Cara Meningkatkan Kualitas Air di Rumah dengan Mudah

“Jika tinggal di Indonesia, mengetahui bagaimana cara meningkatkan kualitas air di rumah sangat penting untuk Kamu. Kenapa??”

Air merupakan sumber kehidupan. Setiap hari Kamu tentu membutuhkan air untuk berbagai aktivitas, seperti memasak, minum, mencuci, hingga mandi. Oleh karenanya, Kamu membutuhkan air yang bersih agar kesehatanmu tetap terjaga setiap harinya.

Namun, bagaimana kondisi air di Indonesia? Apakah layak digunakan? Jika tidak, bagaimana cara mendapatkan air yang layak pakai dan berkualitas di rumah? Apakah bisa dengan cara yang simpel dan mudah? Temukan seluruh jawabannya di bawah ini!

Fakta Kualitas Air di Indonesia

“Kondisi air di Indonesia masih sangat memprihatinkan. Agar air di rumah tetap bersih dan layak pakai, Kamu perlu melakukan penyaringan sebelum menggunakannya.”

Rata-rata kebutuhan air per orang setiap harinya adalah 144 liter. Kebutuhan ini sudah termasuk untuk mandi, minum, masak, dan keperluan lainnya.

Pertanyaannya apakah di Indonesia sudah bisa memenuhi kebutuhan air bersih setiap hari untuk para warganya? Berdasarkan Susenas atau Survei Sosial Ekonomi Nasional dari BPS mencatat sebanyak 26,35% rumah tangga Indonesia tidak mempunyai akses untuk mendapatkan air bersih layak minum.

Selain akses air bersih yang sulit, ada beberapa fakta lain mengenai kualitas air di Indonesia, yaitu:

1. Ribuan Air Sungai Indonesia Tercemar

Data dari BPS terbaru, ada sekitar 10.683 sungai di Indonesia tercemar oleh limbah industri maupun rumah tangga. Sedangkan data dari WWF, 82% air sungai di Indonesia sudah tercemar.

Walaupun Indeks Kualitas Air Indonesia di tahun 2022 meningkat 2,01% , tapi fakta banyaknya air sungai yang tercemar, membuat kondisi perairan di Indonesia masih sangat memprihatinkan.

2. Ancaman Kekeringan Melanda Setiap Tahun

Tidak hanya sungai yang tercemar, Indonesia juga terancam mengalami kekeringan setiap tahunnya. Berdasarkan kajian dari Bappenas, kelangkaan air di Pulau Bali, Nusa Tenggara, dan Bali akan meluas menjadi 9,6% di tahun 2024. Hal ini disebabkan oleh perubahan iklim dunia.

Jika hal ini terjadi tentu Indonesia akan mengalami krisis air bersih. Kemarau panjang bisa melanda sebagian besar wilayah di Indonesia.

3. Rawan Banjir

Indonesia juga menjadi salah satu negara yang rawan banjir. Hal ini dikarenakan kurangnya resapan air hujan. Sungai yang penuh dengan sampah juga menjadi salah satu faktor terjadinya kebanjiran.

Dampak Kualitas Air yang Buruk untuk Kesehatan

Tubuh setidaknya membutuhkan 230 ml air atau 20% dari berat badan. Tentunya air yang dikonsumsi haruslah air yang bersih dan sehat. Manfaat air untuk kesehatan adalah untuk menjaga metabolisme dalam tubuh. Tubuh manusia terdiri dari 90% cairan. Jadi sangat penting untuk menjaga asupan air dalam tubuh.

Bagaimana jika Kamu mengonsumsi air dengan kualitas buruk setiap harinya? Tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Tubuh akan mudah terkena penyakit karena mengonsumsi air kotor, seperti diare, polio, infeksi mata (trakoma), kolera, hingga keracunan logam berat.

Duh, serem banget ya!! Kalau begitu, harus segera tahu cara meningkatkan kualitas air di rumah nih!

Cara Meningkatkan Kualitas Air Di Rumah

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kualitas air di rumah, yaitu:

1. Beri Jarak Antara Sumber Air dan Septic Tank

Cara pertama adalah dengan memberi jarak antara sumber air dengan septic tank. Setidaknya Kamu harus memberi jarak sekitar 10 meter antara sumur dan septic tank. Hal ini perlu dilakukan agar kotoran tidak merembes ke sumber air yang Kamu gunakan.

2. Tidak Membuang Sampah ke Sungai

Cara lainnya agar kualitas air bisa meningkat adalah tidak membuang sampah ke sungai. Sungai merupakan salah satu sumber air yang penting untuk masyarakat. Banyaknya sampah di sungai bisa membuat sumber air menjadi tercemar.

Sumber air yang tercemar bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karenanya, pastikan Kamu membuang sampah di tempatnya ya.

3. Gunakan Filter di Keran Rumah

Cara termudah dan instan untuk meningkatkan kualitas air di rumah adalah dengan menggunakan filter head di keran atau shower rumah Kamu. Filter mampu menyaring kotoran dan bakteri yang ada di dalam air Kamu, sehingga air yang dihasilkan jernih dan bebas dari kuman dan kotoran.

Tapi, tidak semua filter efektif menyaring pencemar loh!! Bisa karena ukuran saringnya masih di atas 5 mikron atau memang kualitas filternya yang rendah. Terus gimana dong? Eiitss, jangan panik dulu, Multi-Filtered Shower Head dari Daily Cha-E bisa jadi solusi untuk ubah air mandi Kamu jadi jernih dan bebas dari bakteri serta kotoran.

Daily Cha-E Multi-Filtered Shower Head merupakan shower head yang memiliki filter ganda (2 tahapan penyaringan), yaitu Sediment Filter dan ACF Filter. Sediment Filter sangat efektif menyaring pasir, lumpur, debu, karat secara menyeluruh, serta mampu menghilangkan bau karat dari air. Sedangkan ACF Filter akan menyaring bakteri, logam berat, klorin, dan zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan, khususnya kulit Kamu.

Kok bisa proses penyaringannya sebagus itu? Tentu, karena filter shower head ini mampu menyaring hingga ukuran 5 mikron dan memiliki kualitas yang tinggi (Asli Korea). Shower Head ini sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari, apalagi rumah Kamu yang dekat dengan pembangunan jalan tol (airnya rawan tercemar logam berat) atau dekat dengan sumber air yang tercemar.

Demi menghentikan paparan air tercemar untuk keluarga Kamu. Cara termudah dan tercepatnya adalah dengan menggunakan shower head yang memiliki filter berkualitas.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTN 0853-1111-1010

Copyright ©2024 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo