Makanan Tinggi Nutrisi Maksimalkan Tumbuh Kembang Anak

Menyediakan makanan tinggi nutrisi untuk tumbuh kembang anak merupakan cara terbaik untuk mencegah berbagai masalah kesehatan di masa mendatang. Maka dari itu, Mommy perlu mengetahui jenis-jenis nutrisi yang perlu Mommy penuhi serta jenis makanan apa saja yang memiliki nutrisi tersebut. Nah, temukan informasi selengkapnya berikut ini, ya Moms!

Apa Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak?

Setiap orang membutuhkan nutrisi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal tersebut tidak hanya berlaku bagi orang dewasa saja, melainkan juga pada anak-anak. Apalagi bagi anak yang sedang berada di fase golden age, yakni di usia 0-5 tahun.

Pemenuhan nutrisi yang cukup dapat membawa manfaat bagi anak, tidak hanya dalam aspek fisik, namun juga mental. Hal ini juga berlaku dalam jangka panjang. Beberapa keuntungan yang akan anak dapatkan jika Mommy memberikan makanan tinggi nutrisi ke anak antara lain;

  • Memiliki tulang dan gigi yang sehat dan kuat.
  • Memudahkan anak untuk berpikir dan berkomunikasi dengan baik.
  • Membuat berat badan lebih stabil dan sehat.
  • Membentuk kebiasaan makan yang sehat.
  • Mencegah berbagai penyakit kronis yang bisa muncul di usia dewasa.

Sebaliknya, ada berbagai macam kasus terkait tumbuh kembang anak yang berpotensi muncul jika anak kurang mendapat nutrisi yang penting, misalnya;

  • Kesulitan belajar dan berkonsentrasi.
  • Obesitas pada anak yang dapat memicu berbagai penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.
  • Mudah jatuh sakit.
  • Kurang bertenaga saat beraktivitas sehari-hari.

Waah, Mommy tentunya tidak mau kan, si Kecil kekurangan nutrisi penting dan berakibat seperti hal-hal di atas. Yuk, simak lebih lanjut informasi berikut untuk mengetahui kebutuhan nutrisi anak lebih dalam.

Nutrisi Seperti Apa yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak?

Salah satu acuan yang bisa Mommy gunakan terkait kebutuhan nutrisi anak adalah Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dirumuskan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2019. Dalam AKG, kebutuhan gizi anak yang harus dipenuhi adalah;

  • Air
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Lemak baik yang terdiri dari Omega 3 dan Omega 6
  • Protein
  • Vitamin yang terdiri dari vitamin A, D, E, K, B Kompleks, dan vitamin C.
  • Berbagai mineral, yakni kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, iodium, zink, selenium, fluoride, kalium, natrium, klor, dan tembaga)

Apa Saja Daftar Makanan Tinggi Nutrisi yang Baik untuk Anak?

Memberikan makanan tinggi nutrisi kepada anak merupakan suatu kewajiban bagi orang tua. Berdasarkan ketentuan AKG, nutrisi yang disebutkan di atas perlu Mommy penuhi setiap hari demi tumbuh kembang anak yang lebih optimal. Lalu, bagaimana cara memenuhi kebutuhan nutrisi anak dengan tepat dan cepat?

Mommy tidak perlu khawatir, karena ada banyak makanan tinggi nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan gizi tersebut dengan mudah. Berikut asupan yang bisa Mommy sediakan untuk si Kecil:

1. Sayur dan Buah

Makanan tinggi nutrisi yang paling familier di kalangan masyarakat adalah buah dan sayur. Sudah bukan rahasia lagi bahwa sayur dan buah kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan sang buah hati. Agar mendapat gizi maksimal, Mommy bisa gunakan prinsip eat the rainbow, yakni mengonsumsi buah dan sayur dengan warna yang berbeda-beda.

2. Umbi-umbian

Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sangat populer. Namun, jika ingin berkreasi dan menghindari kebosanan makanan si Kecil, Mommy bisa mengganti nasi dengan berbagai umbi-umbian seperti singkong, ubi, atau kentang. Hal ini dikarenakan umbi merupakan salah satu makanan tinggi nutrisi yang mengandung kalsium dan zat besi yang dapat mencegah anemia pada anak.

3. Telur

Telur merupakan salah satu makanan tinggi nutrisi, sebagai sumber protein hewani yang tidak hanya lezat, namun juga memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, cara pengolahannya pun bermacam-macam, sehingga si Kecil tidak akan bosan memakannya.

4. Biji-bijian

Salah satu makanan tinggi nutrisi yang popularitasnya meningkat dari hari ke hari adalah makanan berbahan biji-bijian seperti biji labu, biji chia, kuaci, wijen, atau barley. Namun, tidak hanya menjadi makanan kekinian, biji-bijian juga kaya akan serat, vitamin, dan lemak baik yang sangat baik untuk menjadi konsumsi sehari-hari dan dapat menujang pertumbuhan si Kecil.

Salah satu cara agar si Kecil senang mengkonsumsi biji-bijian adalah dengan menyajikan makanan tersebut dalam bentuk yang lebih menarik, seperti Ivenet Grain Friend.

Snack yang terbuat dari 8 jenis biji-bijian ini memiliki segudang manfaat kesehatan serta memberikan rasa yang disenangi anak. Oleh karena itu, snack ini cocok untuk dijadikan cemilan sore anak.

Di dalam Ivenet Grain Friend terkandung kalsium yang dapat mencegah masalah tulang dan gigi pada anak. Selain itu, anak juga terbebas dari berbagai zat artifisial seperti pewarna, pemanis, perisa, dan pengawet buatan. Selain itu, produk ini juga telah mendapatkan sertifikat Halal dari MUI, BPOM RI, dan HACCP, sehingga aman untuk dikonsumsi si Kecil.

Nah, Mommy sekarang sudah tau kan, berbagai makanan yang baik untuk anak. Memberikan makanan tinggi nutrisi untuk tumbuh kembang anak yang memiliki rasa lezat tidak akan menjadi sulit lagi ya, Moms. Selalu berikan Ivenet Grain Friend, dan optimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo