Manfaat Ubi Korea untuk Tumbuh Kembang Anak

Ubi Korea cukup populer akhir-akhir ini karena trend baked bread berbentuk ubi itu sendiri. Apakah Mommy juga sudah membuatnya di rumah? Terlepas dari tren ini, ternyata ubi Korea mengandung berbagai manfaat yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Di Indonesia, ubi dikenal sebagai makanan pengganti nasi yang dapat dikonsumsi kapan saja. Orang tua yang kreatif juga suka membuat olahan ubi untuk anaknya. Mulai dari puree, baked potato, dan lain sebagainya. Yuk Moms, cari tahu lebih jauh tentang manfaat ubi Korea ini!

Mengenal Ubi Korea

Ubi apa yang bagus untuk bayi? Ubi Korea atau ubi lokal?

Pertanyaan ini mungkin sempat terlintas di benak Mommy karena Indonesia juga memiliki ubi lokal yang tak kalah lezatnya. Perbedaan kedua jenis ubi ini terdapat pada kandungan mineral dalam tanah di Indonesia dan Korea. Perbedaan ini tentunya mempengaruhi nutrisi dari kedua jenis ubi tersebut.

Secara umum, visual ubi Korea dan ubi jalar Indonesia mirip, yaitu bagian kulit berwarna keunguan dan dagingnya kuning. Masyarakat Indonesia mengenal ubi ini sebagai ubi ungu. Selain daging yang berwarna kuning, Indonesia juga punya ubi jalar dengan daging berwarna putih dan keunguan. Untuk asal usulnya sendiri, ubi Korea berasal dari negara Jepang. Warga Korea membawa benih ubi dari Jepang, lalu mencoba menanamnya di tanah Korea. Ubi Korea sendiri dikenal sangat baik untuk diet karena rendah kalori dan tinggi serat.

Manfaat Ubi Korea untuk Tumbuh Kembang Anak

Berikut ini adalah berbagai manfaat yang diperoleh anak saat mengonsumsi ubi Korea:

  • Melancarkan Pencernaan

Ubi Korea dikenal baik untuk diet. Namun, apakah bayi perlu diet? Tentu tidak. Idealnya bayi memiliki berat badan (BB) normal dan naik secara bertahap tiap bulannya. Namun, Mommy harus mengetahui bahwa ubi Korea juga mengandung serat yang tinggi.

Serat sangat baik untuk mengatasi masalah serta menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Saat bayi memiliki pencernaan yang sehat maka makan menjadi lebih lahap. Jadi, salah satu manfaat ubi bisa menaikkan BB bayi tanpa masalah berarti.

  • Mengontrol Berat Badan Anak

Selain dapat membantu menaikkan berat badan bayi karena kaya serat, ubi Korea juga dapat membantu mengontrol BB anak. 

Hasil SSGI 2021 menyebutkan bahwa angka obesitas pada balita sebesar 3.8%. Meski angka ini berada di bawah batas WHO, namun ada baiknya Mommy tetap menjaga berat badan anak agar tetap ideal kan?

Mommy bisa menjaga berat badan si Kecil dengan memberikannya olahan ubi Korea yang dikenal rendah kalori dan kaya serat ini.

  • Baik untuk sistem tubuh anak

Ubi Korea dapat menjaga kondisi kesehatan anak karena memliki kandungan air yang tinggi dan tidak meningkatkan kadar gula dalam darah meski rutin dikonsumsi dalam jangka panjang.

Selain itu, jenis ubi ini cocok untuk dikonsumsi si Kecil saat malam hari, karena mengandung kalium, magnesium, dan kalsium yang dapat membantu anak menjadi lebih rileks dan membuat tidur si Kecil menjadi lebih nyenyak.

Ubi Korea memiliki warna kulit ungu dan bagian daging kuning yang menunjukkan tingginya kadar antioksidan yang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan imunitas anak. Tidak hanya itu, kandungan beta karoten dalam ubi Korea juga baik untuk menjaga  kesehatan mata si Kecil. 

Ubi Korea sebagai pelengkap MPASI

Mommy sedang melakukan program MPASI untuk si kecil di rumah? Ingin buat olahan ubi Korea, tapi bingung mau seperti apa membuatnya? Sekarang Mommy tidak perlu repot-repot untuk menyiapkan bahan MPASI dan mengolah ubi Korea sendiri karena ada Ivenet Sweet Potato Puree. 

Sweet Potato Puree merupakan puree ubi untuk anak usia 6 bulan ke atas yang terbuat dari 100% ubi Korea asli. Kandungannya kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan si Kecil. Selain itu, puree ini juga kaya vitamin (A, B1, B2, C, E) dan mineral (kalsium, magnesium, kalium, dan zink) yang berperan dalam mendukung sistem dan tumbuh kembang si Kecil.

Tidak perlu takut jika ingin rutin mengonsumsi Sweet Potato Puree karena tidak mengandung MSG, perasa, pengawet, dan pewarna buatan. Puree ini memiliki tekstur lembut sehingga cocok untuk bayi. Kemasannya juga travel friendly, jadi Mommy bisa bawa kemana pun tanpa khawatir memakan tempat. 

Tersedia dalam 2 varian rasa, yakni Original & Banana, sehingga anak bebas memilih varian yang disukainya. Untuk penyajiannya, Mommy bisa memilih kondisi hangat ataupun dingin sehingga lebih fleksibel. Bagaimana? Sekarang Mommy sudah tidak bingung lagi kan untuk menyiapkan MPASI ubi Korea bagi si Kecil? Yuk, berikan si Kecil Ivenet Sweet Potato Puree di rumah untuk mendapatkan berbagai manfaat ubi Korea yang mendukung tumbuh kembangnya menjadi lebih optimal. 

Share this article
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo