Manfaat Coklat Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak

Saat bicara soal manfaat coklat, yang terlintas di pikiran Mommy mungkin "coklat dapat meningkatkan hormon kebahagiaan". Hal itu tidak salah, namun sekarang saatnya Mommy mencatat manfaat coklat lainnya, yaitu kemampuan coklat untuk meningkatkan daya ingat anak. Yuk simak informasi dibawah ini ya.

Coklat untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak

Sebagian besar, anak-anak suka makan cokelat. Tak heran, produk yang terbuat dari biji kakao ini memang memiliki karakteristik unik yang cocok dipadukan dengan berbagai olahan.

Seiring waktu, penelitian terkait manfaat coklat pun kian berkembang, salah satunya adalah kemampuan cokelat untuk meningkatkan memori atau daya ingat anak. Bagaimana bisa? Mari berkenalan dengan flavonoid.

Flavonoid merupakan jenis antioksidan yang banyak terkandung dalam coklat. Salah satu manfaat flavonoid adalah untuk membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Hal itu dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan kemampuan kognitif lainnya, seperti peningkatan kemampuan visual serta verbal.

Menariknya lagi, manfaat coklat tersebut tidak hanya berlaku untuk anak saja, melainkan juga pada orang dewasa. Jadi, jika Mommy ingin menjaga daya ingat tetap prima, makan coklat bisa menjadi salah satu caranya.

Manfaat Coklat Lainnya untuk Anak 

Selain meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif, apa saja manfaat coklat lainnya? Nah Mommy bisa simak penjelasan mengenai beberapa manfaat coklat berikut ini:

1. Lindungi Gigi dan Gusi

Manfaat coklat yang sering disalah pahami di masyarakat adalah coklat dapat merusak gigi. Namun faktanya, kandungan antioksidan catechin dalam cokelat dapat meningkatkan kekuatan gigi dan gusi, mengurangi plak, serta mencegah bau mulut. Catechin kerap terdapat pada buah-buahan serta teh hijau yang menyehatkan.

2. Tingkatkan Energi dan Metabolisme

Kandungan antioksidan epicatechin dan kafein dalam coklat dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta tingkat energi. Oleh karena itu, manfaat cokelat yang satu ini menjadi dasar pilihan makanan peningkat stamina bagi para atlet.

3. Berpotensi Meningkatkan Tumbuh Kembang Janin

Manfaat cokelat sudah bisa dirasakan bahkan sejak anak masih dalam kandungan. Mengkonsumsi coklat 30 gram setiap hari saat masa kehamilan dipercaya dapat meningkatkan proses tumbuh kembang janin.

4. Meningkatkan Hormon Kebahagiaan

Manfaat coklat selanjutnya adalah fakta bahwa mengkonsumsi coklat dapat meningkatkan serotonin. Hormon ini berperan besar untuk membuat suasana hati lebih bahagia. Hal ini berpotensi untuk mengurangi depresi serta rasa cemas.

Kapan Anak Boleh Makan Coklat?

Meski manfaat coklat sangat beragam, Mommy tetap perlu membatasi bahkan melarang jumlah konsumsi cokelat si Kecil. Lantas, sebaiknya Mommy memberikan coklat untuk anak di usia berapa?

Terkait hal ini, American Academy of Pediatrics (APP) sangat menghimbau agar Mommy hanya memberikan coklat pada anak berusia di atas dua tahun.

Pasalnya, di dalam cokelat terkandung kafein. Jika tetap diberikan cokelat, akan timbul berbagai efek, mulai dari anak yang kesulitan tidur, sakit kepala, hingga mengalami gangguan pencernaan.

Selain itu, Mommy juga perlu memperhatikan kandungan gula pada cokelat. Jika dikonsumsi berlebihan, gula dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti kerusakan gigi hingga potensi diabetes di masa mendatang.

Jenis Coklat yang Baik untuk Anak

Selain manfaat coklat, Mommy juga perlu tahu jenis-jenis coklat yang baik untuk si Kecil. Pada umumnya, ada tiga jenis coklat yang tersedia di pasaran, yakni dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate. Lantas, apakah ada jenis coklat khusus untuk anak?

Sebetulnya, belum ada panduan khusus yang menyatakan hal tersebut. Meski begitu, sebaiknya Mommy memberikan coklat jenis dark chocolate, terutama yang memiliki kandungan setidaknya 70% kakao.

Hal itu karena dark chocolate umumnya memiliki kandungan flavonoid yang lebih tinggi daripada jenis coklat lain. Selain itu, dark chocolate juga memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dibanding jenis coklat lainnya.

Sayangnya, coklat ini memiliki karakteristik rasa yang cenderung pahit, sehingga anak-anak mungkin tidak begitu menyukainya. Namun, untuk mengakalinya, Mommy bisa mencampurkan dark chocolate dalam berbagai olahan kesukaan sang buah hati.

Selain melakukan trik tersebut, Mommy juga bisa memberikan si Kecil snack coklat yang sehat, seperti Ivenet Choco Corn.

Snack yang terbuat dari kombinasi coklat, kelapa, dan jagung tersebut memiliki rasa unik dan tekstur lumer yang pasti si Kecil sukai. Selain itu, kandungannya pun lebih sehat karena tidak menggunakan MSG, pengawet, perisa, pemanis, dan pewarna buatan.

Nah, Mommy tentunya sekarang sudah tau kan berbagai manfaat coklat yang baik untuk si Kecil. Memakan coklat dapat meningkatkan daya ingat anak merupakan fakta yang perlu diingat dan dipraktekkan agar si Kecil semakin berprestasi. Tentu saja, Mommy juga bisa mengandalkan Ivenet Choco Corn sebagai snack coklat sehat untuk si Kecil.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo