Ketahui Manfaat dan Cara Pijat Bayi dengan Benar

Baik untuk relaksasi atau mengatasi perut anak yang kembung, memijat bayi membawa banyak sekali manfaat untuk si Kecil. Namun, jangan asal dalam memijatnya ya Moms! pastikan teknik yang Moms gunakan sudah benar.

Pijat bayi newborn merupakan salah satu hal yang cukup trendy saat ini, karena dipercaya dapat membawa banyak manfaat untuk si Kecil. Sebenarnya, apa saja manfaat memijat bayi? Dan bagaimana cara melakukannya dengan benar? Simak penjelasannya berikut ini ya Moms.

Apa Saja Manfaat Memijat Bayi?

Melakukan pemijatan pada bayi akan membantu Mommy untuk memperkuat ikatan emosional Moms dan si Kecil (bonding), mengingat sentuhan merupakan bahasa yang tidak hanya dipahami oleh orang dewasa namun si Kecil juga mampu merasakannya. Oleh karena itu, memijat si Kecil akan membuatnya nyaman dan semakin dekat dengan Mommy.

Pijat bayi secara rutin juga membantu perkembangan sistem saraf dan otak si Kecil. Selain itu, pijat juga mampu menurunkan hormon stres dan meningkatkan hormon dopamin yang membuat si Kecil bahagia. 

Seringkali bayi yang baru dipijat bisa tidur dengan lebih nyenyak. Ini juga bisa jadi salah satu cara untuk meredakan perut kembung dan kolik pada si Kecil. Selain hal-hal tersebut, berikut berbagai manfaat lain dari pentingnya memijat si Kecil:

  • Bayi menjadi lebih rileks dan nyaman.
  • Ketika gigi bayi tumbuh, pijatan dapat mengurangi rasa sakit.
  • Sirkulasi darah jauh lebih lancar setelah pijat dengan teknik yang benar.
  • Melancarkan pencernaan, terutama bayi yang sering kembung.
  • Memperkuat dan mengatasi otot tegang pada bayi.
  • Meningkatkan kepadatan tulang
  • Baik untuk perkembangan mental dan fisik bayi untuk masa mendatang.

Bagaimana Cara Memijat Bayi yang Benar?

Seperti yang kita tahu, bahwa tubuh bayi masih sangat lembut dan lemah. Oleh karena itu, cara dan teknik memijatnya juga harus disesuaikan dengan kondisi tubuhnya tersebut. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum memulai sesi pijat untuk si Kecil.

  • Cuci tangan hingga bersih.
  • Siapkan ruangan dengan suhu hangat, sekitar 24˚C.
  • Pastikan Anda sudah menyiapkan peralatan, seperti minyak pijat khusus untuk bayi, pakaian bersih, alas bayi, dan handuk bersih.
  • Mulai pijatan pada tungkai kaki, karena bagian ini merupakan yang kurang sensitif daripada bagian lainnya, sehingga cocok untuk menjadi awal pemijatan.
  • Setelahnya, lanjutkan ke bagian lengan dari atas hingga pergelangan tangan lalu ke jemarinya.
  • Pijat lembut bagian dada menggunakan telapak tangan.
  • Kemudian, lanjutkan dengan memijat bagian punggung bayi dalam posisi tengkurap. Bagian ini bisa dimulai dari area tulang belakang hingga pantat – menggunakan ujung jari.
  • Setelah selesai, segera kenakan popok dan baju pada si Kecil. Jangan lupa untuk memeluknya setelah pemijatan selesai.

Hal yang Perlu Diperhatikan ketika Memijat Bayi

Meskipun terdengar sepele, Mommy sebaiknya memperhatikan waktu ketika melakukan pemijatan terhadap bayi. Memijat si Kecil harus Moms lakukan ketika bayi sedang terjaga dan tidak dalam keadaan kenyang.

Akan lebih baik jika Mommy menjadikan sesi pijat ini sebagai kegiatan rutin sebelum tidur. Selain untuk relaksasi, pijat sebelum tidur membuat tidur si Kecil semakin pulas. Namun sebelum melakukan pijatan, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Apalagi jika si Kecil memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Perhatikan juga respons si Kecil ketika Moms memijatnya. Biasanya bayi akan menggoyangkan lengannya apabila menyukai pijatan. Namun jika si Kecil menangis dan terlihat gelisah, sebaiknya Moms tidak melanjutkan sesi pemijatannya.

Gunakan Minyak Pijat Khusus Bayi

Pijat, lebih dari apa pun, menenangkan dan menyehatkan tubuh bayi – seperti orang dewasa pada umumnya. Menggunakan minyak yang tepat akan membantu mengoptimalkan manfaat dalam  memijat si Kecil. 

Selain baby oil, Anda harus menyiapkan minyak yang tepat untuk memijat si Kecil. Minyak kelapa, almon, dan petroleum jelly merupakan beberapa jenis minyak yang aman untuk memijatnya. Selain itu, minyak khusus bayi juga berguna untuk melindungi kelembutan kulit dan melembabkannya sepanjang hari. Tapi minyak pijat apa yang baik dan aman untuk bayi?

Jangan bingung Moms, Mommy bisa pakai Baby & Infant Massage Oil dari Buds Organics. Minyak pijat ini terbuat dari bahan organik dan cocok untuk kulit lembut si Kecil. Selain berguna untuk memijat, minyak dari Buds Organics ini membantu menjaga kesehatan, melindungi lapisan kulit, dan menutrisi kulit si Kecil.

Minyak pijjat ini diproses tanpa pewangi dan pengawet buatan serta terjamin bebas bahan kimia berbahaya. Buds Organics Massage Oil juga sudah teruji dan telah tersertifikasi Ecocert sehingga terjamin aman untuk kulit si Kecil – bahkan untuk bayi yang baru lahir sekalipun.

Nah, tentu Moms sudah tahu kan bagaimana cara memijat bayi dengan benar. Jangan lupa untuk menerapkan caranya dan menggunakan minyak pijat yang tepat setiap Mommy ingin memijatnya ya, agar hasil yang didapatkan menjadi optimal.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTN 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo