Moms, Ini 5 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Gatal pada Anak

Kulit kering dan gatal pada anak bisa timbul karena berbagai hal, mulai dari faktor cuaca hingga pemilihan produk yang kurang sesuai. Untuk mengatasinya, penting untuk Mommy untuk membekali dengan pengetahuan terkait keluhan kulit yang satu ini.

Kulit Kering pada Anak: Tanda dan Efek yang Ditimbulkan

Kulit kering dan gatal pada anak merupakan fenomena yang umum terjadi. Meski begitu, anak-anak, bayi, atau balita yang sistem imunnya belum berkembang dengan sempurna lebih rentan mengalami hal ini.

Kondisi kulit kering terlihat pada timbulnya pengelupasan yang membuat kulit anak tampak kusam dan bersisik. Selain itu, bisa saja timbul ruam atau bahkan ada kulit mengelupas yang rontok di sekitar anak.

Biasanya, area tubuh yang paling umum mengalami kekeringan adalah bagian wajah, siku, maupun lutut. Meski begitu, kulit kering bisa muncul di bagian tubuh manapun.

Pada umumnya, kulit kering tidak akan menimbulkan rasa gatal, sakit, ataupun perubahan warna, bahkan bisa sembuh sendiri. Namun, jika sampai begitu, artinya kulit anak sudah terlalu kering dan harus segera ditangani. Beberapa caranya adalah dengan menggunakan lotion atau obat kulit kering dan gatal pada anak.

Lantas, apa yang terjadi bila kulit sudah terlalu kering?

Tidak hanya membuat anak rewel karena merasa tidak nyaman, kulit kering yang digaruk berlebihan juga bisa menimbulkan pendarahan. Jika dibiarkan, hal ini bisa berujung pada infeksi. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera bawa anak ke dokter kulit yang terdekat.

Penyebab Kulit Kering dan Gatal pada Anak

Ada banyak faktor yang membuat kulit kering dan gatal pada anak, yakni;

  1. Sistem imun serta kekuatan perlindungan pada kulit anak yang belum sempurna. Maka dari itu, jangan heran bila anak lebih rentan terhadap masalah kulit daripada orang dewasa.
  2. Suhu ruangan yang terlalu dingin dan kering. Misalnya saja karena penggunaan AC yang terlampau dingin dan lama, atau tinggal di daerah dataran tinggi.
  3. Anak mandi menggunakan air yang panas, serta mandi terlalu lama.
  4. Adanya reaksi alergi terhadap zat-zat eksternal. Misalnya saja alergi terhadap pewangi yang kurang cocok untuk anak, alergi terhadap zat klorin pada air kolam renang, dan lain-lain.
  5. Anak mengalami penyakit atau iritasi pada kulit, misalnya eksim, biang keringat, atau iritasi terhadap popok atau kain pakaian.

Dengan mengetahui akar penyebab kulit kering pada anak, akan lebih mudah bagi Anda untuk mencegah masalah ini timbul di kemudian hari.

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Gatal pada Anak

Bagaimana jika kulit anak sudah terlanjur kering? Simak beberapa cara mengatasinya berikut:

1. Kelola Penggunaan AC dan Gunakan Alat Pelembap Udara

Hindari penggunaan AC yang terlalu dingin dalam waktu yang lama. Jika tinggal di daerah yang udaranya kering, Mommy bisa memanfaatkan alat pelembap udara (humidifier) untuk meningkatkan kelembapan ruangan.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Anak

Cara mencegah kulit kering tidak hanya dari dalam, tapi juga dari luar. Salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan si Kecil, yakni dengan minum air putih dalam kadar yang cukup.

3. Gunakan Pakaian yang Longgar pada Anak

Pakaian longgar dapat memudahkan anak untuk bergerak serta membuat kulit leluasa bernapas. Jika perlu, pilihlah pakaian dengan bahan hypoallergenic seperti bahan cotton bamboo.

4. Hindari Penggunaan Air Mandi yang Terlalu Panas

Agar tidak kering, hindari penggunaan air mandi yang terlalu panas. Selain itu, usahakan agar durasi mandi tidak terlalu panjang. Idealnya, durasi mandi adalah 10 menit saja.

5. Pilih Produk Perawatan Tubuh yang Aman Bagi Kulit

Untuk produk perawatan tubuh si Kecil, pastikan Mommy menggunakan produk yang tidak memiliki kandungan pemicu reaksi alergi. Bahkan, akan lebih baik jika Mommy menggunakan produk yang berbahan organik, seperti Buds Organics Shower Gel.

Tidak hanya terbuat dari bahan organik, Buds Organics Shower Gel juga sudah tersertifikasi dari lembaga organik Ecocert, dan terbebas dari bahan kimia penyebab alergi dan iritasi. Produk ini dapat membersihkan kuman dan kotoran secara menyeluruh, sehingga tubuh si Kecil tetap bersih dan segar sepanjang hari. 

Selain itu, produk ini secara efektif dapat menutrisi dan menjaga kelembapan kulit si Kecil. Dengan empat varian rasa yakni tutty fruity, raspberry, orange, dan lavender, pengalaman mandi anak akan terasa lebih menyenangkan.Kulit kering dan gatal pada anak memang bisa muncul kapan saja. Namun, bukan berarti tak bisa Mommy cegah. Mulailah dengan cara yang sederhana seperti menggunakan shower gel dari Buds Organics yang terjamin aman untuk kulit si Kecil!

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo