Cara Ampuh Mengencangkan Perut Kendur Setelah Melahirkan

“Bagaimana cara mengencangkan perut setelah melahirkan?”

Pertanyaan tersebut kerap menjadi dilema dalam benak para ibu. Meski sedang berbahagia atas kelahiran sang buah hati, perut kendur dan gelambir bisa saja menurunkan tingkat kepercayaan diri, sehingga diperlukan solusi terbaik untuk mengencangkan perut pasca melahirkan

Jika Kamu memiliki pertanyaan serupa, simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui informasi seputar cara mengencangkan perut setelah melahirkan.

Penyebab Perut Kendur dan Bergelambir

Jika perut menunjukkan tanda-tanda kekenduran setelah persalinan, ketahuilah bahwa hal ini adalah hal yang normal. Hal ini bisa terjadi pada ibu yang melahirkan baik secara vaginal maupun caesar.

Seperti yang Kamu tahu, janin membutuhkan ruang untuk bertumbuh. Oleh karena itu, tubuh secara alamiah akan mengakomodasi pertumbuhan tersebut dengan meregangkan otot perut dan jaringan di sekitarnya, sehingga tercipta ruang untuk janin yang kian membesar.

Selain itu, Kamu juga cenderung akan mengalami peningkatan berat badan guna memenuhi kebutuhan gizi sang buah hati. Saat bayi sudah lahir, berat badan yang sudah meningkat sebelumnya tidak serta merta hilang. Hal ini juga menjadi salah satu alasan bertambahnya ukuran perut.

Lantas, berapa lama perut kembali rata setelah melahirkan? Pada umumnya, perut akan kembali mengecil dalam waktu satu tahun. Namun, waktu tersebut bisa berbeda-beda bagi setiap orang.

Beberapa faktor yang menentukan perubahan ukuran perut setelah melahirkan adalah;

  • Tingkat aktivitas fisik pasca bersalin
  • Angka kenaikan berat badan saat kehamilan
  • Tingkat aktivitas fisik setelah melahirkan
  • Faktor keturunan

Cara Mengencangkan Perut Kendur dan Gelambir setelah Melahirkan

Beberapa hal berikut bisa menjadi pedoman cara mengencangkan perut kendur dan bergelambir setelah melahirkan, yaitu:

1. Tidak Mengurangi, Tapi Mengatur Asupan Makan

Saat diet, banyak orang yang mengurangi porsi makan. Namun, saat sedang menyusui, hal ini tentu tak mungkin dilakukan. Bagaimanapun, kesehatan sang buah hati adalah prioritas utama.

Dalam situasi ini, Kamu tidak perlu mengurangi makanan, tapi mengaturnya. Perbanyak konsumsi makanan probiotik, seperti yogurt, tempe, atau kimchi, serta prebiotik seperti buah dan sayuran. Selain itu, tambahkan porsi protein seperti daging, telur, dan kacang-kacangan untuk mengembangkan otot dan dapat mengencangkan perut pasca melahirkan.

2. Upayakan Menyusui

Tahukah Kamu, menyusui dapat membantu membakar kalori dalam tubuh?

Faktanya, menyusui dapat membantu mengurangi kalori sebanyak 300-500 kkal dalam sehari. Praktis, hal ini bisa jadi solusi termudah untuk menyusutkan lemak sehingga dapat mengencangkan perut setelah melahirkan.

Selain itu, menyusui juga membantu proses penyusutan ukuran rahim ke ukuran semula. Jadi, hal ini juga bisa membantu mengencangkan perut menjadi lebih kecil.

3. Konsisten Berolahraga

Tidak sedikit para ibu yang merasa lelah dengan kesibukannya setelah melahirkan. Namun, jika ingin gelambir perut hilang, usahakan untuk lakukan olahraga dengan konsisten.

Untuk memastikan tubuh sudah fit, usahakan olahraga setelah enam minggu pasca kelahiran, serta pastikan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Olahraga untuk mengencangkan perut setelah melahirkan yang bisa Kamu coba adalah kardio ringan, seperti yoga atau jalan kaki. Jika sudah lebih kuat, bisa dilanjutkan dengan latihan kekuatan untuk membentuk dan meningkatkan massa otot.

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Saat hamil, kulit akan meregang bersamaan dengan otot perut yang memberi ruang pada janin. Setelah melahirkan, kulit tidak akan langsung kencang seperti semula. Hal ini memberi efek gelambir pada perut.

Untuk mengencangkan perut kendur dan gelambir, upayakan untuk memperbanyak konsumsi air putih. Dengan begitu, kulit akan semakin lembap dan bisa kembali kencang secara perlahan.

5. Menggunakan Pembebat Perut

Cara lain untuk mengencangkan perut pasca bersalin adalah dengan menggunakan pembebat perut, biasa disebut korset, stagen, atau bengkung. Alat ini berfungsi untuk menjaga bentuk tubuh tetap meramping dan meningkatkan kepercayaan diri.

Berapa jam sehari pakai korset setelah melahirkan? Pada umumnya, korset bisa digunakan 8 jam sehari. Perlu diingat untuk menghindari penggunaannya saat tidur, serta hindari pemakaian di saat belum pulih dari perawatan setelah persalinan.

Kamu tidak perlu lagi bingung memilih pembebat perut yang bisa membantu mengencangkan perut, Kamu bisa coba mempercayakan pada Belly Bandit B.FF Belly Wrap sebagai solusi terbaik dalam mengencangkan perut dan mengembalikannya ke ukuran semuala.

Pembebat perut terbuat dari material latex free yang ramah lingkungan, memiliki teknologi PowerCompress™ Core yang dapat mempercepat proses penyembuhan serta membantu mengencangkan perut kendur setelah melahirkan. Dengan 6 panel pendukung dan 2 panel kompresi, alat ini menyokong otot punggung, kaki, dan otot inti, sehingga Kamu merasa nyaman meski sedang dibebat.

Tak hanya itu, Belly Bandit B.FF Belly Wrap juga membantu meminimalisir kemunculan stretch mark pada perut dan dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Nah, sudah tau kan penyebab dan cara tepat mengencangkan perut setelah melahirkan? Yuk, ikuti tips-tipsnya, dan jangan lupa, gunakan Belly Bandit B.FF Belly Wrap untuk mendapat hasil yang optimal.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTN 0853-1111-1010

Copyright ©2024 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo