Kulit Wajah Bayi Kasar? Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Dibandingkan kulit orang dewasa, kulit wajah bayi jauh lebih tipis, lembut, tapi juga lebih sensitif. Hal ini menjadikan kulit wajah bayi rentan kering dan kasar. Umumnya, kulit wajah bayi yang kasar dapat hilang dengan sendirinya. Tapi jangan dibiarkan begitu saja, karena tanpa perawatan yang tepat, justru dapat memperparah kondisinya.

Kondisi kulit kasar ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut penyebab dan cara menghilangkan kulit kasar pada wajah bayi.

Penyebab kulit kasar pada wajah bayi

1. Mandi terlalu lama

Mandi terlalu lama dapat menghilangkan minyak alami yang menempel di kulit bayi sehingga membuat kulit dan wajahnya menjadi kering dan kasar.

Gunakan handuk lembut untuk mengeringkan tubuh dan wajahnya dengan cara menepuk-nepuk lembut. Hindari mengusap handuk ke kulit bayi karena hal ini akan menyebabkan gesekan pada kulitnya.

2. Dehidrasi

Dehidrasi dan udara panas dapat membuat kulit dan wajah bayi kering dan kasar. Oleh karena itu pastikan bayi berada di dalam ruangan yang sejuk, serta tercukupi kebutuhan minumnya.

3. Kulit terkelupas

Tidak semua penyebab kulit kasar pada wajah bayi berbahaya. Pada bayi yang baru lahir, kulit kasar bisa terjadi karena proses pengelupasan kulit.

Proses ini terjadi karena kulit bayi melepaskan lapisan pelindung yang menjaga kulit dari air ketuban selama di dalam rahim. Hal ini terjadi secara alami sebagai bagian adaptasi kulit bayi di kondisi lingkungan yang baru. Kondisi ini akan membaik dengan sendirinya.

4. Eksim

Eksim adalah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kulit wajah bayi menjadi kasar. Berbeda dengan penyebab lainnya, eksim bukan hanya membuat kulit bayi kering tetapi juga menimbulkan rasa gatal.

Beberapa gejala umum eksim adalah terjadinya penebalan di kulit yang disertai warna kemerahan, kulit terkelupas, ruam kulit di sekitar wajah, lutut, pergelangan kaki, hingga mata kaki.

Kunjungi dokter agar bayi mendapatkan penanganan yang tepat

5. Penggunaan produk yang mengandung alkohol

Kulit bayi sangat sensitif terhadap alkohol sehingga membuatnya kering. Oleh karena itu hindari produk perawatan bayi yang mengandung alkohol. Perhatikan kandungan dalam produk perawatan bayi sebelum Anda membelinya.

Kulit bayi sangat sensitif terhadap alkohol sehingga membuatnya kering. Oleh karena itu hindari produk perawatan bayi yang mengandung alkohol. Perhatikan kandungan dalam produk perawatan bayi sebelum Anda membelinya.

Cara menghilangkan kulit kasar pada wajah bayi

Umumnya kondisi ini bisa menghilang dengan sendirinya bila ditangani dengan tepat. Bila kulit wajah si Kecil kasar Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk menghilangkannya:

1. Batasi waktu mandi

Bila kulit wajahnya kering, kurangi waktu memandikannya di bathtub. Berendam terlalu lama dapat menghilangkan minyak yang melindungi kulit bayi sehingga membuatnya kering. Idealnya, cukup mandikan bayi selama 10 menit menggunakan air suam-suam kuku.

2. Gunakan humidifier di ruangan

Bila suhu ruangan rumah Anda terasa kering, menyalakan humidifier agar suhu ruangan lebih lembap. Hindari membawa bayi ke luar saat suhu udara sedang kering.

3. Pastikan bayi terhidrasi

Karena dehidrasi dapat membuat kulit wajahnya kering, pastikan kebutuhan cairannya terpenuhi lewat pemberian air minum dan ASI.

4. Jangan gunakan produk bayi dengan bahan kimia

Beberapa produk bayi mengandung pewangi buatan dan alkohol yang rentan membuat kulit anak iritasi dan mengelupas. Saat kulit bayi sedang kasar, hindari pemakaian produk ini agar tidak memperparah kondisinya

5. Menggunakan cream untuk wajah bayi

Cream wajah bayi mengandung zat-zat yang dapat melembapkan serta menutrisi kulit wajah bayi yang sedang terkelupas. Cream bayi juga merupakan cara paling praktis dan efektif untuk menangani masalah kulit wajah bayi kasar. Agar kelembapan kulit bayi tetap terjaga dan tetap sehat, gunakan baby cream untuk wajah bayi yang mengandung bahan alami, seperti Buds Organics Chubby Chubbs Face Cream.

Face cream untuk bayi ini dibuat dengan tumbuhan alami dan dirancang khusus untuk menjaga kelembapan kulit bayi yang masih sensitif. Kandungan organik didalamnya bermanfaat melembabkan kulit bayi serta melindungi kulit dari radikal bebas.

Selain mencegah kulit kering dan kasar, Chubby Chubbs juga berfungsi menutrisi dan menenangkan kulit bayi yang iritasi dan kering. Krim ini sudah teruji secara klinis dan mendapatkan sertifikat Ecocert, jadi aman digunakan untuk kulit bayi karena bebas dari bahan kimia, pewangi buatan, dan pengawet. 

Kulit bayi memang lebih sensitif dari orang dewasa. Sesekali kulit mereka bisa menjadi kasar akibat perubahan di sekitar lingkungannya hingga terpapar iritan seperti bahan kimia. Tapi jangan takut, dengan perawatan yang tepat, hal ini bisa dilalui dengan aman.

Sumber: SehatQ

Share this article
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo