7 Cara Instan Menambah Nafsu Makan Anak!

Waspada kalau anak mulai menunjukkan tanda malas makan. Lakukan cara menambah nafsu makan anak berikut, agar si Kecil kembali bersemangat dan makan dengan lahap.

Melihat anak mulai malas makan, nafsu makannya menurun, bahkan menolak untuk makan sama sekali, tentu membuat kebanyakan orang tua menjadi kebingungan. Meski nafsu makan wajar naik turun, tapi kalau malas makan terus-terusan bisa jadi pertanda anak kurang sehat dan kebutuhan nutrisi hariannya menjadi tidak tercukupi. Hal ini tentu akan mengganggu tumbuh kembangnya.

Biasanya, orang tua secara "panik" langsung memberikan multivitamin penambah nafsu makan anak yang harganya tentu tidak murah. Eittsss, jangan buru-buru berikan multivitamin Moms, ternyata ada cara yang lebih alami loh untuk menambah nafsu makan anak.

Mau tahu apa saja caranya? Simak selengkapnya di sini.

Penyebab Nafsu Makan Anak Menurun

Sebelum membahas apa saja cara yang dapat menambah nafsu makan anak, Moms sebaiknya harus tahu dulu, apa saja sih penyebab nafsu makan anak menurun.

Ada banyak penyebab kenapa anak tidak selera makan. Tapi, secara garis besar penyebabnya bisa dibagi menjadi 3, yaitu:

  1. Sakit fisik. Hal ini bisa menghilangkan selera makan seperti infeksi, alergi atau intoleransi makanan, refluks atau muntah, diare atau sembelit, kolik, atau efek samping obat-obatan,
  2. Psikologis. Stres, depresi, kecemasan, juga bisa terjadi pada anak dan menyebabkan penurunan nafsu makan,
  3. Sebab khusus. Contohnya karena tumbuh gigi, fase pertumbuhan lambat, bosan dengan menu makanan, atau saat makan selalu dipaksa orang tua.

Moms harus mencari tahu dulu, di antara ketiga hal tersebut, kira-kira apa yang menjadi penyebab si Kecil tidak selera makan. Setelah mengetahuinya, Moms bisa dengan efektif menemukan solusinya.

7 Cara Menambah Nafsu Makan Anak

Sambil Moms mendeteksi kenapa nafsu makan anak menurun, Moms bisa melakukan 7 cara yang dinilai ampuh untuk meningkatkan nafsu makan anak dengan instan:

Menyajikan Makanan yang Seimbang dan Bervariasi 

Tips yang pertama untuk menambah nafsu makan anak, yaitu dengan memberikannya makanan dengan gizi yang seimbang. Makanannya harus memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan si Kecil.

Adapun variasi makanan, untuk membuat anak tidak bosan dan tertarik untuk mencoba makanan baru. Mommy bisa mengubah bentuk, warna, rasa, atau tekstur makanan untuk menambah daya tariknya.

Mengatur Jadwal Makan dan Nyemil dengan Konsisten

Jadwal makan dan nyemil yang teratur dengan konsisten bisa membantu anak untuk merasakan lapar pada saat yang tepat.

Hindari memberikan snack atau minuman manis di antara waktu makan utama karena bisa mengurangi nafsu makan anak. Jika ingin memberikan snack, pilihlah snack yang sehat dan ringan, seperti buah, sayur, kacang-kacangan, atau susu.

Mengajak Anak Berolahraga Rutin

Kebanyakan orang tua jarang memerhatikan tips yang satu ini. Ternyata mengajak anak berolahraga mampu meningkatkan nafsu makan anak. Hal ini karena saat berolahraga metabolisme tubuh menjadi cepat sehingga intensitas pembakaran kalori menjadi lebih tinggi. Hal ini akan membuat anak merasa lapar. Selain itu, berolahraga juga bisa mengurangi stres dan menambah mood anak.

Mommy bisa mengajak anak untuk berolahraga bersama atau melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan untuk anak, seperti bersepeda, bermain bola, atau berenang.

Memberikan Contoh Positif kepada Anak 

Mayoritas perilaku yang ditampilkan si Kecil bersumber dari perilaku orang tuanya.

Seringkali anak cenderung meniru perilaku orang tua atau orang dewasa di sekitarnya. Oleh karena itu, Moms harus menjadi teladan dan memberikan contoh positif kepada anak dengan cara makan yang baik dan sehat.

Tunjukkan kepada anak bahwa Mommy menikmati makanan yang disajikan dan puji anak jika si Kecil mau mencoba atau menghabiskan makanannya. Dengan demikian, anak merasa senang dan dihargai, sehingga makan jadi hal yang positif untuknya.

Menghormati Selera dan Porsi Anak

Setiap anak memiliki selera dan porsi makan yang berbeda-beda

Moms tidak perlu memaksa anak untuk menyukai atau menghabiskan makanan yang tidak si Kecil sukai atau terlalu banyak bagi perutnya. Hal ini bisa membuat anak merasa tertekan atau trauma dengan makanan tersebut.

Moms bisa menanyakan kepada anak apa yang si Kecil sukai atau tidak sukai dan menghargai pilihannya. Moms juga bisa menyesuaikan porsi makan anak dengan ukuran tangannya atau menggunakan piring kecil agar tidak terlihat terlalu banyak.

Membuat Suasana Makan Menyenangkan

Suasana makan yang menyenangkan bisa membuat anak lebih rileks dan nyaman saat makan

Mommy bisa membuat suasana makan yang menyenangkan dengan cara mematikan televisi, gadget, atau gangguan lainnya saat makan. Kemudian, ajak si Kecil untuk berbicara tentang hal-hal positif atau lucu saat makan. 

Selain itu, biarkan anak memilih sendiri alat makan atau tempat duduknya saat makan. Ini akan memberinya kepercayaan diri dan kenyamanan.

Memberikan Penambah Nafsu Makan

Jika Moms merasa masalah yang sebenarnya kenapa anak tidak selera makan bukan dari lingkungan dan cara si Kecil makan, namun karena si Kecil bosan dengan menu dan bahan makanan yang itu-itu saja. Moms bisa berikan bubuk tabur alami yang dapat meningkatkan nafsu makan si Kecil.

Eiitsss, ingat Moms, harus yang terbuat dari bahan alami dan tidak mengandung MSG dan bahan berbahaya lainnya yaaa, seperti Sprinkling Recipe dari Ivenet nih!

Sprinkling Recipe merupakan bubuk tabur bergizi yang terbuat dari rumput laut dan sayuran alami asli Korea. Bubuk tabur ini mengandung antioksidan, vitamin, dan serat yang bagus untuk tumbuh kembang anak. Rasanya yang nikmat, cocok untuk dicampurkan ke menu makanan si Kecil, sehingga nafsu makannya bisa meningkat.

Diproses tanpa MSG, pewarna, pengawet, dan perasa buatan, sehingga aman untuk dikonsumsi si Kecil. Bubuk tabur ini cocok untuk si Kecil yang berusia 12 bulan ke atas. Tersedia dalam 3 varian rasa: Seaweed, Seafood, dan Vegetable, sehingga si Kecil bebas pilih varian favoritnya.

Jadi, Moms tak perlu bingung lagi saat nafsu makan anak menurun, cukup terapkan semua tipsnya si Kecil jadi lahap makannya. Selamat mencoba, Moms!

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo