Keringat Berlebih Saat Hamil? Jangan Panik, Ini Penyebabnya!

Penyebab keringat berlebih saat hamil seringkali menjadi topik perbincangan dan kekhawatiran di kalangan ibu hamil. Banyak yang bertanya-tanya, apakah ini merupakan gejala normal atau ada sebab medis tertentu di baliknya?

Namun, sebelum menjadi terlalu khawatir, apa sebenarnya yang menjadi penyebab keringat berlebih ini dan bagaimana mengatasinya? Simak informasi lengkapnya berikut ini

Kenapa Ibu Hamil Banyak Berkeringat?

Kehamilan merupakan periode yang penuh perubahan, baik secara fisik maupun emosional. Salah satu perubahan yang umum terjadi adalah meningkatnya produksi keringat. Lalu, apa penyebab keringat berlebih saat hamil? Berikut beberapa alasannya.

1. Perubahan Hormonal

Selama kehamilan, tubuh ibu mengalami lonjakan hormon yang dapat meningkatkan produksi keringat. Hormon progesteron, khususnya, berperan dalam meningkatkan suhu tubuh, yang kemudian dapat menyebabkan keringat lebih banyak.

2. Peningkatan Sirkulasi Darah

Periode kehamilan juga membuat volume darah meningkat untuk mendukung pertumbuhan janin. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah ke kulit, membuat Kamu merasa lebih hangat dan meningkatkan produksi keringat.

3. Metabolisme yang Lebih Cepat

Tubuh ibu hamil bekerja lebih keras untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Hal ini juga berarti bahwa metabolisme menjadi lebih cepat. Metabolisme yang meningkat ini menghasilkan lebih banyak panas, yang kemudian dapat menyebabkan keringat berlebih saat hamil.

4. Penambahan Berat Badan

Seiring pertambahan berat badan dan ukuran perut, mungkin lebih sulit bagi ibu untuk mendinginkan diri, terutama di lingkungan yang hangat atau lembab. Ini juga dapat berkontribusi pada produksi keringat yang meningkat.

5. Stres dan Kecemasan

Kehamilan juga bisa memberikan tekanan dan meningkatkan kecemasan bagi beberapa ibu hamil. Selain mengakibatkan stres, tekanan emosional juga menyebabkan tubuh mengalami keringat berlebih saat hamil.

Keringat berlebih mungkin memang membuat Kamu tidak nyaman. Namun, perlu untuk diingat bahwa ini merupakan reaksi alami tubuh untuk mendinginkan diri.

Apakah Keringat Berlebih Saat Hamil Wajar?

Keringat berlebih saat hamil sebenarnya adalah hal yang wajar. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, berbagai perubahan fisik dan hormonal yang terjadi dalam tubuh saat kehamilan dapat meningkatkan produksi keringat. Namun, ada beberapa situasi yang patut diwaspadai seperti:

  • Dehidrasi: Jika Kamu berkeringat banyak, ada risiko kehilangan cairan lebih cepat. Pastikan untuk minum cukup air untuk mencegah dehidrasi, yang bisa berbahaya bagi ibu dan bayi.
  • Keringat Malam: Meskipun bisa dianggap normal, keringat malam yang ekstrem dan berulang-ulang harus diperhatikan, terutama jika disertai dengan gejala lain, seperti demam atau menggigil.
  • Hipertiroidisme: Salah satu gejala dari kondisi tiroid adalah keringat berlebih. Hipertiroidisme selama kehamilan bisa berdampak pada kesehatan ibu dan janin.
  • Gejala Lainnya: Jika keringat berlebih disertai dengan sesak napas, nyeri dada, atau pusing, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Ini bisa menjadi tanda masalah kardiovaskular atau kondisi medis lainnya.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter apabila Kamu khawatir dengan keringat berlebih saat hamil maupun gejala-gejala lain yang muncul untuk diwaspadai.

Tips Mengurangi Keringat Saat Hamil Tanpa Cemas

Agar tubuh tetap nyaman selama kehamilan, ada beberapa hal yang bisa Kamu lakukan. Simak tips berikut ini.

  • Gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat
  • Hindari mandi dengan air panas agar tubuh tidak berkeringat untuk mendinginkan suhu.
  • Selain itu, pastikan untuk menghidrasi tubuh dengan baik dengan minum air yang cukup.
  • Menggunakan kipas atau AC juga disarankan untuk menjaga ruangan tetap sejuk.
  • Sebaiknya, Kamu juga mengurangi konsumsi makanan pedas selama kehamilan.
  • Aplikasikan teknik relaksasi, seperti meditasi dan pernapasan, untuk mengurangi stres yang mungkin menjadi penyebab keringat berlebih.

Selain tips-tips di atas, menggunkan pakaian dalam yang memiliki sirkulasi udara yang baik juga sangat disarankan, terutama bagian-bagian tersembunyi seperti payudara sangat rentang mengeluarkan keringat berlebih saat hamil. Kamu bisa mencoba menggunakan bantalan payudara yang nyaman dan berkualitas tinggi seperti Belly Bandit Don’t Sweat It.

Belly Bandit Don't Sweat It adalah solusi ideal untuk Kamu yang ingin mengurangi keringat berlebih, terutama di area bawah payudara. Produk ini bisa diletakkan di bawah bra. Selain nyaman, lapisan ini juga melindungi kulit dari gesekan dengan bra yang bisa mengakibatkan iritasi.

Selain itu, lapisannya sangat serbaguna sehingga cocok untuk berbagai kegiatan. Bahannya yang lembut juga menawarkan sepanjang hari dan menjaga payudara tetap kering.

Nah, sekarang Kamu sudah tau penyebab keringat berlebih saat hamil. Kondisi ini tergolong wajar ya. Dengan solusi yang tepat, Kamu bisa mencegah penyebab keringat berlebih saat hamil dan menjalani hari-hari kehamilan dengan lebih nyaman dan percaya diri.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTN 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo