Anti Gagal: Tips Menyiapkan MPASI Saat Bepergian

Apakah Mommy berencana traveling bersama si Kecil dalam waktu dekat? Selain mempersiapkan itinerary liburan, traveling bersama bayi maupun toddler mengharuskan Mommy untuk menyiapkan MPASI atau makanannya. 

Mengingat perut bayi cukup sensitif, makanan yang Mommy berikan pun tidak bisa sembarangan. Simak ide makanan dan tips menyiapkan MPASI untuk bepergian yang bisa Mommy jadikan referensi berikut ini ya.

Ide MPASI yang Cocok untuk Bepergian

Lalu MPASI apa yang bisa Mommy bawa ketika bepergian? Untuk bayi berusia 6 hingga 12 bulan, pencernaannya belum sempurna sehingga si Kecil masih dalam proses pengenalan dengan makanan padat. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa Mommy pertimbangkan untuk menyiapkan MPASI si Kecil sebelum bepergian.

1. Makanan Instan Bayi

Apabila Mommy ingin makanan yang bergizi, enak, dan mudah menyiapkannya, makanan instan khusus bayi adalah pilihan tepat. Ada beberapa brand yang tersedia di pasaran dengan berbagai campuran makanan bayi. 

Makanan instan bayi bisa dipertimbangkan sebagai MPASI saat bepergian, apalagi jika usia si Kecil baru menginjak enam bulan.

2. Susu Formula

Susu formula adalah pilihan lain yang bisa Mommy pertimbangkan. Selain mudah membuatnya, Mommy juga bisa membawanya ke mana-mana serta mengandung nutrisi yang lengkap. Mommy hanya perlu mencampur susu bubuk dengan air panas.

3. Puree Buah

Apabila Mommy mencari MPASI yang kaya nutrisi, pure buah adalah pilihan yang tepat. Pisang dan alpukat bisa menjadi pilihan yang mudah untuk menyiapkan MPASI saat traveling. Selain itu, Mommy hanya perlu buah, susu, mangkuk, dan garpu untuk membuatnya.

4. Kue Wortel

Untuk balita, makan kue wortel bisa menjadi pilihan MPASI untuk bepergian yang tepat. Rasanya yang enak, tekstur yang lembut, dan kandungannya yang kaya nutrisi adalah opsi yang menarik untuk si Kecil. Agar lebih sehat, Mommy bisa menggunakan bahan-bahan lain, seperti gandum utuh dan madu.

5. Puree Sayuran

Untuk menu yang lebih sehat, Mommy bisa membawa sayuran rebus, seperti wortel dan brokoli lalu menghancurkannya hingga menjadi puree. Berikan sedikit bumbu yang aman untuk anak agar semakin mudah memberikannya.

6. Kue Kering

Kue kering bisa menjadi pilihan MPASI selama bepergian. Bahkan membuatnya pun tidak sulit. Mommy bisa membuat makanan ini dari tepung ragi dan gula kelapa, sangat cocok untuk perjalanan jauh bersama si Kecil

Cara Menyiapkan MPASI untuk Bepergian

Selain disukai oleh si kecil, Mommy sebaiknya menyiapkan MPASI atau makanan bayi yang mudah dibuat ketika perjalanan. Pertimbangkan juga cara menyimpan MPASI saat bepergian agar tidak tumpah.

1. Bawa Bubur Instan yang Anak Suka

Cara yang mudah menyiapkan MPASI untuk si Kecil adalah dengan membawa bubur instan atau makanan instan untuk bayi. 

Saat ini ada berbagai varian rasa dan tekstur yang tersedia di pasaran, sehingga Mommy bisa membawa beberapa rasa yang disukai si Kecil. Pastikan Mommy memperhatikan tekstur yang sesuai dengan usia si Kecil.

2. Hanya Membawa Peralatan yang Penting

Tidak semua bayi menyukai bubur bayi instan. Apabila si Kecil juga begitu, maka Mommy bisa beli bahan sendiri serta meracik dan menyiapkan MPASI di tempat tujuan. Namun, pastikan Mommy hanya membawa peralatan dan perlengkapan yang diperlukan.

Seperti portable blender, yang ringkas tempat dan berfungsi untuk membuat berbagai MPASI untuk bayi. Selain itu, bawa juga pisau kecil untuk memudahkan proses pemotongan bahan makanan.

3. Siapkan Buah Segar dan MPASI Beku

Mommy juga bisa memasak untuk menyiapkan MPASI di rumah sebelum melakukan perjalanan. Setelahnya, simpan di cooler bag dan es batu agar tetap segar, bila perlu. Selain itu, pastikan menyiapkankan MPASI yang mudah dihangatkan di microwave.

Buah-buahan segar, seperti pisang, alpukat, jeruk, dan apel, juga bisa Mommy bawa selama bepergian.

Lalu, hal yang perlu Mommy perhatikan adalah bahan-bahan makanan/MPASI yang sudah Mommy siapkan dari rumah harus tetap terjaga keamanannya. Jangan sampai, Mommy sudah lelah menyiapkan MPASI si Kecil, namun ketika sampai di tujuan makanan yang dibawa tumpah atau berantakan kemana-mana. Tentunya untuk menghindari hal tersebut, ada satu tips agar makanan bayi tidak tumpah saat bepergian. Moms bisa coba menggunakan kantong makanan khusus bayi yang terbuat dari bahan berkualitas dan antibakteri, yang tentunya cocok digunakan untuk menyiapkan MPASI saat bepergian, seperti Mother-K & K-Mom Baby Food Storage Bags.

Baby Food Storage Bags ini terbuat dari bahan yang aman, dan sudah teruji klinis oleh SGS Korea Co., Ltd. Selain bebas bakteri dan bisa menyimpan berbagai jenis makanan, Mommy juga bisa langsung menggunakan kantong ini di microwave (hingga 80°C). Kantong ini juga hadir dengan desain double zipper lock yang kuat untuk mencegah makanan tumpah saat disimpan. Sangat cocok kan Moms untuk menyiapkan MPASI saat bepergian bersama si Kecil.

Lalu ada juga Powdered Milk Storage Bags yang praktis untuk menyimpan susu bubuk saat bepergian bersama si Kecil. Bahannya anti statis, untuk mencegah susu bubuk menempel pada wadah. Desain kemasannya yang corong pun mempermudah menuangkan susu bubuk ke dalam botol.

Menyiapkan MPASI untuk bepergian bersama si Kecil merupakan hal yang wajib Mommy lakukan agar perjalAgar liburan bersama si Kecil makin menyenangkan, ikuti tips menyiapkan MPASI untuk bepergian di atas. Dan jangan lupa selalu gunakan Mother-K & K-Mom Baby Food Storage Bags dan Powdered Milk Storage Bags agar perjalanan semakin nyaman dan menyenangkan.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTN 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo