Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Gatal Anak di Malam Hari

Gatal ketika malam hari tidak hanya karena gigitan nyamuk saja. Bisa jadi karena penyebab lain Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Kulit gatal pada anak masuk dalam peringkat ke-5 penyakit yang sering diidap oleh anak usia 1-4 tahun.  Kulit gatal anak di malam hari harus Mommy waspadai, sebab selain akibat gigitan serangga, bisa jadi si Kecil sedang mengidap penyakit tertentu.

Kulit gatal di malam hari memang sangat mengganggu, apalagi jika terjadi pada anak-anak. Tidur jadi kurang nyenyak, bahkan si Kecil bisa rewel sepanjang malam. Jika hal ini terjadi, tentu bukan hanya aktivitas mereka yang akan terganggu, namun juga berefek pada tumbuh kembangnya. Oleh karenanya, Mommy harus tahu apa penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Kulit Gatal pada Anak di Malam Hari

Ada berbagai penyebab gatal malam hari pada anak, termasuk gigitan serangga dan masalah kulit lainnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membuat anak mengalami gatal di malam hari.

1. Digigit Nyamuk

Gigitan nyamuk di malam hari merupakan hal yang wajar sebagai penyebab kulit gatal. Kondisi kamar yang kurang bersih atau berantakan merupakan sarang nyamuk. Walaupun Mommy sudah menyemprot ruangan dengan obat anti nyamuk sebelum tidur, tapi nyamuk tetap bisa masuk kembali ke kamar.

2. Kurangnya Kelembapan Kulit

Pada malam hari, kulit akan mudah kehilangan cairan sehingga menyababkan kulit menjadi kurang lembap dan kering. Kulit yang kering akan mudah terkelupas dan menyebabkan iritasi. Hal ini bisa jadi menjadi salah satu pemicu terjadinya kulit gatal di malam hari.

Kulit anak, terutama bayi, cenderung lembut dan sensitif, sehingga lebih mudah kering daripada kulit dewasa. Oleh karenanya, kulit gatal di malam hari pada anak bisa terjadi karena hal tersebut,

3. Menderita Penyakit Kulit

Si Kecil sering mengalami kulit gatal saat tidur bisa jadi karena ada penyakit kulit yang diderita. Penyakit kulit yang umumnya membuat anak mengalami gatal di malam hari adalah dermatitis atopik atau eczema dan psoriasis. Scabies juga bisa menyebabkan timbulnya rasa gatal di kulit anak ketika malam hari.

Penyakit kulit ini terjadi karena adanya infeksi jamur atau bakteri pada kulit bayi. Meski infeksi kulit ini tidak terlalu terasa di siang hari, namun bisa menimbulkan gatal ketika malam hari tiba.

Cara Mengatasi dan Mencegah Kulit Gatal pada Anak di Malam Hari

Ketika anak tidak bisa tidur karena kulit gatal sebaiknya hindari beberapa hal berikut ini:

  1. Menggaruknya, karena efeknya kulit akan lecet dan justru melukai kulit si Kecil.
  2. Tidur dengan hewan peliharaan, agar gatal yang anak derita tidak semakin parah.

Selain mengenali penyebab dan menjauhi faktor risikonya, Mommy juga perlu melakukan beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi kulit gatal pada anak di malam hari. Adapun cara yang bisa Mommy lakukan adalah:

1. Berendam di Air Hangat sebelum Tidur

Untuk mencegah dan mengatasi kulit gatal pada anak di malam hari Mommy bisa merendam anak selama 5-20 menit dalam air hangat sebelum tidur. Selain berendam, Mommy juga bisa mengelap seluruh tubuh si Kecil dengan air hangat sebelum tidur.

Hal ini dilakukan dengan tujuan membersihkan badan si Kecil dari jamur dan bakteri akibat keringat dan debu.

2. Gunakan Krim Khusus untuk Melembapkan Kulit

Untuk mengatasi kulit gatal di malam hari bisa dilakukan dengan menggunakan krim khusus. Pastikan krim yang Mommy gunakan mengandung moisturizer yang akan membantu melembapkan kulit si Kecil.

Mommy bisa mengoleskan krim ke seluruh tubuh si Kecil terutama pada area kulit yang terbuka, setidaknya 5-10 menit sebelum si Kecil beranjak tidur. Konsultasikan pada dokter anak untuk mendapatkan rekomendasinya.

3. Pakaikan Pakaian yang Nyaman

Untuk mencegah anak merasakan gatal di malam hari, Mommy bisa memakaikan pakaian tidur atau piyama yang nyaman. Pilihlah piyama yang berbahan lembut dan mudah menyerap keringat. Pasalnya, kulit gatal di malam hari juga bisa dipicu karena biang keringat. Mommy bisa mencoba piyama terbaik untuk anak dari Kikuko.

Kikuko Pyjama Goodnight Red Panda & Teddy Bear merupakan setelan baju dan celana yang terbuat dari bahan yang lembut dan elastis, serta antibakteri yang bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur di pakaian. Memiliki karet dan jahitannya sangat rapi dengan model dan pilihan yang menarik. Tersedia untuk ukuran anak usia 2-15 tahun.

Selain memilih baju tidur yang nyaman untuk si Kecil, Mommy juga bisa menerapkan cara di atas. Jika kulit gatal pada anak di malam hari terus terjadi dan menimbulkan iritasi atau muncul ruam merah, segeralah menghubungi dokter. Lakukan perawatan yang tepat untuk mengatasi gatal pada kulit ini.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo