit kepala kering, waktu keramas terbaik yaitu 2-3 dalam seminggu. Dengan demikian, minyak alami yang dihasilkan oleh sel sebum pada kulit kepala dapat berfungsi secara optimal.

Tapi, untuk jenis rambut dan kulit kepala yang berminyak serta berketombe, sebaiknya keramas setiap 1-2 hari. Dengan demikian, rambut tetap sehat dan segar.

Gunakan Sampo Khusus Anak

Selain waktu keramas, Moms juga perlu memperhatikan sampo yang digunakan. Sebab, anak-anak memiliki rambut dan kulit kepala yang lebih sensitif dibandingkan orang dewasa, sehingga disarankan untuk menggunakan sampo khusus anak, terutama yang organik, tidak mengandung alkohol dan bahan kimia berbahaya. Buds Organic Shampoo bisa jadi pilihan yang tepat untuk merawat rambut anak untuk tumbuh dengan lebat dan sehat.

Sampo ini terbuat dari bahan organik, bebas pewangi buatan dan zat kimia berbahaya, serta sudah tersertifikasi Ecocert. Maka dari itu, sampo ini sangat terjamin keamanan dan kualitasnya.

Kandungan vitamin E dan aloe veranya sudah terkenal sangat baik dalam merawat rambut, termasuk melembabkan, melembutkan, dan menutrisi rambut serta kulit kepala si Kecil.

Untuk usia 6 bulan ke atas, Moms dapat menggunakan varian Everyday Shampoo yang diformulasikan khusus untuk kulit si Kecil yang masih lembut dan tipis. Adapun untuk usia di atas 3 tahun, Moms bisa menggunakan varian Lavender & Orange Shampoo yang memiliki aroma alami dari lavender dan jeruk.

Ketiganya sudah terbukti dan tersertifikasi aman untuk merawat rambut dan kulit kepala si Kecil agar tidak kering dan rusak, tanpa menimbulkan iritasi.

Nah Moms sudah tahu kan, apa saja tips merawat rambut anak secara menyeluruh. Lengkap, mulai dengan perawatan dari dalam hingga terluar. Terapkan tipsnya dengan rutin agar si Kecil mendapatkan kulit kepala yang sehat dan segar serta rambut yang tebal dan berkilau.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo