6 Tips Menjaga Kualitas Air Mandi agar Selalu Bersih

Air mandi adalah bagian penting dari ritual harian yang bisa memberikan kesegaran dan efek relaksasi pada tubuh. Namun, tahukah Kamu bahwa tidak semua air mandi di Indonesia memiliki kualitas yang baik? 

Untuk memastikan air mandi yang Kamu gunakan bersih dan aman dari bakteri, Kamu wajib tahu lebih dalam tentang kondisi kualitas air di Indonesia dan tips menjaga kualitas air mandi berikut!

Ketersediaan dan Kualitas Air di Indonesia

Sebagai negara tropis dengan curah hujan tinggi, sebagian besar penduduk Indonesia terbiasa dengan air yang melimpah. Namun nyatanya, ketersediaan dan kualitas airnya tidak selalu baik. 

Menurut data BPS tahun 2022, 91,05% rumah tangga Indonesia sudah punya akses ke sumber air minum yang layak. Namun hanya sekitar 16,72% rumah tangga di perkotaan yang melakukan penyedotan tempat BAB setiap lima tahun sekali. Sementara di daerah pedesaan, hanya 10,23% rumah tangga yang pernah mengosongkan septic tank dalam lima tahun terakhir. 

Dari data tersebut, Kamu bisa tahu bahwa masih sedikit rumah tangga yang melakukan pengosongan septic tank secara rutin. Padahal, septic tank yang tidak dikosongkan dalam lima tahun berpotensi untuk mencemari air tanah di sekitarnya. Ini tentu dapat merusak kualitas air untuk memasak, minum, dan mandi Kamu.

Sementara itu, skor Indeks Kualitas Air (IKA) di dalam negeri adalah sebesar 53,88 poin pada 2022. Meski terjadi kenaikan dari tahun sebelumnya, skor tersebut ternyata belum memenuhi target IKA tahun 2022 sebesar 55,03 poin.

Belum lagi dengan sungai-sungai yang tercemar di Indonesia. Sepanjang 2021 saja, terdapat 10.683 desa/kelurahan yang mengalami pencemaran air, dengan tingkat pencemaran ringan, sedang, hingga berat.

Pentingnya Menjaga Kualitas Air Mandi 

Tidak hanya untuk dikonsumsi, memerhatikan kualitas air mandi juga wajib Kamu lakukan. Hal ini karena air mandi yang Kamu gunakan akan mengenai kulit dan rambut. Berikut berbagai alasan mengapa penting untuk menjaga kualitas air mandi:

  1. Air yang terkontaminasi dapat menyebabkan iritasi, alergi, atau masalah kulit seperti ruam, kemerahan, atau gatal-gatal. 
  2. Jika air mandi terkontaminasi, dapat meningkatkan risiko infeksi kulit, seperti infeksi jamur kuku atau infeksi bakteri pada kulit. 
  3. Air yang bersih membantu produk perawatan (skincare) bekerja lebih efektif dan memberikan manfaat maksimal bagi kulit dan rambut.
  4. Membantu menjaga ekosistem air dan lingkungan sekitar, termasuk kehidupan ikan dan tanaman air. 

Cara Menjaga Kualitas Air Mandi

Menjaga kualitas air mandi adalah langkah penting untuk memastikan bahwa air yang digunakan untuk mandi adalah air bersih dan aman dari kuman. Berikut berbagai cara menjaga kualitas air mandi yang dapat dilakukan:

1. Rutin Melakukan Pengecekan Pipa

Cara menjaga kebersihan air yang pertama adalah dengan memperhatikan perubahan terhadap air, yang bisa dilihat dari bau, rasa, dan warnanya. Perubahan pada bau, rasa, dan warna air dapat terjadi karena terjadinya korosi pada pipa. Segera ganti pipa Kamu, jika sudah terdapat perubahan pada air yang Kamu gunakan.

2. Kurangi Penggunaan Produk Kimia

Bahan kimia keras seperti pewarna dan pewangi buatan dapat mencemari air tanah, bahkan juga berdampak buruk pada kesehatan kulit dan rambut Kamu. Pilihlah produk perawatan tubuh yang lebih alami dan bebas dari bahan kimia berbahaya, sehingga tidak berdampak buruk untuk lingkungan.

3. Perhatikan Kebersihan Peralatan Mandi

Bersihkan shower head Kamu secara teratur, untuk menghilangkan penumpukan kerak atau kotoran yang dapat memengaruhi kualitas air mandi Kamu. 

4. Perhatikan Kebersihan Tangki Air

Lakukan pembersihan dan pemeliharaan rutin pada tangki air, untuk memastikan air yang digunakan dalam mandi tetap bersih dan bebas dari kontaminan.

5. Periksa Kualitas Air secara Berkala

Periksa kualitas air dengan menghubungi instansi yang bertanggung jawab atau laboratorium terkait. Dengan begitu, kamu bisa memastikan air mandi aman dan tidak terkontaminasi bahan berbahaya.

6. Gunakan Filter Air

Pemasangan filter air merupakan salah satu cara efektif untuk menghilangkan kontaminan dan bahan kimia yang terkandung di dalam air. Untuk mendapatkan kualitas air mandi yang lebih jernih, bersih, dan bebas kontaminan, saat ini sudah ada pengembangan produk filter air yang langsung terpasang pada shower head. Hal ini akan memberikan sensasi kenyamanan dan keamanan saat kamu gunakan untuk mandi.

Multi-Filtered Shower Head dari Daily Cha-E cocok Kamu gunakan untuk menjaga kebersihan air mandi Kamu. Terbuat dari Korea, sehingga memiliki kualitas yang tinggi. Shower Head ini dilengkapi dengan 2 tahap penyaringan (filter ganda), yaitu ACF & Sediment Filter. Kedua filter ini dijamin mampu menyaring debu, pasir, lumpur, karat, logam berat, dan klorin.

Dengan teknologinya, Daily Cha-E Shower Head bahkan mampu menyaring kotoran dan kuman hingga 5 mikron loh! Artinya tidak ada kontaminan yang bakal lewat dari shower head Kamu. Selain fungsinya yang luar biasa, looks and design-nya juga terlihat sempurna dan elegan. Memiliki daya pancur air yang lebih stabil dan lembut, serta dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut. Dengan kondisi air mandi di Indonesia yang masih memprihatinkan, Kamu sebaiknya wajib menjaga kualitas air mandi Kamu dengan mengikuti berbagai tips menjaga kualitas air mandi di atas. Dengan menjaga hal ini, manfaatnya tidak hanya untuk Kamu saja, tapi juga untuk si Kecil dan keluarga tersayang.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo