Jangan Asal Cuci, Ini 6 Cara Mencuci Pakaian Bayi yang Benar

Mengetahui cara mencuci pakaian bayi merupakan langkah penting untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan si Kecil. Meskipun mencuci pakaian bayi tidaklah rumit, perlu Mommy ingat bahwa proses ini berbeda dengan mencuci pakaian orang dewasa. 

Kesalahan dalam mencuci pakaian si Kecil dapat menyebabkan iritasi kulit hingga masalah kesehatan serius, mengingat sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang. Nah, Mommy pasti tidak ingin hal ini terjadi, kan? Untuk mengetahui tips dan detail apa yang harus diperhatikan, simak informasi berikut ini ya.

Perhatikan Hal Berikut Saat Mencuci Pakaian Bayi

Sebelum mulai mencuci pakaian bayi, Mommy bisa memperhatikan beberapa poin berikut ini.

  • Apakah baju bayi tidak boleh dicuci mesin cuci? Boleh, namun Mommy perlu memperhatikan bahannya. Beberapa jenis bahan mungkin tidak cocok untuk dicuci dengan mesin cuci.
  • Pisahkan popok kain saat mencuci dari pakaian bayi lainnya dan gunakan deterjen lembut khusus bayi.
  • Menggunakan air suhu normal adalah pilihan tepat. Namun, Mommy juga bisa menggunakan air bersuhu 30-40°C untuk membunuh kuman.
  • Pilih deterjen khusus untuk bayi, apalagi jika bayi memiliki kulit sensitif. Namun jika tidak ada, Mommy bisa menggunakan deterjen cair lainnya.
  • Rendam pakaian dengan detergen apalagi jika permukaan pakaian bernoda.
  • Pastikan selalu mencuci pakaian bayi sebelum menggunakannya untuk menghilangkan debu dan zat bahaya lainnya.

Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, Mommy dapat mencuci pakaian si Kecil dengan aman dan menjaga kebersihan serta kenyamanan si Kecil.

Bagaimana Cara Mencuci Pakaian Bayi yang Benar?

Berikut adalah tips untuk merawat pakaian bayi. Selain menghilangkan debu dan bahan kimia selama proses produksi, mencuci dengan benar akan menghilangkan kotoran organik akibat penggunaan. 

Selain itu, terapkan juga cara ini untuk apa saja yang bersentuhan dengan bayi, seperti sprei, selimut, kain gendong, dan sarung bantal.

  1. Cuci pakaian bayi secara terpisah dari pakaian orang dewasa untuk mencegah kontaminasi kotoran, terutama selama enam bulan pertama.
  2. Sebelum mencucinya, tangani noda makanan dan kotoran bayi sebelum mencuci pakaian. Buang kotoran padat pada kain dan bilas di bawah air mengalir.
  3. Gunakan sabun cuci baju bayi sampai bayi berusia enam bulan.
  4. Penggunaan pelembut pakaian sebaiknya tidak dilakukan selama enam bulan pertama. Setelahnya, pilih produk yang tidak memicu alergi.
  5. Pastikan untuk membilas pakaian beberapa kali hingga sisa-sisa deterjen benar-benar hilang.
  6. Apabila Mommy akan menggunakan mesin cuci, pilih siklus putaran yang paling lembut untuk pakaian bayi.

Umumnya, menyetrika baju bayi tidaklah perlu. Namun apabila perlu, hindari menggunakan suhu terlalu tinggi yang dapat merusak kelembutan pakaian bayi. Mommy juga bisa mencuci baju bayi dengan tangan untuk menjaga keawetannya.

Tips Memilih Detergen dan Pelembut yang Aman untuk Bayi

Saat ini sudah banyak brand detergen dan pelembut yang khusus dibuat untuk bayi. Agar Mommy tidak kewalahan dalam memilih, simak tips memilih detergen untuk baju bayi berikut ini.

  • Hindari pewarna dan pewangi buatan karena dapat memicu iritasi kulit bayi.
  • Cari detergen bayi dengan pilihan hypoallergenic, terutama apabila si Kecil memiliki kulit sensitif dan eksim.
  • Detergen cair jauh lebih baik karena mudah dibilas dan tidak meninggalkan residu detergen.

Buds Organics Baby Safe Laundry Detergent adalah pilihan yang tepat untuk menjaga kebersihan pakaian si Kecil. Produk yang satu ini juga ramah lingkungan dan cocok untuk kulit sensitif. 

Gunakan bersamaan dengan Buds Organics Baby Safe Fabric Softener untuk memberikan kelembutan ekstra dan aroma segar pada pakaian si Kecil. Produk-produk Buds Organics terbuat dari bahan organik dan telah tersertifikasi oleh lembaga Ecocert.

Selain itu, kedua produk ini tidak menggunakan pewangi buatan sehingga meminimalisir terjadinya alergi pada kulit bayi. Tidak hanya membunuh kuman dan melawan noda membandel, detergen ini juga tidak meninggalkan residu kimia berbahaya pada pakaian.

Cara penggunaannya juga sangat mudah:

  1. Tuangkan 50 ml (1 tutup penuh) Baby Safe Laundry Detergent ke dalam mesin cuci dengan kapasitas 4-5 kg.
  2. Pada saat proses pembilasan terakhir, tuangkan 50 ml (1 tutup penuh) Baby Safe Fabric Softener (untuk kapasitas pakaian 6-7 kg) ke dalam air. Larutkan dulu softener sebelum kontak langsung dengan pakaian.

Mencuci pakaian bayi menjadi salah satu langkah tepat untuk menjaga kesehatan si Kecil. Tunggu apa lagi? Selalu lindungi si Kecil dengan Buds Organics Baby Safe Laundry Detergent dan Baby Safe Fabric Softener, serta terapkan cara mencuci pakaian bayi yang benar sesuai tips diatas ya.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTN 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo